Kementrian Tenaga Kerja RI bekerjasama dengan Universitas Bakrie menyelenggarakan kegiatan Kemnaker Menyapa pada hari Kamis, 13 Februari 2018 bertempat di gedung Cyber 2, Kuningan. Pada kegiatan ini, Biro Humas Kemnaker melakukan sosialisasi

kepada para mahasiswa UB mengenai berbagai struktur unit kerja yang berada dibawah Sekretariat Jendral Kemnaker.

Adapan sebagai narasumber dalam acara tersebut adalah : Ibu Tri Retno Isnaningsih, SH., MSi. Sebagai Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian serta Ibu Helmiaty Basri S.Sos, MAP sebagai Kepala Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Bekasi. Acara dibuka oleh Bapak Aris Wahyudi selaku Kepala Biro Keuangan Kemnaker RI mewakili Sekretaris Jendral Kemnaker dan sebagai perwakilan Rektor UB adalah Bapak Taufik Amir, Ph.D sebagai Kepala Prodi Manajemen. Dalam sambutannya Pak Aris menjelaskan bahwa tugas lembaga pendidikan dalam mempersiapkan lulusan yang berkualitas terdiri dari 3C : Competence atau mengasah kompetensi, Confident atau meningkatkan rasa percaya diri serta Connected atau membangun jejaring dengan pengguna lulusan dan alumni. Sedangkan para narasumber; Ibu Retno menjelaskan tentang beragam jabatan fungsional yang ada di Kemnaker serta peluang bagi mahasiswa untuk melakukan kegiatan magang dan penelitian.

Sedangkan Ibu Helmiaty menjelaskan tentang lingkup kerja BBPLK yang saat ini telah tersebar di empat kota yaitu : Bekasi, Medan, Serang dan Semarang seiring dengan program pemerintah menuju revolusi industri 4.0 dimana arah industri Indonesia akan berbasis : inovasi, SDM, ilmu pengetahuan dan kolaborasi. BBPLK Bekasi saat ini memberikan pelatihan di bidang elektro, teknologi informasi, perhotelan dan mesin pendingin dengan konsep Triple Skilling : Skilling yaitu pelatihan kepada para peserta yang belum memiliki ketrampilan sama sekali, Up Skilling yaitu pelatihan kepada peserta yang sudah memiliki ketrampilan namun ingin menambah ketrampilannya di salahsatu bidang tersebut dan terakhir adalah re-skilling yang ditujukan kepada para peserta pelatihan yang sudah menguasai satu bidang namun ingin menambah ketrampilan di bidang lainnya. Acara ini dihadiri oleh 120 orang mahasiswa UB dari berbagai Prodi dan ditutup dengan pemberian doorprize.

coming up event