Hai! Pernahkah kamu melihat bangunan-bangunan tinggi menjulang yang berdiri gagah di pusat-pusat ibu kota? Lalu, pernah gak sih terbesit di pikiranmu, siapa yaa kira-kira orang-orang hebat yang membuat bangunan-bangunan itu dapat berdiri kokoh? Yaps, jurusan yang satu ini akan menjawab rasa penasaranmu. Ya, mereka adalah para lulusan dari jurusan Teknik Sipil, teman-teman!

Teknik Sipil punya peran yang sangat penting terhadap kehidupan manusia, ilmunya berkembang sejalan dengan kebutuhan dan pergerakan manusia. Jurusan ini sangat cocok untukmu yang semasa di bangku sekolah sudah memiliki rasa penasaran yang tinggi dengan perencanaan dan pembangunan infrastruktur.

Kenalan Yuk dengan Jurusan Teknik Sipil!

Dalam Program studi Teknik Sipil, disiplin ilmu ini akan mempelajari segala macam proses mulai dari perancangan, pembangunan, hingga merenovasi suatu bangunan. Apa saja itu? Ya, tidak hanya gedung, tetapi juga infrastruktur lainnya seperti jalan, jembatan, bendungan, dan sebagainya. 

Jurusan ini akan membuatmu sangat akrab dengan material-material bangunan dan juga perhitungan. Secara lebih mendalam, kamu akan memahami unsur-unsur penting bangunan seperti beton, baja, besi, hingga aspal. Selain itu, membuat perancangan struktur bangunan yang kuat, layak, dan efisien juga hal-hal yang akan kamu pelajari di sini. 

Teknik Sipil menjadi salah satu dari program studi yang memiliki peranan krusial dalam perkembangan pembangunan infrastruktur dan ekonomi di suatu negara tidak terkecuali di Indonesia. Sebagai negara berkembang, Indonesia saat ini sedang gencar-gencarnya melakukan pembangunan infrastruktur di sejumlah lokasi. Oleh karena itu, para lulusan Teknik Sipil akan sangat dibutuhkan keahliannya dalam upaya menyukseskan pembangunan. 

Teknik Sipil Itu Seru!

Bagi kamu yang memiliki minat tinggi dalam bidang desain dan konstruksi, jurusan ini akan sangat mengasyikan. Seseorang yang menjadi lulusan Teknik Sipil berarti dibayar untuk membuat dan berinovasi setiap hari. Di sinilah keahlianmu dalam menciptakan suatu perancangan yang visioner dan relevan akan membuatmu diperhitungkan sebagai ahli sipil dan pasti proyek-proyek akan datang dengan sendirinya!

Oleh karena itu, selain minat pada desain dan kontruksi, kamu juga harus menguasai mata pelajaran Matematika dan Fisika dengan baik. Sebab kedua bidang ilmu dasar ini yang menjadi pondasi dalam pembelajaran di Teknik Sipil. Jurusan ini mengajarkanmu bagaimana menjadi seorang insinyur yakni bagaimana memanfaatkan Matematika, Sains, dan pengetahuan yang tersedia untuk meningkatkan kreativitas dan menciptakan sesuatu yang menakjubkan! Itulah mengapa jurusan ini lebih identik bagi mereka yang di bangku sekolahnya memilih peminatan IPA. 

Kenapa Harus Kuliah di Jurusan Teknik Sipil?

  1. Gaji Besar

Lulusan Teknik Sipil dapat dibilang menjadi calon-calon pekerja dengan bayaran tertinggi di seluruh dunia. Dapat dikatakan proyek-proyek yang berhubungan dengan Teknik Sipil secara konsisten membayar pendapatan yang baik hampir di mana pun pekerjanya melakukan tugas mereka. Pekerjaan ini tidak hanya dapat melayani sektor pemerintahan, tetapi juga sektor swasta yang memerlukan bangunan. 

Oleh karena itu, gelar dan pengetahuan menjadi seorang insinyur Teknik Sipil dapat menjadi salah satu pilihan yang baik bagimu jika ingin memiliki kehidupan yang nyaman di kemudian hari. Namun tetap saja kerja keras, ketepatan. dan kejujuran yang akan menjadikan kamu tetap dipercaya terus oleh para klien. 

  1. Koneksi Luas

Lulusan Teknik Sipil juga akan sangat mudah memiliki koneksi yang luas. Seperti dijelaskan pada poin awal, kamu akan terlibat langsung dalam proyek pembangunan infrastruktur yang berisikan orang-orang besar dan memiliki kepentingan. Keahlian khusus yang kamu miliki juga nantinya akan mempengaruhi dengan siapa saja koneksimu akan tumbuh. Beberapa ahli Teknik Sipil memilih untuk menciptakan konstruksi ramah lingkungan dan berkelanjutan. Ada pula yang spesialisasi dalam keamanan dan keselamatan, serta sektor-sektor lainnya. 

Namun, Insinyur sipil di semua sektor dapat dikatakan memiliki peluang konstan untuk berinteraksi dengan orang lain. Privilege ini yang harus dimanfaatkan dengan baik dan didukung pula dengan kemampuan komunikasi dan kolaborasi dengan para stakeholders, pemimpin, bahkan hingga pebisnis sekalipun.

  1. Cakap dengan Teknologi Tinggi

Lulusan Teknik Sipil juga terkait erat dengan penggunaan teknologi inovatif. Memang benar, kemampuan matematis dan struktur desain masih memegang kendali utama di jurusan ini. Tetapi, kemajuan teknologi membuat para ahli sipil memungkinkan mereka untuk meningkatkan kemampuan mereka. 

Pada zaman dulu, desain bangunan cenderung monoton dan seragam, seperti istana Mesir kuno dan piramida Maya; The Great wall of China dan Colosseum. Namun, dengan teknologi seperti CAD, BIM, VR dan AR, memungkinkan para ahli sipil mampu membangun gedung-gedung pencakar langit, jalan raya pintar, jalan penghubung di dalam air, bahkan sistem transportasi hyperloop berkecepatan tinggi. 

Kuliah Teknik Sipil di Universitas Bakrie

Jurusan Teknik Sipil merupakan salah satu jurusan favorit di Universitas Bakrie. Prodi Teknik Sipil Universitas Bakrie sendiri sudah terakreditasi unggul Kemudian, para mahasiswa juga sudah didukung dengan Laboratorium Terpadu Teknik Sipil dan tenaga pendidik berpengalaman  serta profesional di bidangnya. 

Dengan bergabung ke Teknik Sipil Universitas Bakrie, kamu bisa meraih mimpimu untuk menjadi seorang ahli sipil dengan pilihan prospek karir yang beragam dan sangat menjanjikan tentunya. Yuk, kunjungi www.bakrie.ac.id untuk dapatkan informasi dan berita mengenai Prodi Teknik Sipil Universitas Bakrie!