Jurusan Ilmu Komunikasi adalah salah satu jurusan yang paling banyak diminati oleh calon mahasiswa baru setiap tahunnya. Jika kita balik ke tahun 2020 lalu, jurusan Ilmu Komunikasi menjadi jurusan dengan pendaftar terbanyak melalui seleksi SNMPTN, lho!

Sudah sangat jelas bahwa komunikasi memang menjadi hal yang sangat dekat dengan kehidupan kita sehari-hari dan tentunya komunikasi akan selalu berkembang dan dibutuhkan. Terkhusus di zaman sekarang, rasanya semua hal yang kita lakukan harus didasari oleh komunikasi. 

Tapi apa cuma itu alasannya? Kira-kira kenapa, ya, Ilmu Komunikasi selalu menjadi salah satu jurusan dengan ramai peminat setiap tahunnya? Yuk, kita simak penjelasannya!

4 Alasan Ilmu Komunikasi Jadi Favorit

1. Prospek Kerja Lulusan Ilmu Komunikasi yang Dianggap “Kece”

Ilmu Komunikasi menjadi ‘ibu’ dari berbagai ilmu turunan lainnya, lho! Contohnya seperti jurnalistik, advertising, public relation, penyiaran, kajian media hingga desain komunikasi visual. 

Selain itu, karena komunikasi menjadi disiplin ilmu yang sangat luas jangkauannya, prospek kerja yang dihasilkan pun sangat terbuka lebar. Salah satu prospek kerja utamanya adalah perusahaan media. Apalagi eksistensi media saat ini yang membuat gen Z semakin tertarik dengan dunia komunikasi seperti content creator, copywriter, videographer, dan lainnya. 

2. Pembelajaran yang Aplikatif

Ilmu yang didapatkan di jurusan Ilmu Komunikasi tentunya sangat menyenangkan dan dekat dengan aktivitas kita sehari-hari. Contoh paling kecil yang kita lakukan adalah ketika kita berkomunikasi satu sama lain setiap harinya. Tentunya ada hal-hal yang harus diperhatikan dan disitu pula Ilmu Komunikasi diterapkan. Pembelajaran yang diajarkan memiliki relevansi yang sangat bisa kita aplikasikan di dalam kebutuhan kita seiring berjalannya waktu. 

3. Membangun Soft Skill

Sebagai induk dari berbagai cabang ilmu lainnya, Ilmu Komunikasi memiliki peluang yang sangat beragam untuk membangun soft skill. Dimulai dari public speaking, copywriting, desain grafis, kerjasama media, fotografi, videografi, media sosial, karya tulis, bahkan sampai membuat sebuah program TV dan event musik. 

4. Materi Kuliah yang Up-To-Date

Sebagai jurusan sosial dengan ruang lingkup yang sangat luas, mata kuliah yang diajarkan tentunya akan selalu mengikuti perkembangan zaman. Contohnya komunikasi massa yang membuat kita semakin aktif dalam mengikuti pertumbuhan media massa. Bahkan, ada pembelajaran psikologi komunikasi yang akan melatih kita untuk berkomunikasi dengan benar terhadap lawan bicara. 

Selain itu, kita juga bisa mengambil mata kuliah peminatan seperti etika jurnalistik dan etika regulasi public relation. Di beberapa mata kuliah ilmu komunikasi juga mostly berorientasi pada praktik komunikasi seperti aktivasi brand, produksi iklan, produksi film pendek dan masih banyak mata kuliah seru lainnya. Dan itu semua tentu materinya disesuaikan dengan perkembangan zaman!

Kuliah Ilmu Komunikasi di Universitas Bakrie, Akreditasi A!

Sudah sangat jelas, ya, kenapa Ilmu Komunikasi selalu menjadi jurusan terfavorit setiap tahunnya! Saatnya menemukan kampus yang tepat untuk berkuliah Ilmu Komunikasi. Program Studi S1 Universitas Bakrie menjadi pilihan yang tepat dan unggul dalam mengikuti perkembangan industri komunikasi masa kini. Dengan menerapkan metode Experiential Learning, proses belajar selalu diikuti oleh pengalaman terjun langsung terhadap materi kuliah yang diajarkan. Mahasiswa tidak hanya mempelajari teori tetapi juga beradaptasi untuk meningkatkan keahlian. 

Didukung oleh Laboratorium Ilmu Komunikasi yang menunjang yang menyesuaikan dengan industri, pembelajaran praktik juga dilakukan melalui field visit program dan keterlibatan project di bidang komunikasi. Antara lain; social campaign, TV production, audio production, corporate social responsibility, dan lain-lain.

Sudah semakin yakin kan untuk berkuliah Ilmu Komunikasi di Universitas Bakrie? Kunjungi www.bakrie.ac.id sekarang!