Hai, siapa nih yang ingin jadi anak Manajemen? Yaps, jurusan ini memang sudah jadi langganan yang paling diincar oleh anak-anak SMA setelah lulus. Tapi, sudah yakin belum dengan pilihan untuk berkuliah di jurusan Manajemen? Simak pembahasan kali ini, yuk, agar kamu semakin mantap!

Lulusan Manajemen sudah sejak lama dianggap punya prospek kerja yang luas dan dapat masuk ke hampir seluruh sektor dan industri perusahaan. Bahkan, lulusan Manajemen juga bisa, lho, menjadi seorang wirausahawan dan membangun bisnis mereka sendiri.

Apakah Anak Manajemen Itu Hanya dari Jurusan IPS Saja?

Sebenarnya, pernyataan mahasiswa jurusan Manajemen itu hanya dari anak-anak yang berasal dari peminatan IPS di sekolahnya tidak sepenuhnya benar, lho!

Kenapa begitu? 

Yaps, karena jurusan Manajemen memang dapat dipilih juga oleh mereka yang berasal dari peminatan selain IPS di sekolahnya seperti IPA. Walaupun, pastinya teman-teman yang dari IPS sudah mempunyai pengalaman yang lebih sebelumnya dan mungkin lebih menguntungkan dalam proses perkuliahan nanti.

Lalu yang bukan dari IPS dan belum punya pengalaman gimana?

Tentu saja tidak masalah teman-teman! Seiring berjalannya waktu nanti, kalian bisa mencari pengalaman sebanyak-banyaknya dengan mengikuti kursus pelatihan dan sebagainya. Jurusan Manajemen akan menjadikan kalian dapat belajar dari mana saja, karena dasar ilmunya adalah ilmu sosial dan untuk anak IPS jangan khawatir di Manajemen juga akan tetap akrab dengan hitung-hitungan serta angka kok. So, walaupun yang dulu semasa sekolahnya tidak se-linear dengan Manajemen, pasti bisa kok beradaptasi!

Apa Saja yang Dipelajari di Jurusan Manajemen?

Nah, Manajemen adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana mengatur dan mengelola suatu perusahaan agar mencapai tujuan atau target yang telah ditentukan. Singkatnya,  Ilmu Manajemen mempelajari bagaimana metode yang seharusnya dipakai untuk mengelola organisasi atau perusahaan agar lebih baik lagi. 

Sejumlah orang menganggap jurusan Manajemen adalah jurusan yang mudah dan simple. Namun, selayaknya jurusan lainnya yang memiliki tingkat kesulitan, jurusan Manajemen pun ada. Jurusan ini dibagi lagi menjadi 4 konsentrasi, seperti:

1. Manajemen Pemasaran

Di konsentrasi ini, nantinya kamu akan lebih mempelajari seluk beluk mengenai dunia pemasaran pastinya. Mulai dari riset pesaing, analisa pasar, strategi yang dipakai untuk produkmu, forecasting, hingga branding akan kamu pelajari.

Kamu orang yang suka tantangan? Atau gemar dan memiliki jiwa kewirausahaan? Konsentrasi ini akan sangat cocok untukmu!. Sebab, alur pasar bisnis yang selalu berubah-ubah alias dinamis akan sering dihadapi oleh pebisnis. Terutama tren yang terus berganti dan berkembangnya digital marketing saat ini. Kamu dituntut harus adaptif dengan kondisi bisnis yang ada. 

2. Manajemen Keuangan

Nah, di konsentrasi kedua ini kamu akan lebih mempelajari bagaimana mengelola keuangan atau cash flow dari perusahaan ataupun bisnis. Yaps, manajemen keuangan ini juga akrab dikenal dengan sebutan finance.

Konsentrasi ini akan sangat cocok bagi orang yang suka menghitung. Sebab nantinya, mereka akan mempelajari bagaimana cara mengontrol keuangan, sampai bagaimana meningkatkan keuangan perusahaan.

3. Manajemen Sumber Daya Manusia

Konsentrasi yang ketiga yakni Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) atau biasa disebut human resources. Pada konsentrasi ini, kamu akan mempelajari mengenai pengembangan produktivitas, pemberdayaan personalia, kepuasan kerja, kesejahteraan dan keselamatan, dan lain-lain.

Konsentrasi ini akan sangat cocok untuk mereka yang memiliki minat dalam mengelola hubungan manusia maupun organisasi dalam suatu lingkungan kerja di dalam perusahaan atau bisnis.

4. Manajemen Operasional 

Manajemen Operasional adalah konsentrasi keempat dalam jurusan Manajemen. Fokus konsentrasi ini yaitu berkaitan dengan produk akhir dari perusahaan atau bisnis. Mereka yang mengambil konsentrasi ini akan lebih banyak mempelajari kualitas produk (standarisasi mutu) sampai dengan cara pendistribusian yang tepat. 

Konsentrasi ini juga akan mempelajari bagaimana proses pengoperasian yang efektif. Contohnya adalah manajemen logistik, manajemen proyek, manajemen perusahaan, dan lainnya.

Apakah Lulusan Manajemen Masih Relevan?

Ini adalah pertanyaan yang sering terlontar di benak para lulusan SMA yang ragu saat hendak memilih jurusan Manajemen. Lulusan jurusan Manajemen dapat dikatakan masih sangat relevan, lho, dengan kondisi yang ada saat ini.

Prospek pekerjaan para lulusan jurusan Manajemen sangat luas dan banyak, serta jenjang karirnya juga cukup bagus. Pekerjaan seperti menjadi manajer atau pimpinan dari suatu perusahaan, HRD, Penasihat Keuangan, Konsultan, Analisis Perbankan, Digital Marketing, dan lain sebagainya membuktikan lulusan Manajemen masih dibutuhkan. Bahkan, dengan bekal ilmu yang telah dimiliki, lulusan Manajemen juga sangat mungkin untuk menjadi seorang entrepreneur atau pebisnis.

 

Nah, semakin mantap kan untuk kuliah jurusan Manajemen? dengan menjadi mahasiswa Program Studi Manajemen di Universitas Bakrie kamu dapat mempelajari seluruh konsentrasi yang telah dijelaskan sebelumnya sesuai dengan minat kamu, tentunya dengan dukungan para praktisi dan dosen-dosen yang berpengalaman di bidangnya. Yuk, kunjungi www.bakrie.ac.id untuk dapatkan informasi dan berita mengenai Prodi Manajemen Universitas Bakrie!