Dalam rangka menerapkan metode “Experiential Learning”, Universitas Bakrie memiliki beberapa program kegiatan untuk memperluas pengetahuan mahasiswa yang tak hanya sebatas teori akademis, namun juga pengalaman untuk merasakan secara langsung ketika teori tersebut diimplementasikan pada kehidupan nyata.

Salah satu nya dengan mengadakan beragam kegiatan kunjungan perusahaan ke beberapa perusahaan besar nasional maupun multinasional. Dengan harapan mahasiswa mampu memahami kondisi dan situasi lapangan yang ada. Kunjungan perusahaan ini merupakan kunjungan ke salah satu pabrik PT Astra Honda Motor (AHM) di Kawasan Industri MM2100, Cibitung, Bekasi. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Program Studi Teknik Industri yang ditujukan untuk mahasiswa aktif Teknik Industri dan diikuti oleh 45 mahasiswa dari angkatan 2013, 2014 dan 2015 Program Studi Teknik Industri.

Sesampainya di lokasi kunjungan pabrik PT AHM, mahasiswa langsung diarahkan menuju ruangan seminar untuk penjelasan materi secara singkat yang berlangsung selama satu jam. Selama seminar, dipaparkan sedikit penjelasan mengenai profil PT AHM yang dijabarkan oleh perwakilan dari pihak perusahaan. Tak hanya itu, mahasiswa juga dijelaskan mengenai budaya kerja dalam perusahaan serta bagaimana kegiatan produksi yang berlangsung dalam pabrik.

Para mahasiswa terlihat sangat antusias dengan menghujani pertanyaan selama sesi tanya jawab. Selesai dengan seminar, mahasiswa langsung dibimbing menuju pabrik. Sebelum menuju ke dalam pabrik, tak lupa perwakilan PT AHM pun mengingatkan pentingnya menaati peraturan keamanan dan keselamatan kerja yang ditetapkan ketika berada dalam kawasan pabrik.

Selama 2 jam mahasiswa diajak untuk melihat langsung proses produksi Motor mulai dari tahap awal produksi hingga tahap akhir assembly produk. Selama berkeliling pabrik, pembimbing menjelaskan pula sistem kerja operator, parts dalam motor yang diproduksi, hingga operasi kerja yang dilakukan selama kegiatan produksi. Setelah berkeliling pabrik, mahasiswa disempatkan untuk mendapatkan coffee break dan mengabadikan foto bersama didepan pabrik PT Astra Honda Motor.

Berita Lainya

coming up event