Pada tanggal 13 Desember 2016, Prodi Teknik Lingkungan (TLK) Universitas Bakrie yang terdiri dari 4 orang Dosen dan 68 orang mahasiswa berkunjungan ke PT PPLI di Jl. Raya Narogong - Desa Nambo Cileungsi – Bogor.

PT Prasadha Pamunah Limbah Industri (PPLI) adalah perusahaan Indonesia yang telah beroperasi sejak tahun 1994 menyediakan koleksi, daur ulang, pengobatan dan layanan pembuangan limbah berbahaya dan limbah tidak berbahaya. PPLI adalah 95% dimiliki oleh DOWA dan 5% oleh Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Badan Usaha Milik Negara. PPLI perusahaan induk, DOWA Eco-System Co Ltd, adalah perusahaan yang didedikasikan untuk manajemen lingkungan dan daur ulang, dan anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki DOWA Holdings Co Ltd Group didirikan pada tahun 1884 sebagai pertambangan dan logam peleburan / pemurnian perusahaan di Jepang. Bisnis DOWA Eco-System berpusat pada daur ulang sumber daya, pengelolaan sampah, remediasi tanah dan konsultasi lingkungan.

Kunjungan ini merupakan salah satu kegiatan experience the real thing dari Prodi TLK untuk melengkapi ilmu pengetahuan, wawasan dan pengalaman dari beberapa mata kuliah, seperti: Peraturan dan Hukum Lingkungan, Ilmu Dasar Lingkungan, Manajemen Material Limbah Berbahaya dan Bercaun, pengolahan Limbah Padat, Pengolahan Limbah Berbahaya dan Beracun, Kesehatan Lingkungan, Analisis Sistem Pengelolaan Lingkungan dan Analisis Mengnai Dampak Lingkungan. Pihak PT PPLI mengemas acara ini dengan sangat apik dan menarik, sehingga dosen dan mahasiswa dapat menikmati proses pembelajaran sepanjang hari kunjungan dengan menyenangkan dan tidak membosankan.

Acara diawali dengan safety induction oleh Humas PT PPLi dilanjutkan acara seremoni penerimaan oleh Direktur SHEQ and Operation, Bapak Syarif Hidayat. Beliau sebagai salah satu pelopor perusahaan yang memiliki lebih dari 25 tahun pengalaman dalam tanggung jawab keseluruhan untuk limbah dan tidak berbahaya operasi pengolahan limbah berbahaya dan fasilitas pembuangan, termasuk keamanan dan aspek lingkungan. Beliau memiliki pengetahuan yang kuat dalam kepatuhan perusahaan terhadap peraturan yang berlaku serta mempertahankan hubungan pemerintah dan bertanggung jawab karena membiarkan masalah. Dia adalah Trainer Limbah Berbahaya dan non-berbahaya Program Pelatihan Limbah untuk di rumah dan pemangku kepentingan eksternal.

 

Pemberian kenang-kenangan dilakukan oleh Ketua Program Studi Teknik Lingkungan, Ibu Sirin Fairus dan perwakilan mahasiswa, dilanjutkan touring ke site kemudian paparan materi oleh Sunior Technical manager Bapak Yusuf Firdaus, diskusi tanya jawab dan sesi foto bersama dengan.

Di sela acara, Humas PT PPLI meminta peserta untuk melakukan senam bersama agar suasana lebih semarak dan peserta kembali dapat tetap bersemangat mengikuti paparan materi.

Presiden Director PT PPLI, Bapak Koji Kuroki, juga sempat beramah tamah dengan rombongan di sela-sela kesibukannya. Beliau mempunyai lebih dari 20 tahun pengalaman dalam mengembangkan strategi yang komprehensif untuk pengembangan bisnis baru DOWA Group Jepang. Memiliki pengetahuan yang kuat dalam subjek geologi dan eksplorasi pertambangan berjalan. Dia bergabung PPLI pada 2013 sebagai Presiden Direktur bertanggung jawab atas manajemen keseluruhan dan operasi perusahaan.

Pelayanan PT PPLI mencakup:

