Hello, siapa nih yang bercita-cita ingin jadi anak Manajemen? Yaps, bukan rahasia lagi kalau program studi yang satu ini memang laris manis diambil oleh anak-anak SMA atau sederajat setelah lulus. Kenapa begitu ya? Lulusan Manajemen sudah sejak lama dianggap punya prospek kerja yang luas dan dapat masuk ke hampir seluruh sektor dan industri perusahaan. Bahkan, lulusan Manajemen juga bisa, lho, menjadi seorang wirausahawan dan membangun bisnis mereka sendiri.
Namun, kamu sudah yakin belum dengan pilihan untuk berkuliah di jurusan Manajemen? Udah tau ada peminatan apa saja yang bisa kamu pelajari nantinya?
Simak pembahasan kali ini, yuk, agar kamu semakin mantap, Let’s Go!
Berkenalan dengan Jurusan Manajemen
Manajemen merupakan ilmu yang mempelajari tentang bagaimana mengatur dan mengelola suatu perusahaan agar mencapai tujuan atau target yang telah ditentukan. Singkatnya, Ilmu Manajemen mempelajari bagaimana metode yang seharusnya dipakai untuk mengelola organisasi atau perusahaan agar lebih baik lagi.
Baca juga: 7 Prospek Kerja Jurusan Manajemen yang Wajib Kamu Tahu
Ada Peminatan Apa Saja ya di Jurusan Manajemen?
1. Manajemen Sumber Daya Manusia
Konsentrasi Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) atau biasa disebut human resources akan mempelajari mengenai pengembangan produktivitas, pemberdayaan personalia, kepuasan kerja, kesejahteraan dan keselamatan, dan lain-lain.
Konsentrasi ini akan sangat cocok untuk mereka yang memiliki minat dalam mengelola hubungan manusia maupun organisasi dalam suatu lingkungan kerja di dalam perusahaan atau bisnis.
Untuk konsentrasi manajemen SDM lebih mengarah pada cara yang dilakukan untuk memberdayakan karyawan sebaik-baiknya, meningkatkan produktivitas sampai dengan menyehatkan psikologi karyawan.
2. Manajemen Keuangan
Konsentrasi ini berfokus pada bidang untuk mengelola keuangan perusahaan dengan baik. Jenis ini akan cocok dipakai bagi kamu yang suka menghitung. Nantinya, kamu akan mempelajari bagaimana cara mengontrol keuangan, sampai peningkatan keuangan untuk perusahaan. Yaps, manajemen keuangan ini juga akrab dikenal dengan sebutan finance.
3. Manajemen Pemasaran
“Sungguh mati, aku jadi Pemasaran…”
Hmm, sepertinya ada yang salah dengan lirik lagu ini ya. Hahaha.
Konsentrasi ketiga adalah Manajemen Pemasaran. Di konsentrasi ini, nantinya kamu akan lebih mempelajari seluk beluk mengenai dunia pemasaran pastinya. Mulai dari riset pesaing, analisa pasar, strategi yang dipakai untuk produkmu, forecasting, hingga branding akan kamu pelajari.
Kamu orang yang suka tantangan? Atau gemar dan memiliki jiwa kewirausahaan? Konsentrasi ini akan sangat cocok untukmu! Sebab, alur pasar bisnis yang selalu berubah-ubah alias dinamis akan sering dihadapi oleh pebisnis. Terutama tren yang terus berganti dan berkembangnya digital marketing saat ini. Kamu dituntut harus adaptif dengan kondisi bisnis yang ada.
4. Manajemen Operasi
Manajemen Operasi atau biasa lebih dikenal dengan operasional adalah konsentrasi keempat dalam jurusan Manajemen. Fokus konsentrasi ini yaitu berkaitan dengan produk akhir dari perusahaan atau bisnis. Mereka yang mengambil konsentrasi ini akan lebih banyak mempelajari kualitas produk (standarisasi mutu) sampai dengan cara pendistribusian yang tepat.
Konsentrasi ini juga akan mempelajari bagaimana proses pengoperasian yang efektif. Contohnya adalah manajemen logistik, manajemen proyek, manajemen perusahaan, dan lainnya.
5. Manajemen Strategik
Manajemen strategik adalah konsentrasi dari jurusan manajemen yang fokus pada proses dalam pengambilan keputusan, menerapkan tindakan, dan mengevaluasi agar bisa mencapai tujuan baik jangka pendek maupun jangka panjang perusahaan.
Konsentrasi ini memiliki banyak irisan dengan Manajemen Bisnis tapi tidak menutup kemungkinan beririsan dengan konsentrasi lainnya, maka tidak jarang di sejumlah perguruan tinggi kerap digabung dalam prosesnya. Dalam konsentrasi ini, secara mendalam kamu akan belajar bagaimana mengevaluasi dan juga mengontrol internal bisnis, melakukan analisis kompetitor, serta menetapkan strategi untuk bisa bersaing dengan baik.
Kuliah di Jurusan Manajemen Universitas Bakrie
Program studi manajemen merupakan program studi pertama saat masih bernama Bakrie School of Management (BSM) di tahun 2006 dan hingga saat ini menjadi salah satu prodi unggulan di Universitas Bakrie. Program Studi Manajemen telah memenuhi syarat predikat Akreditasi Baik Sekali. Lalu, pada tahun 2013, prodi manajemen meraih predikat “The Best School of Management” dari MIX Marketing Communications Magazine (SWA Group). Prodi Manajemen Universitas Bakrie juga secara konsisten menekankan metode pembelajaran Experience The Real Things yang dipadukan dengan sejumlah metode unggulan seperti positive business dan design thinking.
Nah, semakin mantap kan untuk kuliah jurusan Manajemen? dengan menjadi mahasiswa Program Studi Manajemen di Universitas Bakrie kamu dapat mempelajari seluruh konsentrasi yang telah dijelaskan sebelumnya sesuai dengan minat kamu, tentunya dengan dukungan para praktisi dan dosen-dosen yang berpengalaman di bidangnya. Yuk, kunjungi www.bakrie.ac.id untuk dapatkan informasi dan berita mengenai Prodi Manajemen Universitas Bakrie!