fbpx
Laboratorium Cisco

Laboratorium Cisco

About Informatika Universitas Bakrie

About Informatika Universitas Bakrie

World of Gaming: How to Become a Professional Gamer

World of Gaming: How to Become a Professional Gamer

IoT, PELUANG DAN TANTANGAN DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0, DAN KESIAPAN PERGURUAN TINGGI

IoT, PELUANG DAN TANTANGAN DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0, DAN KESIAPAN PERGURUAN TINGGI

Multimedia Interaktif Program Studi Informatika Universitas Bakrie

[Berita Prodi] Informatika

Program Studi Informatika Universitas Bakrie

secara simultan dan berkesinambungan meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di Indonesia melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu Pendidikan dan Pengajaran; Penelitian dan Pengembangan; dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Download Brosur

VARIASI KURIKULUM PROGRAM STUDI INFORMATIKA

Read More
KURIKULUM

Media dan Data Informatika

Media dan data Informatika merupakan data multimedia, istilah multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi, audio dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia informatika.

Read More
KURIKULUM

Jaringan Informatika

Jaringan Informatika atau kita sebut komputer (jaringan) adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling bertukar data. Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service).

Read More
KURIKULUM

Mobile Informatics

Mobile informatics yang kita sebut Informatika bergerak adalah Teknologi Informasi dan Komunikasi, adalah payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi.

Read More

Pernahkah kamu perhatikan konsistensi pada setiap kemasan dalam suatu produk, baik itu dari komposisi maupun rasanya? Nah, untuk menjaga konsistensinya, suatu perusahaan berusaha melakukan kendali mutu. Kendali mutu sangatlah penting guna memastikan setiap produk

yang digunakan aman dan baik hingga sampai ke tangan konsumen. Jadi, bagaimana caranya untuk melakukan kendali mutu tersebut? Kendali mutu dapat digunakan dengan melakukan beberapa teknik analisis yang sesuai. Salah satu teknik analisis yang dapat digunakan adalah teknik analisis berbasis spektroskopi, yaitu spektroskopi inframerah dekat (Near Infrared/NIR).

Universitas Bakrie bekerjasama dengan PT Dynatech mengadakan workshop yang menghadirkan dosen program studi Teknologi Pangan Dr. Anton Apriyantono dan Sapriyanto dari PT Dynatech sebagai pembicara/instruktur.

Metode spektroskopi FT-NIR ini telah cukup banyak digunakan di industri pakan, industri minyak sawit, industri susu, terutama untuk mengkuantifikasi komposisi bahan pangan, dari mulai analisis proksimat sampai kadar asam lemak bebas, kadar asam oleat, dll.

“Prodi Teknologi Pangan mencoba ikut serta dalam mensosialisaikan penggunaan metode ini untuk analisis bahan pangan. Selain untuk analisis rutin terkait dengan jaminan mutu produk di industri, metode ini juga dapat digunakan untuk penelitian di kampus/lembaga penelitian”, ujar Ketua Program Studi Teknologi Pangan Ardiansyah, Ph.D.

Analisis dengan menggunakan metode ini memiliki beberapa keunggulan antara lain: tidak perlu ada tahap persiapan sampel, menganalisa jenis sampel apa saja, analisisnya cepat, sederhana dan biaya analisis dan operasional murah, tidak perlu solven organik sehingga ramah lingkungan. Selain itu analisis dapat dilakukan secara off line juga bisa dilakukan secara online, inline dan at line.

"Pilar intelektual yaitu bagaimana seseorang memiliki ilmu pengetahuan sehingga ilmu yang digunakan tidak hanya dipahami tetapi juga bermanfaat, dalam hal ini penerapan informasi teknologi yang dapat digunakan oleh masyarakat luas."

Irwan Sjarkawi

Presiden Komisaris PT Bakrie & Brothers Tbk
Testimoni Alumni Informatika

coming up event