fbpx

Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat (LPkM) Universitas Bakrie Menyelenggarakan Webinar dengan tema “How To Win 2021” pada hari Rabu, 06 Januari 2021 melalui ruang meeting Zoom. Kegiatan ini menghadirkan Prof. Rhenald Kasali, Ph.D sebagai narasumber  dan  dimoderatori oleh Chacha Annisa dari TVOne.

M. Tri Andika, Wakil Rektor II Universitas Bakrie dalam sambutannya menyebutkan bahwa tahun 2020 merupakan momen dimana berbagai sektor mengalami dampak yang signifikan dari pandemi Covid-19, sehingga tema seminar ini diharapkan dapat menjadi kompas yang memberikan arahan kepada seluruh pelaku industri, termasuk media maupun akademisi dalam menciptakan strategi untuk memenangkan tahun mendatang. 

Sebagai kesimpulan dari pemaparan materi, Prof. Rhenald Kasali, Ph.D menekankan bahwa setidaknya ada enam hal yang perlu diterapkan pada tahun 2021 ini, yaitu: 

  1. Merubah cara berpikir (mindset transformation)
  2. Memiliki skill baru: kini individu dituntut untuk mampu membaca data. Tidak hanya secara historical berdasarkan apa yang telah terjadi pada waktu lampau, namun kita dituntut untuk meramalkan situasi yang akan terjadi pada masa depan, dan menerjemahkannya kedalam suatu strategi.
  3. Memperbaiki kapabilitas teknologi: teknologi terus mentransformasi dunia. Sehingga penting bagi kita untuk dekat dan berorientasi terhadap teknologi digital. 
  4. Memiliki awareness yang besar serta membangun diri untuk lebih fleksibel dalam menghadapi era Vulnerability, Uncertainty, Complexity, and Ambiguity (VUCA).
  5. Explorative: pada dasarnya manusia memiliki naluri sebagai penjelajah, banyak hal baru tercipta setelah melalui serangkaian eksplorasi. Kondisi tersebut tentunya dapat dimanfaatkan sebagai celah untuk melihat sebuah peluang.
  6. Menempatkan diri dan cepat beradaptasi dalam suatu ekosistem.

 

coming up event