fbpx

Ade Asmi, Ketua Program Studi Teknik Sipil mengatakan kita tidak bisa membendung teknologi, sehingga kita harus mengikuti perubahan jaman, sehingga dalam kuliah umum yang dilaksanakan oleh program studi Teknik Sipil, Building Information Modelling (BIM): Project Managemennt Simulation and Case Study in Construction Industry

dengan pembicara dari PT. Glodon Technical Indonesia, prodi TSI mencoba mengakomodir kebutuhan mahasiswa TSI untuk mempelajari sistem baru di bidang Teknik Sipil.
Rizki Raditya, trainer PT Glodon Indonesia, yang merupakan lulusan Teknik Kelautan ITB dan mengambil S2 di Project Management Teknik Sipil UI mengatakan pada dasarnya BIM adalah big data thinking bagaimana kita berfikir, melakukan sesuatu dan menyimpulkan sesuatu berdasarkan data yang kita punya. Proses kontruksi berjalan dalam satu siklus, karena tidak semua data bisa di input dalam satu kesatuan, tapi terpisah namun semuanya mendukung proses yang terjadi dalam satu siklus tersebut.


Target dari PT Glodon adalah quality safety, progress faster, dan reduce cost. Integrasi di bidang industri dan edukasi menjadi kunci utamanya, Rizki mengatakan kepakaran utama bagi lulusan teknik sipil adalah graphic drawing ability, construction technology and application, project management capability and cost knowledge.
Pada workshop tersebut juga dilakukan simulasi program, hal ini bermanfaat untuk mempersingkat waktu beradaptasi pada saat mahasiswa TSI UB bekerja, melalui curriculum development untuk dosen dan mahasiswa.

“Kami sebagai praktisi tentunya sangat mahir dalam penerapan teknologi dilapangan. Universitas Bakrie mempunyai tenaga pengajar dan peneliti yang sangat maju dalam teori, penelitian, teknologi serta penemuan baru. Hubungan antara Bakrie Group dengan Universitas Bakrie merupakan kerjasama dan kolaborasi yang saling melengkapi.”

Dicky Setiawan

Direktur Utama PT Bakrie Pangripta Loka (BPL)
Testimoni Alumni Teknik Sipil