fbpx

Fita Handasati, Ester Monica, dan Citra Makati, mahasiswi Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie baru saja meraih Juara III Lokalate Marketing Competition 2020 tingkat Jakarta-Bekasi. Pengumuman Pemenang disampaikan pada 21 Desember 2020 melalui grup internal peserta lomba.

Lokalate Marketing Competition 2020 adalah sebuah kompetisi yang diadakan oleh brand Lokalate PT. Nutrifood Indonesia. Persyaratan kompetisi ini diharuskan membentuk sebuah tim yang beranggotakan tiga orang.  ini membentuk tim sebanyak 3 (tiga) orang. Fita Handasati, Ester Monica, dan Citra Makati membentuk tim dengan nama HMA menggunakan nama kedua dari nama mereka bertiga.

Menurut Ester, proses kompetisi ini cukup panjang di mana mereka harus melakukan berbagai riset dan beberapa tahapan. “Kami mengikuti serangkaian kegiatan mulai dari pendaftaran pada bulan Agustus. Kemudian, pada bulan September kami mulai melakukan riset terkait kerjasama dengan merchant online, dan home delivery (HomDel). Pada bulan Oktober-November, HMA mulai menjalankan Strategi Marketing Lokalate dengan menggunakan promosi melalui sosial media dan personal selling dalam meningkatkan penjualan produk. Pada akhir periode, pada bulan Desember kami menyusun proposal bisnis hingga akhirnya lolos sampai tahap final presentation dan tim HMA mendapat peringkat ke III tingkat Jakarta-Bekasi,” ujarnya.

Selanjutnya, HMA memiliki tiga strategi pemasaran yaitu Word of Mouth, Social Media Marketing (Instagram) dan Personal Selling. Menurut Fita, strategi yang dipilih cukup mereka pahami karena hal ini sejalan dengan materi perkuliahan yang pernah dipelajari, yakni mengenai marketing communication dan public relations.

Untuk itu, mahasiswa-mahasiswi Universitas Bakrie diharapkan agar terus semangat mengimplementasikan ilmu yang didapat untuk dapat meraih prestasi. “’Believe in yourself and do your best’’, ujar Citra.