fbpx

 

Jakarta (15/10/2020) – Universitas Bakrie dan Forum Rektor Indonesia mengadakan webinar mengenai ‘How to Build Sustainable Collaboration Between University and Industry’ yang bekerja sama dengan Kementerian Riset & Teknologi, Badan Riset & Inovasi Nasional dan Ikatan Ilmuwan Indonesia Internasional, Webinar ini diadakan secara virtual dan  disiarkan langsung melalui YouTube Universitas Bakrie.

Acara tersebut dibuka oleh Prof. Ir. Sofia W. Alisjahbana, M.Sc., Ph.D., Head of Research, Innovation and Industrial Comission Forum Rektor Indonesia, dan Rektor Universitas Bakrie. Kemudian disambung oleh Prof. Arif Satria, Chair of Forum Rektor Indonesia sekaligus Rektor IPB University yang memaparkan mengenai tantangan yang saat ini dihadapi, yaitu adanya gap penelitian yang dihasilkan oleh perguruan tinggi dengan kebutuhan industri.

 
     

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Prof. Bambang Soemantri Brodjonegoro, Menteri Riset dan Teknologi sekaligus Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional memaparkan bahwa pada masa pandemi saat ini adalah masa untuk mengakselerasi transformasi digital.

“Masa pandemi saat ini adalah masa untuk mengakselerasi transformasi digital, disinilah peran inovasi dan kerja sama industri dengan perguruan tinggi, saya berharap Pemerintah terus mendukung kolaborasi ini” ujarnya.

Prof. Bambang juga memaparkan bahwa Indonesia saat ini sedang mengembangkan sektor ekonomi berbasis inovasi, kolaborasi inovasi antara perguruan tinggi dan industri sangat dibutuhkan.

 

Webinar ini turut menghadirkan praktisi yang memberikan paparannya terkait future practice pengembangan inovasi di era disrupsi antara Perguruan Tinggi dan Industri, diantaranya ialah Associate Prof. Muhammad Aziz, Dr. Eng., Institute of Industrial Science the University of Tokyo, Associate Prof. Riyanti Djalante, Ph.D., United Nations University-Institute fot the Advanced Study of Sustainability., Prof. M.Akbar Rhamdhani, the Director of Transport Innovation Centre and Fluid Process Dynamics Group Swinburne University of Technology.

Harapannya terdapat lesson learned yang dapat diambil dari kegiatan ini, serta menciptakan solusi dari existing barrier (cultural, technological, market and regulatory) dalam pengembangan inovasi bekerja sama dengan industry.

 

 

Kondisi pandemi Covid-19 ternyata tidak membuat Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie (Prodi Ilkom Bakrie) jadi “mati gaya”. Prodi Ilkom Universitas Bakrie terus berinovasi. Sukses merayakan ulang tahun ke-10 secara virtual dengan tema “CelebratingXperience”, juga sukses menerbitkan dua jurnal ilmiah, yaitu Journal Communication Spectrum (JCS) yang sudah terakreditasi Dikti dan International Journal of Indonesian Popular Culture and Communication (I-Pop).

Kini Prodi Ilkom Universitas Bakrie juga dipercaya berkolaborasi dengan dua konferensi internasional, yaitu International Online Conference on Language, Linguistics, and Literature (COLALITE) 2020 yang mengangkat tema “Superhero in the Age of Transnationalism” dan Punk Scholars Annual Conference 2020 section Punk Scholar Network Indonesia yang mengangkat tema “Doing Global, Doing Local: Locating ‘Subculture’ in Indonesia”. Artikel-artikel terbaik di kedua konferensi internasional tersebut akan diterbitkan di jurnal I-Pop, yang situsnya bisa diakses di sini.

Gambar: Poster Colalite Online Conference

 

Gambar: Poster Punk Culture Online Conference

Selamat atas capaian Prodi Ilkom Universitas Bakrie. Di tengah pandemi yang membatasi, Prodi Ilkom Bakrie terus panen prestasi!

Situs I-Pop: https://ojs.bakrie.ac.id/index.php/I-POP/index

Jakarta (20/09/2020) – Masih dalam rangka perayaan ulang tahun ke-10 Universitas Bakrie di tanggal yang sama Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie (Prodi Ilkom Universitas Bakrie) juga merayakan masa kejayaannya ke-10 tahun. Sejumlah rangkaian acara dalam memeriahkan ulang tahun Prodi Ilkom Universitas Bakrie dilakukan sebanyak 10 kali sejak 10 hingga 19 September 2020, yaitu LIVE Instagram bersama mahasiswa, dosen dan alumni Prodi Ilkom Universitas Bakrie yang dipandu oleh mahasiswa aktif Prodi Ilkom Universitas Bakrie, Webinar hingga Celebration Nite.

Perayaan ulang tahun ke-10 Prodi Ilkom Universitas Bakrie ini dilakukan secara virtual dengan tema Celebrating Xperience. Situasi Pandemi saat ini tidak menghalangi Prodi Ilkom Universitas Bakrie untuk tetap merayakan ulang tahunnya, untuk berbagi kebahagiaan bersama keluarga besar Prodi Ilkom Universitas Bakrie hingga alumni. Acara ini dimeriahkan oleh mahasiswa aktif, alumni, hingga dosen, berupa Live Music Performance, DJ Performance, hingga Doorprize. Acara ini merupakan temu kangen secara virtual antara dosen dan mahasiswa yang kurang lebih enam bulan kuliah secara online karena situasi pandemi, sekaligus temu kangen secara virtual antara dosen dan alumni.

                      

Gambar: Perayaan 10 tahun Prodi Ilkom Secara Virtual

Siapa sangka, orang-orang dibalik kesuksesan Celebrating Xperience: Kemeriahan Temu Kangen Dalam 10 Tahun Ilmu Komunikasi ini adalah mahasiswa aktif Prodi Ilkom Universitas Bakrie. Berbekal kemampuan mengelola acara, pemanfaatan media, hingga rilis acara  yang didapat selama perkuliahan, mampu mengantarkan mereka pada malam puncak Celebrating Xperience, 20 September 2020.

Gambar: Sharing Session bersama Alumni Prodi Ilkom Secara Virtual 

Kerjasama yang baik, solid antara tim mahasiswa, dosen, dan alumni, membuktikan bahwa Prodi Ilkom Universitas Bakrie serius dalam mendidik dan menghasilkan lulusan terbaik dan mengajar sesuai bidangnya. Harapannya, Prodi Ilkom Universitas Bakrie dapat kembali mencetak lulusan terbaik yang mampu berpengaruh dan berpengaruh pada Ekonomi Indonesia dan Dunia.

Selamat ulang tahun ke-10 Prodi Ilkom Universitas Bakrie, terus berjuang menghasilkan manusia cerdas, berprestasi, dan siap negeri.

Salam Pancasila.

 

 

 

Jakarta (20/09/2020) – 20 September 2020 lalu, Universitas Bakrie merayakan hari berdirinya di usia ke-10 tahun. Perayaan satu dasawarsa ini diselenggarakan secara virtual melalui aplikasi Zoom dan Live YouTube pada pukul 10.00 WIB dengan tema Satu Dasawarsa U-Bakrie. Acara yang dipandu oleh Presenter TV handal, Chacha Anissa dan Andromeda Mercury (TVONE) ini juga dimeriahkan oleh bintang tamu Glen Samuel Idol 2018, yang menyanyikan tiga lagu secara virtual.

 

Di usia yang masih relatif muda, Universitas Bakrie telah berhasil meraih sejumlah capaian penting, antara lain: 

  • Pembukaan double degree MM-MBA dan Dual Program S1 Ilmu Komununikasi, Teknik Informatika, dan Manajemen dengan Central Quensland University (CQU-Australia).
  • Peningkatan pemeringkatan Universitas Bakrie ke kluster III perguruan tinggi,
  • Peringkat ke-18 dari 50 besar PTS terbaik di DKI Jakarta
  • Peraih dana hibah International Credit Transfer dari DIKTI, dan
  • Peraih dana hibah MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) dari DIKTI.

Harapan besar Rektor Universitas Bakrie, Prof. Ir. Sofia W. Alisjahbana, M.Sc., Ph.D., agar terus menghasilkan terobosan-terobosan dalam aspek pengajaran, penelitian dan pengabdian, serta pelayanan akademik dan non-akademik. Rektor Universitas Bakrie juga memberikan apresiasi atas dedikasi dan loyalitas kepada Sivitas Universitas Bakrie, baik dosen maupun staf, yang telah memiliki masa kerja 10 tahun atau lebih, berupa Pin Emas, yang didesain  secara exclusive berlogokan Universitas Bakrie.

Selamat ulang tahun Universitas Bakrie. Jaya selalu Universitas kebanggaan Prodi Ilmu Komunikasi.

 

 

 

Falling Walls Lab Jakarta 2020 kembali hadir untuk memfasilitasi para innovator untuk mengasah kreativitasnya dalam bidang ilmu pengetahuan. Meskipun diselenggarakan secara virtual melalui platform Adobe Connect dan memberikan nuasa yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kegiatan ini tetap berlangsung meriah dan telah rampung pada tanggal 24 September 2020 lalu.

 

 

Universitas Bakrie pun turut menyemarakkan perhelatan ini, yang diwakili Dosen Program Studi Teknik Sipil Jouvan Chandra Pratama Putra, S.T., M.Eng. yang sukses meraih juara ketiga. Dilansir dari web resmi DAAD Indonesia, Pemenang Falling Walls Lab Jakarta tahun ini akan mendapatkan kesempatan bergabung dengan komunitas Falling Walls dan menjalin jaringan dengan para inovator dari seluruh dunia serta mengikuti Falling Walls Lab Showcase. Selain itu pemenang juga akan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti pelatihan komunikasi Sains online dari EURAXESS serta video profesional untuk membantu pemenang mempresentasikan ide inovativnya.

“Kami sebagai praktisi tentunya sangat mahir dalam penerapan teknologi dilapangan. Universitas Bakrie mempunyai tenaga pengajar dan peneliti yang sangat maju dalam teori, penelitian, teknologi serta penemuan baru. Hubungan antara Bakrie Group dengan Universitas Bakrie merupakan kerjasama dan kolaborasi yang saling melengkapi.”

Dicky Setiawan

Direktur Utama PT Bakrie Pangripta Loka (BPL)
Testimoni Alumni Teknik Sipil

coming up event