Politik di Indonesia menjadi salah satu hal yang sangat tinggi peminatnya. Hal ini membuat banyak sekali masyarakat dari remaja hingga dewasa sangat antusias mengikuti perkembangan politik di negeri ini. Apakah Kamu salah satu di antaranya? Jika iya, pastinya Kamu sudah tahu dong ada, lho, salah satu jurusan di dunia perkuliahan untuk mempelajari khusus tentang politik. Apa jurusan itu? Yaps, benar, itu adalah Prodi  Ilmu Politik.

Kuliah jurusan Ilmu Politik merupakan bidang ilmu yang mengkaji fenomena sosial politik sehingga nantinya mampu menerapkan teori politik ke dalam kajian masalah. Jurusan ini sangat cocok untukmu yang semasa di bangku sekolah sudah tertarik dengan hal-hal yang berbau politik, seperti mengkaji dan menganalisa fenomena sosial politik. 

Yuk, cari tahu lebih dalam tentang jurusan yang satu ini!

Apa Itu Prodi Ilmu Politik?

Program studi Ilmu Politik adalah salah satu jurusan yang membekali mahasiswanya teori-teori dan praktik-praktik politik. Di program studi ini, kalian akan mengenali berbagai macam sistem politik yang ada di dunia, peristiwa-peristiwa sejarah yang mempengaruhi pembentukan suatu struktur politik di suatu negara. Kajian-kajian yang terkenal dan akan dipelajari dalam Ilmu Politik antara lain seperti demokrasi, sistem politik, birokrasi, hak asasi manusia, dan etika sosial politik. Nah, atas dasar inilah, para mahasiswa Ilmu Politik akan sangat akrab dengan riset, analisa, dan bersikap kritis. 

Kenapa Sih Harus Kuliah di Prodi Ilmu Politik?

Ini adalah pertanyaan yang sangat sering muncul di benak kalian pastinya. Berikut ini alasannya:

  • Lulusan Ilmu Politik pastinya nanti akan memiliki wawasan yang luas dan peka terhadap isu-isu politik. 
  • Mengasah kemampuan analisa dan komunikasi Kamu, karena lulusan Ilmu Politik harus memiliki karakter tersebut.
  • Lulusan Ilmu Politik sudah pasti memiliki peluang bekerja secara linier di Ilmu Politik, luas, dan menjanjikan, seperti Diplomat, Pegawai pemerintahan (pusat, daerah, legislatif), aktivis, dan lainnya.
  • Dapat menjelajahi berbagai prospek kerja dari Ilmu Politik yang membutuhkan tenaga dari berbagai disiplin ilmu.

Apakah Saya Cocok Masuk Ilmu Politik?

Yaps, ini dia pertanyaan ketiga yang pasti muncul di benakmu. Apa saja yaa karakter-karakter yang mencerminkan seorang mahasiswa yang cocok masuk di Ilmu Politik. 

Berdasarkan metode tes kepribadian yang dikenal dengan nama MBTI (Myers-Briggs Type Indicator). Mereka yang cocok untuk masuk ke jurusan Ilmu Politik dikategorikan ke dalam tipe kepribadian ke-16 yaitu ENTJ (Extroverted, Intuitive, Thinking, Judging) seperti apa tipe karakter-karakter yang mengisi di dalamnya? Berikut ulasannya.

  • Ekstrovert (E): Karakter ini berorientasi pada interaksi sosial, bersemangat menghabiskan waktu dengan orang lain.
  • Intuition (N): Karakter ini berorientasi pada kecenderungan berpikir abstrak, imajinasi, dan intuisi.
  • Thinking (T): Karakter ini berorientasi pada hal logis dalam pengambilan keputusan. Karakter ini juga mengandalkan kekuatan analisis berpikir dan konsistensi dalam setiap keputusan.
  • Judging (J):  Karakter ini cenderung bersikap tegas dan teguh pendirian. 

Karakter-karakter seperti kritis, suka riset dan observan seperti yang telah digambarkan di atas   inilah yang dipercaya sangat cocok untuk masuk ke jurusan Ilmu Politik. Tentunya Kamu harus mengenali lebih dalam minat yang Kamu miliki sebelum memutuskan untuk bergabung ke jurusan Ilmu Politik. 

Kuliah Prodi Ilmu Politik di Universitas Bakrie

Jurusan Ilmu Politik merupakan salah satu jurusan favorit yang terdapat di Universitas Bakrie. Selain karena Prodi Ilmu Politik Universitas Bakrie sudah terakreditasi unggul, hal ini kemudian didukung dengan tenaga pendidik yang merupakan para kompeten di bidangnya dan juga orang-orang berpengalaman. 

Dengan bergabung ke salah satu peminatan yang ada yakni Hubungan Internasional ataupun Kebijakan Publik, Kamu bisa meraih mimpimu untuk berkecimpung di dunia politik dengan pilihan prospek karir yang beragam dan menjanjikan tentunya. Yuk, kunjungi www.bakrie.ac.id untuk dapatkan informasi dan berita mengenai Prodi Ilmu Politik Universitas Bakrie!