fbpx

Mahasiwa-Mahasiswi Universitas Bakrie pada tahun 2020 menunjukan prestasinya di berbagai bidang kompetisi, baik diajang Nasional maupun Internasional. Prestasi yang diraih selama satu tahun belakangan sebanyak 45 prestasi dari 17 kompetisi yang diikuti oleh 28 Mahasiswa.

Ingin tahu lebih lengkapnya mengenai Kompetisi, prestasi bahkan siapa saja yang memenangkannya. Kini dapat di lihat di Youtube Universitas Bakrie.

Startup Bepahkupi sukses masuk ke final The Next Dev Talent Scouting Indonesia 2020 pada kategori The Borderless Digital Economy untuk startup yang menyelesaikan masalah dalam pengentasan kemiskinan, pengembangan UKM, dan penyediaan langan kerja yang layak, setelah bersaing dengan ratusan startup lain di dalam ajang tersebut. Kompetisi yang diprakasai oleh Telkomsel ini sudah terselenggara sejak tahun 2015, dan telah mengumpulkan sekitar 5000 pendaftar dari seluruh Indonesia.

 

The Next Dev Talent Scouting berfokus pada pencarian startup digital yang berorientasi pada misi sosial (social impact) dengan harapan dapat memajukan Indonesia dari sisi digital technology. CEO Bepahkupi, Maulana Wiga menyebutkan bahwa perlombaan ini menjadi langkah baru bagi Bepahkupi untuk mengawali tahun 2021. “kami memiliki misi untuk membangun ekosistem Kopi Indonesia yang dapat go global, melalui sistem penjualan yang mengedepankan fair trade serta menjamin kesejahteraan petani kopi dengan edukasi dan support finansial yang memadai”.

Bepahkupi dijadwalkan untuk pitching pada tanggal 14 Januari 2021 mendatang.

Selamat berjuang ya teman-teman!

Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat (LPkM) Universitas Bakrie Menyelenggarakan Webinar dengan tema “How To Win 2021” pada hari Rabu, 06 Januari 2021 melalui ruang meeting Zoom. Kegiatan ini menghadirkan Prof. Rhenald Kasali, Ph.D sebagai narasumber  dan  dimoderatori oleh Chacha Annisa dari TVOne.

M. Tri Andika, Wakil Rektor II Universitas Bakrie dalam sambutannya menyebutkan bahwa tahun 2020 merupakan momen dimana berbagai sektor mengalami dampak yang signifikan dari pandemi Covid-19, sehingga tema seminar ini diharapkan dapat menjadi kompas yang memberikan arahan kepada seluruh pelaku industri, termasuk media maupun akademisi dalam menciptakan strategi untuk memenangkan tahun mendatang. 

Sebagai kesimpulan dari pemaparan materi, Prof. Rhenald Kasali, Ph.D menekankan bahwa setidaknya ada enam hal yang perlu diterapkan pada tahun 2021 ini, yaitu: 

  1. Merubah cara berpikir (mindset transformation)
  2. Memiliki skill baru: kini individu dituntut untuk mampu membaca data. Tidak hanya secara historical berdasarkan apa yang telah terjadi pada waktu lampau, namun kita dituntut untuk meramalkan situasi yang akan terjadi pada masa depan, dan menerjemahkannya kedalam suatu strategi.
  3. Memperbaiki kapabilitas teknologi: teknologi terus mentransformasi dunia. Sehingga penting bagi kita untuk dekat dan berorientasi terhadap teknologi digital. 
  4. Memiliki awareness yang besar serta membangun diri untuk lebih fleksibel dalam menghadapi era Vulnerability, Uncertainty, Complexity, and Ambiguity (VUCA).
  5. Explorative: pada dasarnya manusia memiliki naluri sebagai penjelajah, banyak hal baru tercipta setelah melalui serangkaian eksplorasi. Kondisi tersebut tentunya dapat dimanfaatkan sebagai celah untuk melihat sebuah peluang.
  6. Menempatkan diri dan cepat beradaptasi dalam suatu ekosistem.

 

Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie melalui klub peminatan Jurnalistik Multimedia, Media Club (MeClub) kembali menyelanggarakan acara tahunan Journalism Day 2020 pada Sabtu, 12 Desember 2020. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Journalism Day 2020 diselenggarakan secara virtual melalui aplikasi Zoom dan Live pada YouTube MecTV Universitas Bakrie.

Journalism Day 2020 yang mengangkat tema ‘Dewan Pers: Menakar Independensi Media dan Kepatuhan pada Kode Etik Jurnalistik’ ini turut mengundang Arif Zulkifli, Ketua Komisi Pengaduan Masyrakat dan Penegakan Etika Pers Dewan Pers, dan Laban Abraham Laisila, Pemimpin Redaksi Narasi TV sebagai narasumber.

Menurut Arif, memelihara independensi media sangatlah penting untuk menangani adanya pelanggaran kode etik. “Dewan pers harus memelihara independensi media dengan menjaga produk jurnalistiknya dengan memenuhi kaidah-kaidah jurnalis,” ujarnya.

Acara yang turut dimeriahkan oleh penyanyi Andin & Friends, IDTIGAF dan DJ ATNZL ini juga diharapkah dapat mengedukasi para mahasiswa yang tertarik dalam bidang jurnalistik mengenai berbagai tantangan, kaidah, ataupun kode etik jurnalistik.

Fita Handasati, Ester Monica, dan Citra Makati, mahasiswi Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie baru saja meraih Juara III Lokalate Marketing Competition 2020 tingkat Jakarta-Bekasi. Pengumuman Pemenang disampaikan pada 21 Desember 2020 melalui grup internal peserta lomba.

Lokalate Marketing Competition 2020 adalah sebuah kompetisi yang diadakan oleh brand Lokalate PT. Nutrifood Indonesia. Persyaratan kompetisi ini diharuskan membentuk sebuah tim yang beranggotakan tiga orang.  ini membentuk tim sebanyak 3 (tiga) orang. Fita Handasati, Ester Monica, dan Citra Makati membentuk tim dengan nama HMA menggunakan nama kedua dari nama mereka bertiga.

Menurut Ester, proses kompetisi ini cukup panjang di mana mereka harus melakukan berbagai riset dan beberapa tahapan. “Kami mengikuti serangkaian kegiatan mulai dari pendaftaran pada bulan Agustus. Kemudian, pada bulan September kami mulai melakukan riset terkait kerjasama dengan merchant online, dan home delivery (HomDel). Pada bulan Oktober-November, HMA mulai menjalankan Strategi Marketing Lokalate dengan menggunakan promosi melalui sosial media dan personal selling dalam meningkatkan penjualan produk. Pada akhir periode, pada bulan Desember kami menyusun proposal bisnis hingga akhirnya lolos sampai tahap final presentation dan tim HMA mendapat peringkat ke III tingkat Jakarta-Bekasi,” ujarnya.

Selanjutnya, HMA memiliki tiga strategi pemasaran yaitu Word of Mouth, Social Media Marketing (Instagram) dan Personal Selling. Menurut Fita, strategi yang dipilih cukup mereka pahami karena hal ini sejalan dengan materi perkuliahan yang pernah dipelajari, yakni mengenai marketing communication dan public relations.

Untuk itu, mahasiswa-mahasiswi Universitas Bakrie diharapkan agar terus semangat mengimplementasikan ilmu yang didapat untuk dapat meraih prestasi. “’Believe in yourself and do your best’’, ujar Citra.

coming up event