fbpx

(24/7)-Diperlukan strategi khusus untuk menghadapi keragaman budaya di dunia kerja, bagaimana menghadapi lingkungan kerja yang multikultural,  sementara  keberagaman kultur

bisa memberi dampak pada kinerja SDM di kantor. Keberagaman pada satu perusahaan akan menghasilkan lingkungan kerja dengan perspektif yang luas, kaya akan pengalaman dan skill yang bisa membuat perusahaan lebih mudah menemukan inovasi dan kreatifitas, Di sisi lain keberagaman di kantor juga bisa menimbulkan proses yang kurang menyenangkan seperti selisih paham, perbedaan pola kerja, dan cara pandang terhadap masalah ataupun situasi, oleh karena itu masalah keberagaman di tempat kerja harus mendapat perhatian serius untuk menciptakan suasana kerja yang layak dan kondusif. Tema inilah yang diangkat dalam acara sharing session Magister Manajemen Universitas Bakrie, yaitu CEO’s Talk “Managing People Across Cultures in a Global Business World”.

Keynote speaker CEO’s Talk Direktur Independen Bakrie Development, Tbk Charles Marc Dressler mengatakan  “Happiness make us people, set our priority, for what is important and it will reflect in our future”, dengan pengalaman kerja di 6 negara diantaranya di Singapura dan Rusia, Mark bertutur pengalamannya menghadapi lingkungan kerja yang multikultur, agar kinerja perusahaan dapat berjalan secara efektif dan efisien harmonisasi dalam perusahaan harus berjalan dengan baik karena keragaman SDM dapat berpengaruh pada pengelolaan perusahaan dan strategi bisnis, jangan terlalu bersikap confrontational, ujarnya.

Selain itu komunikasi juga berperan sangat penting, bila komunikasi berjalan dengan baik maka proses harmonisasi di lingkungan kerja dapat berjalan baik, menciptakan proses komunikasi yang baik adalah dengan mengenali budaya sehingga  hambatan-hambatan persepsi bahasa dan budaya dapat diatasi agar tercipta komunikasi yang positif.

Salah satu caranya adalah mengenali budaya rekan kerja dan atasan, yaitu mengetahui kebiasaan dan perilaku mereka, jangankan berbeda bangsa, berbeda suku, beda pula kebiasaan sehari-hari dan cara berinteraksinya dengan orang lain, setelah proses mengenali, beradaptasilah. Di lingkungan kerja yang multikultural, adaptasi harus dilakukan secara lebih mendalam, yaitu dengan menyesuaikan diri dengan kebiasaan-kebiasaan dan perilaku orang lain dengan budaya masing-masing.

CEO Talks merupakan diskusi dengan para Founder/CEO Perusahaan untuk berbagi Pengalaman dan Inspirasi Bisnis. Pembicara adalah Pemimpin Perusahaan Terkemuka di Indonesia dan praktisi di bidangnya.

coming up event