On 20 March 2019, the Corporate Brand Communication and Strategy classes of Bakrie University’s Communication Science program, led by Ms Rizka Laksmi and Ms Andriani Ganeswari, had the opportunity to visit ExxonMobil Indonesia, one of the international oil and gas companies with a long presence in Indonesia. Sitting high on the 28th floor of

Selengkapnya...

JAKARTA – Belajar tentang politik tidak semudah yang disangka. Berbagai pemberitaan politik di media menjadikan publik mudah beropini. Berbagai informasi yang dibagi juga akan menimbulkan pola komunikasi yang beragam. Dalam Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie, belajar komunikasi politik menjadi dasar mahasiswa mampu mencerna berbagai informasi yang dibagi khususnya dalam pemberitaan politik. Secara garis besar, kunjungan ke Kedubes Malaysia adalah berbagi informasi tentang bagaimana komunikasi politik itu dibangun dalam kaitannya dengan beda negara, yang bersifat internasional.

Gambar: Ketua Canseri Kedubes Malaysia, Mohd Hail Aniff Mohd Fauzi memberikan materi Bentuk Kerjasama Indonesia dan Malaysia

Pihak Kedubes juga memberikan kemudahan kepada Mahasiswa yang berminat lanjut pendidikan tahap selanjutnya. Sebanyak 70 mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie juga berkesempatan berdiskusi tentang bagaimana komunikasi antar negara Asia khususnya dalam menjalankan kerjasama dibidang pendidikan.

Gambar: Pemberian Plakat dan Foto Bersama bersama Pihak Kedubes Malaysia
Gambar: Foto Bersama Mahasiswa Ilmu Komunikasi dan Pihak Kedubes

Tentunya bukan tanpa tujuan, dengan adanya kunjungan ini diharapkan mahasiswa Ilmu Komunikasi lebih memahami bagaimana konsep komunikasi politik diterapkan, khususnya dalam Kerjasama Bilateral. Selain itu, memahami konsep berkomunikasi khususnya dalam komunikasi politik dalam beda budaya menjadi salah satu kemampuan yang harus dicapai dalam mata kuliah Komunikasi Politik.

Jakarta – Peminatan Jurnalistik Multimedia merupakan peminatan yang fokus pada bagaimana informasi dikelola media, digikan kepada masyarakat dan dikonsumsi masyarakat. Banyaknya informasi yang beredar dari banyak media online saat ini, menjadikan informasi seolah serba mudah didapat. Namun banyak pihak tidak resmi yang menjadikan dirinya sebagai penyebar informasi tanpa membawa bendera media. Memahami bagaimana informasi dikelola oleh media, mata kuliah Siaran Berita di Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi melakukan kunjungan ke Kantor Berita Radio (KBR) pada 28 November 2018 lalu.

Media yang berlokasi di De Ritz Building lantai dua, Menteng, Jakarta Pusat ini adalah penyedia konten berita berbasis jurnalisme independen yang berdiri sejak 1999. KBR mengudara ke lebih 600 radio di seluruh Indonesia di 34 propinsi, menggunakan program-program berita dan informasi dari KBR (KBR.id). Masyarakat bisa mengakses berita KBR melalui radio-radio lokal dari Aceh hingga Papua, dan hampir merata di seluruh kota dan kabupaten di Nusantara.

Dalam kesempatan kali ini, mahasiswa dijelaskan bagaimana sejarah didirikannya KBR hingga program-program yang ada di KBR. Mahasiwa juga berkeliling studio siaran, hingga perkenalan Newsroom dan Studio Produksi. Mahasiswa diarahkan bagaimana menjadi jurnalis yang tidak mengutamakan netralistas dalam menghimpun berita, namun mampu menjunjung tinggi kemandirian dan kebenaran atas informasi.

KBR saat ini berbasis aplikasi podcast berita pertama di Indonesia, yang memadukan kedekatan radio dengan fleksibilitas berbasis digital. Tentunya, ini menjadi channel baru di industri media khususnya Radio.

Menjadi jurnalis independen dan dapat dipercaya sulit, namun akan bisa ditegakkan jika mahasiswa mampu disiplin dan jujur serta yakin dengan apa yang dilihat untuk selanjutnya dibagi kepada masyarakat.

Goals dari kunjungan ini adalah mahasiswa mampu memahami bagaimana proses kerja pengelolaan berita di KBR dan perbedaan konten serta teknis publikasinya. Selain penerapan konsep siaran berita secara teori, diharapkan dengan hasil dari kunjungan ke KBR ini mahasiswa akan lebih aktif mengembangkan berbagai isu dan masalah di lapangan menjadi informasi yang disiarkan di internal lingkungan Kampus, media kampus hingga networking dengan dengan media luar.

Sistem pengelolaan sampah yang baik harus dimulai dengan dengan menggabungkan berbagai disiplin ilmu, sistem yang didesain berdasarkan ilmu yang bisa dipelajari di program studi Teknik Lingkungan, Universitas Bakrie

Sri Bebassari

President of InSWA (Indonesia Solid Waste Association)

coming up event