Hai fellas! Pernah dengar apa itu Teknik Informatika? Itu lho jurusan yang katanya lulusannya banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan dan prospek kerjanya tidak akan mati! Wow, afh iyh? Nah, kalo belum pernah dengar, yuk sama-sama baca artikel ini agar semakin mendalami tentang jurusan yang satu ini.

Teknik Informatika adalah jurusan yang condong membahas dan mengulas berbagai teknologi komputer. Maksudnya bagaimana? Ya, mulai dari prinsip-prinsip ilmu komputer, analisa matematis, evaluasi sistem operasi, hingga software development atau pengembangan perangkat lunak. Bagi kamu yang memang tertarik dengan jurusan ini, Teknik Informatika membutuhkan keterampilan logika yang kuat untuk digunakan dalam pengolahan data komputer, karena fokusnya adalah pada teknologi jaringan komputer, software, dan programming.

Alasan Kenapa Lulusan Teknik Informatika Banyak Dicari

Era digitalisasi ini menuntut seluruh sektor memiliki kemampuan di bidang teknologi dan digital. Oleh karena itu, kemampuan di bidang ini sangat dibutuhkan. Kamu bisa mencicipi berbagai macam  profesi, seperti pada bidang analisis data, teknologi komputer, sistem komputer, dan tidak berhenti sampai di situ tentunya banyak pengembangan-pengembangan profesi yang  dinilai akan memiliki peluang karir menjanjikan. 

Selain itu, kini terjadinya peralihan dari sistem traditional marketing menjadi digital marketing juga turut andil meningkatkan permintaan para lulusan unggul di bidang ini, lho. Yaps, betul! Kamu dapat berkarir pada pekerjaan yang berhubungan langsung dalam mendukung digitalisasi tersebut. Misalnya  kamu nantinya bisa menjadi seorang Application Engineer, Data Scientist, Web Developer, dan lain sebagainya.

Apakah hanya itu? Eitts, tunggu dulu. Kamu seorang penggemar game? Pernahkah kamu terpikir siapa orang-orang hebat dibalik pembuatan game tersebut? Yaps, adanya fenomena game online juga telah peluang baru bagi para lulusan jurusan Teknik Informatika. Dengan demikian, profesi-profesi seperti game programmer maupun game developer semakin dibutuhkan oleh industri saat ini dan tentunya ini bisa menjadi lahan untuk menciptakan game buatanmu sendiri. 

Baca juga: Cari Tahu Tentang Program Studi Teknik Informatika di Sini, Yuk!

Apa Saja Prospek Kerja Lulusan Teknik Informatika?

1. Front End Developer

Jika kamu menaruh minat pada jurusan ini pasti tidak asing mendengar profesi ini. Seorang front end developer adalah programmer yang bertugas untuk mengerjakan program yang langsung dilihat oleh pengguna. 

Untuk menjadi seorang front end developer, kamu nantinya akan sangat sering berurusan dengan HTML, CSS, dan pemrograman JavaScript. Lebih lanjut, akan menjadi nilai lebih juga jika kamu mampu menguasai salah satu atau berbagai macam jenis framework JS seperti React, Angular, Vue, CSS Preprocessor, dan lain sebagainya. Makanya kamu harus menguasai yang sudah disebutkan tadi, ya!

2. Back End Developer

Profesi yang satu ini masih saudara kandung dari poin nomor satu. Seorang Back end developer adalah programmer yang bertugas di bagian belakang layar. Ada banyak sekali bahasa pemrograman untuk back end developer seperti Java, Ruby, Python, JavaScript (Node.js) hingga PHP. 

Apa sih yang dikerjakan oleh seorang Back end developer? Seorang  Back end developer akan lebih banyak menangani tentang data dari website termasuk server dan database. Selain itu juga, mereka juga akan bertugas dalam merancang sistem dan API.

3. Software Engineer

Prospek pekerjaan ini adalah salah satu yang diincar oleh para lulusan Teknik Informatika. Ya, menjadi seorang software engineer. Software engineer atau pengembang perangkat lunak sistem komputer adalah orang yang merancang, merencanakan, dan mengimplementasikan prinsip engineering ke pengembangan software.

4. Data Scientist

Wah, tentu kamu sangat tidak asing dengan yang satu ini! Pekerjaan ini selalu dielu-elukan khususnya dalam 10 tahun terakhir ini. Bahkan beberapa kali sempat menjadi tema dari suatu film layar lebar. Apalagi tren pekerjaan ini semakin populer dengan dengan adanya big data

Apa tugas dari seorang Data Scientist? Ya, sesuai namanya, tentunya mereka bertugas dalam menganalisis data untuk pengambilan suatu keputusan tertentu. Untuk itu, mereka harus menguasai banyak sekali kemampuan, seperti pengolahan data dengan Hadoop, penggunaan statistik, pemrograman bahasa R atau Python, dan kekuatan logika.

Kuliah Informatika di Universitas Bakrie

Jurusan Informatika Universitas Bakrie didukung dengan kurikulum perkuliahan yang relevan dengan perkembangan zaman dan tenaga pendidik profesional di bidangnya. Dengan memiliki 3 fokus utama, yakni Multimedia & Database System; Mobile Application & Technology; dan Computer Networking kamu bisa mewujudkan mimpimu dengan pilihan prospek karir yang beragam dan menjanjikan.

Yuk, kunjungi www.bakrie.ac.id untuk dapatkan informasi dan berita mengenai Prodi Teknik Informatika Universitas Bakrie!