Komunikasi merupakan bidang dengan cakupan yang sangat luas, maka peluang karir dari lulusan komunikasi pun sangat terbuka lebar. Saat ini, pekerja di bidang komunikasi sudah sangat banyak dan akan selalu dibutuhkan. Namun, masih banyak yang ragu untuk menambah bekal ilmu dan melanjutkan studi ke Magister Komunikasi. Padahal, dengan meraih gelar magister banyak manfaat yang dapat diraih setelahnya. Yuk, simak penjelasan berikut!

3 Alasan Kenapa Kamu Harus Kuliah Magister Ilmu Komunikasi

1. Perkembangan Ilmu dan Komunikasi yang kian masif

Saat ini, industri komunikasi semakin berkembang dan akan terus berkembang. Dengan melanjutkan pendidikan ke Magister Ilmu Komunikasi, bekal ilmu akan dapat terus bertambah dan kamu bisa beradaptasi dengan perkembangan trend komunikasi. Ilmu yang dipelajari juga dapat diimplementasikan untuk memprediksi perkembangan komunikasi di masa depan. 

Perlu diingat bahwa Ilmu Komunikasi bukan sekadar soft skill ‘berbicara’ saja ya! Konsentrasi seperti komunikasi pemasaran dan branding, komunikasi korporat, dan komunikasi di media digital merupakan implementasi dari perkembangan komunikasi yang kian masif. 

Kuliah Magister Ilmu Komunikasi dapat membuka peluang agar kamu dapat terbekali dengan wawasan profesional yang akan terus mengikuti perkembangan industri komunikasi. Hal ini dapat membuat kamu semakin matang dan mampu berkarir pada level manajerial di berbagai perusahaan maupun sebagai expert dengan kemampuan strategic thinking dan creative di bidang komunikasi. 

2. Magister Ilmu Komunikasi punya prospek kerja yang sangat luas

Latar belakang komunikasi yang luas serta didukung dengan kamu yang memiliki gelar Magister Ilmu Komunikasi akan sangat berdampak pada jenjang karir. Sebagai lulusan magister, kamu tidak hanya matang secara teori tetapi juga praktik secara profesional, memiliki keunggulan kompetitif serta kemampuan untuk terus beradaptasi dengan industri. 

Terkhusus, Magister Ilmu Komunikasi selalu memiliki konsentrasi yang relevan dengan prospek kerja seperti dalam fokus Marketing and Branding Communication, para lulusan akan dibekali kompetensi dalam membangun strategi marketing dan branding, menjalankan riset insight customer, culture dan lifestyle, dan lain-lain. 

Prospek dalam bidang Corporate Communication and Public Affairs juga akan selalu dibutuhkan dalam jangka panjang. Kemampuan seperti adaptif terhadap tuntutan perkembangan industri, mampu mengembangkan konsep CSR, dan corporate branding management akan meningkatkan peluang karir yang lebih luas. Selanjutnya, industri komunikasi tentunya tidak akan terlepas dari media digital. Maka prospek karir dalam bidang perusahaan media, broadcasting & production akan memperluas bekal ilmu kamu untuk jangka panjang. 

Selain itu, keterampilan seperti media management, content media analytics, social media engagement, consumer behavior akan sangat menjanjikan dalam prospek kerja industri komunikasi. 

3. Meningkatkan value dan nilai jual

Dengan berkuliah dan menjadi lulusan Magister Ilmu Komunikasi, kamu akan menjadi selangkah lebih maju dari sebelumnya atau bahkan dari yang lainnya. Tentunya bekal ilmu yang didapatkan semakin beragam, serta kemampuan soft skill maupun hard skill akan semakin meningkat yang kemudian hal itu akan meningkatkan value dan nilai jual di tengah masifnya perkembangan industri komunikasi. 

Kamu tidak perlu ragu lagi dengan kemampuan diri sendiri, kamu dapat menerapkan ilmu yang telah didapatkan ketika berkuliah. Dengan value dan nilai jual yang meningkat, kebutuhan tenaga kerja profesional juga akan semakin dibutuhkan dan menjadi lulusan Magister Ilmu Komunikasi akan membuat perusahaan lebih tertarik dan melirik kamu untuk mengembangkan berbagai bidang komunikasi.

Semakin siap untuk berkuliah di Magister Ilmu Komunikasi? Pastikan kamu berkuliah di Kampus yang memiliki metode pembelajaran, lokasi, konsentrasi yang up-to-date yah! Tak perlu bingung, yuk, daftarkan dirimu di Magister Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie!