fbpx

Program Studi Teknik Sipil Universtas Bakrie kembali mengadakan guest lecture yang mengundang Koko Yohanes Prakoso R.,ST, Manager PT Freyssinet Total Technology, yang membahas mengenai "Project Management and Sustainable Technology in Construction Industry" pada Rabu (25/05/2018). Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Bakrie.

Pada kegiatan ini, mahasiswa Teknik Sipil Universitas Bakrie diberikan pengetahuan mengenai tipe-tipe metode pembangunan struktur jembatan salah satunya adalah pembahasan mengenai pembuatan jembatan dengan cara Precast Segmental Methods serta aplikasinya yang berada di dunia maupun di Indonesia. Selain itu, dibahas juga mengenai tipe-tipe girder dalam pembangunan jembatan dan aplikasinya yang berada di Indonesia.

Koko Yohanes Prakoso mengatakan bahwa jangan hanya berpaku pada satu metode pembangunan jembatan. Menurutnya, satu jembatan bisa saja menggunakan dua metode yang dipakai dalam pembangunannya. Kelemahan engineer di Indonesia adalah kurangnya improve sehingga apabila pembuatan proposal masih ada yang menggunakan copy paste sehingga dilapangan sering ditemui kesalahan-kesalahan proposal yang diakibatkan karena copy paste tersebut seperti halnya nama project yang lupa untuk diubah. Sehingga Koko Yohanes Prakoso berpesan apabila sudah menjadi engineer nantinya tidak boleh menggunakan copy paste dalam membuat proposal.

Selain pemberian materi, Koko Yohanes Prakoso juga memberikan tips dan trik untuk mahasiswa agar siap menghadapi dunia kerja. Menurut Koko, fresh graduate saat ini memiliki mental yang kurang kuat karena ketika di proyek nantinya jam kerja akan tidak jelas. Selain itu fresh graduate harus memiliki mental yang kuat ketika berhadapan dengan masalah agar tidak kehilangan fokus terhadap pekerjaan yang sedang dilakukan.

Mahasiswa pun antusias dengan adanya guest lecture kali ini, terlihat dari banyaknya pertanyaan yang dilontarkan mahasiswa kepada narasumber. Hal tersebut tentunya diharapkan agar mahasiswa Teknik Sipil Universitas Bakrie merasa termotivasi dan dapat mewujudkan apa yang dicita-citakan. Dengan adanya kegiatan guest lecture ini dapat melatih mahasiswa untuk bisa merasakan pengalaman nyata terjun langsung pada masyarakat dan dunia kerja sesuai dengan tagline Universitas Bakrie yaitu Experience The Real Things.

“Kami sebagai praktisi tentunya sangat mahir dalam penerapan teknologi dilapangan. Universitas Bakrie mempunyai tenaga pengajar dan peneliti yang sangat maju dalam teori, penelitian, teknologi serta penemuan baru. Hubungan antara Bakrie Group dengan Universitas Bakrie merupakan kerjasama dan kolaborasi yang saling melengkapi.”

Dicky Setiawan

Direktur Utama PT Bakrie Pangripta Loka (BPL)
Testimoni Alumni Teknik Sipil