Pada hari Selasa, 6 Agustus 2019, beberapa perwakilan dosen dan mahasiswa Universitas Bakrie melakukan kegiatan Faculty Visit. Kegiatan ini adalah salah satu program yang dilaksanakan rutin setiap bulannya. Kunjungan ini dilakukan ke startupyang terbilang baru. Kata.ai, adalah startup yang bergerak di bidang kecerdasan buatan (AI), yang mana baru-baru ini Kata.ai meresmikan produk baru Kata Bot, yaitu Platformuntuk membantu developer startupmiliki chatbot sendiri. Perusahaan ini baru didirikan pada tahun 2015 yang beralamat di Kemang, Jakarta Selatan.

Pada kesempatan tersebut kami disambut oleh Ibu Reno Rafly selaku VP, People & CultureKata.ai. Kegiatan tersebut dimulai dari pengenalan dari masing-masing karyawan yang bekerja di Kata.ai. selanjutnya, memperkenalkan dosen-dosen dan mahasiswa yang hadir. Selanjutnya terdapat presentasi yang disampaikan oleh Mas Haryo Akbarianto, Research ScientistKata.ai. Pada sesi ini mas Haryo menjelaskan bagian-bagian yang terdapat dalam Artificial Intellegence. Selain itu, menjelaskan bagaimana AI ini merespon dan melakukan serangkaian pekerjaannya yang semuanya di lakukan oleh teknologi. Hingga peran AI ini bisa menggantikan pekerjaan manusia. Namun, tidak secara keseluruhan. Karena ada beberapa pekerjaan yang benar-benar tidak bisa digantikan oleh teknologi. Selain itu, presentasi lain disampaikan oleh Ibu Reno Rafly yang menyampaikan AI ini akan menjadi trend dalam bisnis. Dan menjadikan banyaknya perusahaan-perusahaan lain untuk menggunakan chatbotuntuk meningkatkan komunikasi antar perusahaan dan konsumen lebih dekat. Melalui AI juga bisa mengidentifikasikan kebutuhan konsumen secara detail.

Dalam kunjungan ini Pak M Taufiq Amir selaku Kepala Program Studi Manajemen Universitas Bakrie, berharap AI ini bisa di sisipkan dalam mata kuliah dan banyak mahasiswa yang akan mempelajari trendAI ini dalam bisnis. Konon, sebesar USD 13 Triliun ekonomi global akan bertambah 1 dekade ke depan, dengan hadirnya AI dalam bisnis. Kunjungan ini juga disampaikan untuk para dosen agar bisa mempelajari trendAI dalam bisnis dari segala bidang yang ada selain itu bisa ada peluang kerjasama riset bersama dengan pihak Kata.ai. Sehingga, untuk merealisasikan harapan tersebut, perlu diadakan pertemuan yang lebih intensif untuk membahas apa-apa saja yang harus di persiapkan kedepannya. Pertemuan ini berlangsung selama 2 jam, dan dalam pertemuan tersebut terdapat sesi tanya jawab serta diskusi secara mendalam mengenai bisnis dalam Kata.ai ini. Kunjungan ini diakhiri dengan melakukan sesi foto bersama dan penyerahan cinderamata dari pihak Universitas Bakrie ke Kata.ai.

Jakarta (21/12)- Mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Bakrie didampingi oleh Ibu Ananda Fortunisa, SE,.M.SI pada Selasa, 20 Desember 2016 melakukan field trip ke Danone Indonesia, salah satu perusahaan raksasa multinasional yang memproduksi berbagai jenis makanan dan minuman. Salah satu diantara produknya yang paling populer adalah air minum dalam kemasan yaitu Aqua.

Selengkapnya...

Sistem pengelolaan sampah yang baik harus dimulai dengan dengan menggabungkan berbagai disiplin ilmu, sistem yang didesain berdasarkan ilmu yang bisa dipelajari di program studi Teknik Lingkungan, Universitas Bakrie

Sri Bebassari

President of InSWA (Indonesia Solid Waste Association)

coming up event