Kolaborasi konten Universitas Bakrie dengan RevoU

Proses melamar kerja, mau itu magang ataupun posisi full-time bukanlah hal yang mudah. Keterampilan kita dalam mencari lowongan, menyiapkan aset, melakukan wawancara, dan negosiasi diasah dan harus berkompetisi dengan kandidat lainnya. Maka dari itu, kandidat harus cerdik membuat strategi dalam proses mencari lowongan kerja dan menyiapkan aset, agar bisa lebih menonjol dan berbeda dari kandidat lainnya.

Caranya pun ternyata tidak serumit yang kita bayangkan. Dimulai dari mencari lowongan dari situs web yang terpercaya agar mendapatkan lowongan yang jelas dari perusahaan ternama dengan berbagai fitur yang bisa membantumu memilih perusahaan yang tepat. Diikuti dengan tambahan tools online yang bisa membuat aplikasi lamaranmu menjadi lebih profesional dan terlihat sebagai kandidat yang sudah berpengalaman. 

Berikut beberapa website terpercaya dan tools online powerful yang bisa membantumu mendapatkan kerja dan magang lebih cepat:

Lowongan Full-Time & Magang

1.  LinkedIn

Aplikasi dan situs web LinkedIn sudah dikenal oleh banyak orang, terutama untuk para pekerja profesional. Selain menjadi salah satu job portal terpercaya di dunia, LinkedIn juga sudah menjadi media sosial yang dapat mengkoneksikan kamu dengan para pelaku profesional. 

Hampir semua jenis lowongan pekerjaan tersedia di LinkedIn karena penggunanya berlatar belakang dari berbagai industri dan sudah mencapai 875 juta di tahun 2023 di seluruh dunia. 

Selain itu, LinkedIn memiliki kelebihan untuk bisa mengkoneksikan kandidat dengan recruiter perusahaan dengan mudah dan secara langsung melalui fitur chat di aplikasi dan websitenya. Bila kamu sudah memiliki akun LinkedIn dengan profil yang lengkap, LinkedIn juga dapat merekomendasikan lowongan yang cocok dengan pengalaman, latar belakang, dan skill yang tertulis di profilmu. 

2. Glassdoor

Glassdoor merupakan job portal buatan Amerika, namu berbasis di negara-negara lain. Glassdoor memiliki kelebihan memperlihatkan rating dan review perusahaan langsung dari karyawannya secara anonimus. Fitur ini mempermudah kandidat untuk mencari tau tentang kultur, benefit, dan juga lingkungan kerja perusahaan. 

Selain itu, Glassdoor juga dilengkapi dengan fitur melihat range gaji, cari pekerjaan sesuai lokasi, dan ada rekomendasi tempat kerja terbaik sesuai dengan rating dan review perusahaan. 

3.  Glints

Glints merupakan perusahaan berasal dari Singapura yang sudah menjamur ke negara-negara Asia lainnya seperti Indonesia, Malaysia, Vietnam, Filipina, dan Taiwan. Glints dikenal dengan interface websitenya yang user friendly dan sederhana dengan fitur mencari kerja sesuai lokasi pengguna, nama perusahaan, kategori pekerjaan, posisi pekerjaan, dan pekerjaan yang paling banyak dicari. 

4.  Indeed

Indeed merupakan perusahaan Amerika yang telah mendunia. Indeed mempunyai fitur memperlihatkan range dan perbandingan gaji untuk setiap lowongan pekerjaan, rating dan review perusahaan, kota dengan gaji terbesar di daerah domisili, dan rekomendasi profesi yang serupa dengan profesi yang kamu lamarkan. 

5. Kalibrr

Kalibrr merupakan perusahaan berasal dari Filipina yang mengembangkan bisnisnya ke Indonesia. Memiliki misi untuk merevolusi cara kandidat mencari kerja, Kalibrr tidak hanya ingin membantu kandidat mencari pekerjaan tapi juga membantu membangun karir di perusahaan yang tepat. 

Untuk bisa memberikan pengalaman yang mulus dan proses rekrutmen dengan cepat, Kalibrr menyediakan fitur pencarian kerja berdasarkan lokasi, job level, jenis pekerjaan, job function, rentang gaji, nama perusahaan, dan yang menarik, Kalibrr juga menyediakan fitur berdasarkan level edukasi. 

Tools Online untuk Memperbaiki Aset 

1. ResumeWorded.com dan Resume.io

Dua website ini merupakan website terpercaya untuk memberikan referensi dan mengoreksi CV dan resume. Bagi mahasiswa atau alumni yang masih bingung bagaimana cara membuat CV dan resume yang bagus, sesuai standar pasar, dan profesional, Resume Worded dan Resume.io memiliki templat CV dan resume yang siap pakai. 

Selain itu, Resume Worded berteknologi untuk bisa menilai resume pengguna dan Resume.io bisa menghasilkan CV dengan waktu hitungan menit hanya dengan memasukkan data yang diperlukan di dalam CV. 

2. Grammarly.com

Terkadang kandidat harus menerjemahkan CV, cover letter, dan portofolio ke dalam bahasa Inggris. Grammarly memudahkan kandidat untuk bisa mengecek tata bahasa Inggris dan memberikan rekomendasi koreksi kalimat yang sesuai. 

Grammarly dapat digunakan dengan cara mengunduh ke dalam perangkat laptop, komputer, atau tab atau bisa digunakan secara online dengan membuka situs webnya. 

3. Prepfully

Prepfully merupakan platform yang membantu kandidat untuk berlatih wawancara dalam bahasa Inggris. Selain platformnya yang memang berbasis bahasa Inggris, Prepfully juga menyediakan fitur mock-up interview, bahan bacaan untuk memperbaiki wawancara, bank pertanyaan, panduan video, dan berbagai macam fitur serupa lainnya. 

4. Journo Portfolio

Bila latar belakangmu memerlukan portofolio saat melamar kerja, Journo Portfolio bisa membantu memudahkan kamu membuat portofolio online dengan cepat. Dengan panduan dan cara yang mudah, Journo Portfolio bisa membangun portofoliomu menjadi website yang bisa diakses secara online dan hadir dengan berbagai templat desain yang menarik. Kamu bisa menggunakan Journo Portfolio secara gratis maupun berbayar. 

5.  Huntr.co

Huntr.co membantu untuk tracking seluruh proses lamaran kerja untukmu. Proses melamar terkadang berantakan dan seringkali kandidat lupa perusahaan mana saja yang sudah dilamar. Agar proses melamar kerja tetap bisa dilacak dengan rapi, Huntr membantumu untuk mengorganisir seluruh proses pencarian kerjamu agar tidak ada peluang yang terlewatkan. 

Artikel di atas merupakan bentuk kolaborasi RevoU bersama Universitas Bakrie, kampus ramah prestasi yang memungkinkan para lulusannya siap terjun langsung ke dunia industri. Yuk cari tahu informasi selengkapnya di Instagram @ubakriekampus atau kunjungi laman https://www.bakrie.ac.id/