Halo! Di era saat ini di mana teknologi sudah semakin canggih dan maju, pasti kalian juga merasa bahwa kehidupan saat ini tidak mungkin bisa lepas dari gadget, laptop, atau lainnya. Nah, jurusan Sistem Informasi menjadi jurusan yang sangat relate dengan kondisi saat ini, lho! Apa itu sistem informasi dan apa alasan memilih kuliah di Jurusan Sistem Informasi? Pertanyaan ini sering bangat ditanyakan oleh para calon mahasiswa dan sekaligus menunjukkan bahwasanya tidak semua orang memahami jurusan ini dengan baik. 

Maka dari itu, yuk, kita cari tahu bersama!

Apa sih Jurusan Sistem Informasi itu?

Sistem Informasi adalah jurusan yang di dalamnya menggabungkan ilmu komputer dengan bisnis dan manajemen. Kok banyak banget? Ohh ya, for your information guys! Jurusan ini masih satu keluarga juga dengan jurusan Ilmu Komputer dan Teknik Informatika. 

Lalu apa sih yang membedakannya? Jika tertarik pada hal yang berhubungan dengan hardware, maka Ilmu Komputer bisa jadi pilihan yang tepat. Lalu, jika kamu lebih tertarik pada pengembangan software, maka bisa memilih Teknik Informatika. 

Namun, kalau tertarik untuk memahami keduanya sekaligus memahami prospek bisnis dari sebuah produk teknologi, maka Jurusan Sistem Informasi adalah pilihan yang tepat. Nantinya, kalian akan mempelajari bagaimana sih mengidentifikasi kebutuhan dan proses bisnis perusahaan berdasarkan data. Bukan hanya itu saja, kalian juga akan diajarkan bagaimana merancang sebuah sistem yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan sesuai dengan data yang sudah didapatkan.

Para lulusan Sistem Informasi nantinya akan menjawab kebutuhan industri akan pemrograman aplikasi perusahaan, administrasi bisnis, hingga sistem informasi akuntansi dan keuangan. Wah, gokil!

Kira-kira Kemampuan Apa Saja yang Harus Dimiliki?

1. Kemampuan Analisis

Mahasiswa Prodi Sistem Informasi nantinya dituntut untuk bisa melakukan analisa terhadap sebuah perusahaan baik itu kondisi maupun data. Hal ini berhubungan dengan penyelesaian masalah yang ditemukan bagaimana mengumpulkan, mengidentifikasi, menyelesaikan, serta mengambil keputusan berdasarkan dari informasi atau data yang diperoleh.

2. Kemampuan Leadership

Jiwa Kepemimpinan juga diperlukan oleh para Mahasiswa Prodi Sistem Informasi. Mengapa demikian? Karena dalam praktiknya nanti, Sistem Informasi erat berkaitan dengan disiplin ilmu bisnis dan manajemen. Oleh karena itu, akan sangat sering bertemu dengan masalah yang menuntut kita untuk berpikir kritis dan menentukan langkah. Jiwa kepemimpinan sangat diperlukan untuk menentukan keputusan dalam upaya problem solving.

3. Kemampuan Matematika

Program Studi Sistem Informasi sangat berkaitan dengan matematika. Oleh karena itu, kebanyakan mahasiswanya adalah yang berasal dari peminatan IPA, tetapi tidak menutup kemungkinan juga dari IPS maupun SMK terkait. Nantinya, para mahasiswa akan banyak mempelajari tentang statistik, aljabar, kalkulus, serta lainnya. 

Hal inilah yang mengharuskan mahasiswa Sistem Informasi memiliki keahlian terkait matematika. Hal ini berkaitan juga dengan dunia karir para lulusannya, karena bidang karir Sistem Informasi berkaitan erat dengan data-data yang kemudian akan diolah menjadi sebuah statistik dan menuntut akurasi dalam proses atau penghitungannya.

Kuliah Sistem Informasi di Universitas Bakrie

Jurusan Sistem Informasi Universitas Bakrie didukung dengan kurikulum perkuliahan yang selalu diselaraskan dengan perkembangan Information and Communication technology (ICT) dan tenaga pendidik profesional di bidang Sistem informasi. Kemudian, Prodi Sistem Informasi Universitas Bakrie memiliki laboratorium komputer terintegrasi berstandar tinggi untuk menunjang aktivitas praktikum dalam proses perkuliahan..

Dengan bergabung ke Sistem Informasi Universitas Bakrie, kamu bisa mewujudkan mimpimu dengan pilihan prospek karir yang beragam dan menjanjikan. Yuk, kunjungi www.bakrie.ac.id untuk dapatkan informasi dan berita mengenai Prodi Sistem Informasi Universitas Bakrie!