Halo! Apakah ada dari kalian yang pernah menonton pertandingan sepak bola secara langsung di stadion? Hmm, bagaimana ya bangunan tersebut dapat menampung kapasitas hingga berpuluh-puluh ribu penonton di dalamnya? Yaps, itu merupakan pekerjaan para lulusan Teknik Sipil yang melakukan perancangan fondasi dan pengukuran sistematis dari stadion hingga dapat menampung puluhan ribu penonton tersebut. Lantas, apa saja ya yang dipelajari oleh para ahli sipil tersebut? Untuk kamu yang kepo dengan teknik sipil belajar apa saja, yuk, baca terus artikel ini!

Kenalan Yuk dengan Jurusan Teknik Sipil!

Dalam Program studi Teknik Sipil, disiplin ilmu ini akan mempelajari segala macam proses mulai dari perancangan, pembangunan, hingga merenovasi suatu bangunan. Secara lebih mendalam, kamu akan memahami unsur-unsur penting bangunan seperti beton, baja, besi, hingga aspal. Selain itu, membuat perancangan struktur bangunan yang kuat, layak, dan efisien juga hal-hal yang akan kamu pelajari di sini. 

Teknik Sipil menjadi salah satu jurusan favorit yang memiliki peran penting di masa depan. Mengapa demikian? Karena pembangunan dan perbaikan infrastruktur dalam suatu negara tidak mungkin selesai. Oleh karena itu, para lulusan Teknik Sipil akan sangat dibutuhkan keahliannya dalam upaya menyukseskan pembangunan di masa-masa yang akan datang. 

Baca juga: Cari Tahu Info Selengkapnya Tentang Teknik Sipil Hanya di Sini

Teknik Sipil Belajar Apa Saja?

Bagi kamu yang memiliki minat tinggi dalam Matematika dan Fisika, seharusnya tidak akan melalui kesulitan yang amat berarti jika memilih jurusan ini. Sebab, Teknik Sipil sangat akrab dengan kedua bidang ilmu dasar ini. Sebenarnya, kamu akan mempelajari banyak hal menarik di jurusan ini. 

1. Ilmu Ukur Tanah

Ilmu ukur tanah merupakan salah satu yang nantinya akan kamu pelajari. Ilmu ini merupakan cabang dari keilmuan Geodesi yang secara khusus mempelajari sebagian kecil dari permukaan bumi dengan cara melakukan pengukuran dalam upaya mendapatkan hasil akhir yakni sebuah peta

Ilmu ukur tanah ini selanjutnya dibagi menjadi 3 bagian, yakni: Berdasarkan cakupan elemen alam yang meliputi daratan, perairan, dan astronomi; Berdasarkan tujuan yang meliputi pengukuran teknik sipil, militer, tambang, Geologi, dan Arkeologi; Berdasarkan luas cakupan daerah pengukuran yang meliputi Triangulasi, Trilaterasi, Polygon, Offset, Tachymetri, Aerial survey, Remote Sensing, dan GPS.

2. Rekayasa Hidrologi

Rekayasa Hidrologi juga akan ada dalam salah satu catatanmu. Ilmu ini dalam bidang Teknik Sipil berkaitan dengan perancangan dan pemeliharaan SDA (Sumber Daya Air) seperti irigasi, air minum, pengendalian banjir, tenaga air dan navigasi. Para insinyur sipil akan mempelajari penelitian hidrologi terkait untuk mengumpulkan data relevan dan menganalisisnya secara tepat untuk dapat mencari solusi dari masalah praktis di lapangan. 

Kemampuan ini diperlukan karena banyak proyek penting yang terdahulu telah gagal akibat salah meneliti faktor hidrologinya, diantaranya adalah banyaknya kasus air melewati tubuh dam akibat tidak cukup kapasitas pelimpah, kasus kerusakan jembatan atau gorong-gorong akibat debit banjir, atau kasus-kasus lainnya.

3. Mekanika Fluida dan Hidrolika

Ini adalah materi wajib yang kamu ketahui di Teknik Sipil, yakni mekanika fluida dan hidrolika. Mekanika Oh iya, fluida menjadi salah satu ilmu dasar untuk program studi teknik lainnya, seperti Teknik Mesin, Teknik Lingkungan, dan sebagainya. Nah, cabang ilmu ini terdiri dari statika, kinematika dan dinamika dari fluida yang terdiri dari cairan dan gas. Kamu akan sangat akrab dengan penerapan Hukum Newton, Hukum termodinamika, Prinsip ketetapan massa, dan konsep-konsep lainnya.

Sedangkan, Ilmu hidrolika merupakan dasar dari ilmu teknik keairan (hydraulic engineering) dalam lingkup Teknik Sipil yang mempelajari tentang perilaku air saat diam atau bergerak. Nantinya, kamu akan sangat sering mempelajari tentang kriteria dan prinsip dasar aliran air, definisi dan prinsip dasar aliran saluran terbuka (open channel hydraulic), persamaan-persamaan energi, kontinuitas, momentum, dan konsep-konsep lainnya.

Teknik Sipil di Universitas Bakrie

Jurusan Teknik Sipil merupakan salah satu jurusan favorit di Universitas Bakrie. Prodi Teknik Sipil Universitas Bakrie sendiri sudah terakreditasi unggul dan tenaga pendidik profesional dan berpengalaman di bidangnya. Kemudian yang tidak kalah penting para mahasiswa juga sudah difasilitasi dengan adanya Laboratorium Terpadu Teknik Sipil untuk praktikum dengan tiga kemampuan analisis, yaitu: analisis mekanika tanah, analisis mekanika bahan konstruksi, dan analisis jalan raya (traffic engineering). 

Dengan bergabung ke Teknik Sipil Universitas Bakrie, kamu bisa meraih mimpimu untuk menjadi seorang ahli sipil dengan pilihan prospek karir yang beragam dan sangat menjanjikan tentunya. Yuk, kunjungi www.bakrie.ac.id  untuk dapatkan informasi dan berita mengenai Prodi Teknik Sipil Universitas Bakrie!