• Profil Limbah: Aerosol, limbah elektronik, limbah laboratorium, limbah minyak, limbah farmasi, bahan / produk yang ditolak, kemasan, limbah baterai basah, limbah lampu dll.
• Proses pre-penerimaan: laboratorium PT PPLI beroperasi meberikan pelayanan teknis secara terpadu di Cileungsi, Bogor. Laboratorium terdiri dari laboratorium fisika dan kimia modern, sepenuhnya diakreditasi oleh KAN untuk Laboratorium Penguji ISO 17025, dan terdaftar sebagai Laboratorium Lingkungan oleh Kementerian Lingkungan. Sebelum limbah diterima, sampel dikumpulkan dan dianalisis di PT PPLI Laboratorium untuk menentukan untuk tepat metode dan proses pengobatan penanganan bahan limbah pelanggan.
• Transportasi limbah: Semua kendaraan yang masuk dan keluar dimonitor menggunakan CCTV, GPS & dokumentasi nyata, dan label limbah, bar coding untuk memastikan transportasi limbah yang aman dan lancar.
• Pengolahan limbah padat: PPLI menawarkan pengolahan dengan metoda stabilisasi untuk limbah padat yang dikirim dalam bentuk non-stabil. Limbah berbahaya tidak dapat diurug di landfil sampai dipastikan bahwa limbah secara fisik dan kimiawi stabil. Proses stabilisasi melibatkan berbagai bentuk pra-perlakuan kimia, diikuti pencampuran dengan semen portland, abu terbang, tanah liat penyerap, air, dan reagen lainnya dalam berbagai proporsi untuk membuat zat yang stabil. Setelah stabil, produk akhir disimpan dengan aman ke dalam eco-TPA.
• Pengolahan limbah cair: Sebagian besar proses industri menghasilkan limbah cair dalam berbagai jumlah. Limbah cair mungkin berbahaya atau tidak berbahaya tergantung pada jenis proses dan bahan baku. PPLI mampu mengolah berbagai jenis limbah cair yang mengandung kontaminasi tingkat tinggi. Proses pengolahan dangan menggabungkan kedua proses fisik dan kimia serta proses biologi. Proses pengolahan limbah cair meliputi:
- Kimia, koagulasi, dan flokulasi
- Dissolved Air Floatation
- Penghilangan padatan dengan fliter tekan
- Reaktor Sequencing Batchi
- Sistem karbon aktif
- Engineered wetlands

• Konversi limbah menjadi Energi: PT PPLI percaya pada pemulihan energy dan mengambil satu langkah maju, PT PPLI telah mengembangkan fasilitas yang memungkinkan untuk mengkonversi limbah menjadi energi yang dapat digunakan kembali. PT PPLI mampu mengkonversi limbah cair menjadi bahan bakar sintetis melalui proses yang disebut bahan bakar blending dan limbah padat menjadi AFR (Bahan Bakar Alternatif dan Bahan Baku).

• Eco-TPA: Modern hazardous and non-hazardous waste eco-landfill direkayasa dan dioperasikan oleh para profesional untuk memenuhi standar Indonesia, Bank Dunia, US-EPA, dan Uni Eropa. Metode dan bahan yang digunakan dalam layanan ini menjamin bahwa limbah berbahaya dan tidak berbahaya dikelola dengan baik dan permanen aman. Monitoring dan audit dengan system pengamanan lingkungan tingkat tinggi. Fasilitas pembuangan ini memberikan kepercayaan dan keamanan jangka panjang. Penutupan dan rencana pasca penutupan dilakukan oleh PT PPLI sepenuhnya untuk memberikan jaminan jangka panjang. Eco-Landfill kelas 1 telah difasilitasi di PPLI Cileungsi sejak tahun 1994. Eco-TPA kelas 2 telah beroperasi sejak 2007. PT PPLI sedang mengembangkan sebuah sistem di PT PPLI Eco-TPA yang akan memungkinkan untuk mengkonversi metana gas yang dihasilkan oleh limbah menjadi listrik yang akan memberdayakan semua fasilitas PPLI ini.

• Layanan Site: PT PPLI memiliki tim layanan lapangan dengan lengkap, mampu memenuhi tuntutan pelanggan pada berbagai proyek lapangan terkait. PT PPLI juga telah mendukung proyek pengeboran, minyak, gas dan panas bumi, dan layanan terkait lapangan pelanggan industri sejak tahun 1994. Proyek layanan lapangan meliputi:
- Pembersihan, penghapusan, dan pemulihan tanah yang terkontaminasi
- Pemulihan lumpur
- Segregasi dan lain-lain.

• Pengolahan Limbah lanjutan: komitmen PT PPLI sebagai perusahaan jasa Penanganan Limbah secara Total, PT PPLI juga telah mengembangkan pengolahan khusus untuk aliran limbah yang sulit, termasuk, namun tidak terbatas pada: baterai lithium, lampu merkuri, transformator PCB, baterai akumulator, zat zona depleting, pengurangan asbes dan laboratorium kimia.
• Pengelolaan limbah pengeboran: terfokus dan pendekatan solusion-driven untuk proyek pengeboran sektor minyak, gas dan energi panas bumi yang mengoptimalkan desain, pengiriman, dan pengelolaan limbah pengeboran di menu layanan terpadu, disesuaikan dengan sesuai dengan kebutuhan spesifik pelanggan. Hal ini dilengkapi produk, peralatan, teknologi, dan layanan oleh personil yang sangat terlatih dan berkualitas.

Terimakasih PT PPLI atas kunjungan ini, semoga PT PPLI terus menjadi perusahaan yang aktif memberikan kontribusi penting dalam mengatasi pengelolaan limbah bahan berbahaya beracun di Indonesia.