Apa itu TEKNIK INDUSTRI ..?

Teknik Industri adalah bidang keilmuan teknik yang mencakup kemampuan merancang, memperbaiki dan menganalisis system integral yang terdiri dari aspek manusia, material, informasi, peralatan dan energy.

Ilmu Pengetahuan Teknik memiliki peranan yang besar untuk memcahkan masalah yang kompleks dengan kemampuan berfikir sistemik dan terintegrasi (hardware, infoware, orgaware, technoware dan humanware).

Seperti apa METODE PEMBELAJARAN nya ..?

Melalui pembelajaran berbasis pengalaman (experiential learning) yang didukung oleh Kelompok Usaha Bakrie (KUB), maka lulusan Teknik Industri Universitas Bakrie memiliki kemampuan dan wawasan Tekno-Sosio-Ekonomis yang berorientasi pada pencapaian efisiensi, efektifitas dan produktifitas.

Apa KEUNIKAN nya ..?

Keunikan keahlian bidang keilmuan Teknik Industri dapat diaplikasikan secara luas di berbagai jenis industri (manufaktur maupun jasa) yang sangat dibutuhkan dalam situasi persaingan global dalam dunia usaha yang semakin kompetitif.

Selain itu, keilmuan Teknik Industri dibekali kemampuan nilai tambah dalam penguasaan analitikal, manajerial dan technopreneurship, serta kemampuan kompetensi unggulan berstandar sertifikasi internasional.

Apa KOMPETENSI LULUSAN nya ..?

Kompetensi Dasar lulusan Prodi. Teknik Industri adalah mampu belajar untuk belajar (learning how to learn), setiap saat setiap waktu, mau dan mampu belajar hal-hal yang baru, berpikiran terbuka, dan beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan.

Kompetensi Utama lulusan Prodi. Teknik Industri, dengan bekal pendekatan methodology-driven yaitu seperangkat metode analisis mampu memecahkan berbagai permasalahan industri, serta meningkatkan daya saing industri dan menciptakan peluang usaha berbasis pengetahuan dan keterampilan (entrepreneur) di bidang Teknik Industri.

Kompetensi Umum yang dimiliki lulusan Prodi. Teknik Industri sebagai berikut:

  • Mampu menganalisa permasalahan melalui penguasaan system thinking dan system modeling.
  • Mampu melakukan tanggung jawab pengendalian sistem manufaktur, manajemen kualitas, rantai pasok ramping, kajian tekno-ekonomi dan keuangan perusahaan, serta keselamatan kerja, yang dapat diaplikasikan di sektor produksi ataupun jasa.
  • Mampu bekerja di berbagai sektor seperti: industri penerbangan, pariwisata, ritel, rumah sakit, konsultan, dan tentunya sampai industri yang menghasikan produk berupa barang baik di bidang manufaktur, tekstil, pertambangan, dan lain sebagainya.
  • Memilki potensi sebagai peneliti di berbagai instansi baik pemerintah maupun swasta yang tercermin dalam struktur kurikulum berimbang antara terapan dan aspek teoritis, serta muatan studi kasus yang ada di industri.

Bidang KARIR/PROFESI apa saja ..?

Prospek karir/profesi lulusan Teknik Industri sangat luas, beberapa bidang karir/profesi yang dapat dimanfaatkan oleh lulusan Teknik Industri, diantaranya sebagai berikut:

Chief Executive Officer, Director of Production, Director of Business Development, General Manager, Head of Project Management, Human Resource Manager, Production Manager, Engineering Manager, Warehouse / PPIC Manager, Quality Control Manager, Purchasing Manager, Ergonomic Specialist, Quality Specialist, Logistics and Supply Chain Specialist, Product Design and Development Specialist, Health and Safety Specialist, Entrepreneur.

Berita Lainya

coming up event