Corporate Public Relations merupakan salah satu praktik komunikasi yang bertujuan untuk membangun dan mempertahankan hubungan baik sebuah perusahaan dengan publik termasuk pelanggan, pemegang saham, karyawan, pemerintah, media massa bahkan masyarakat umum.

 Corporate Public Relation bertanggung jawab untuk memberikan citra positif terhadap perusahaan dengan selalu melibatkan strategi untuk mempengaruhi persepsi dan opini publik terhadap suatu perusahan beserta produknya serta mengelola isu dan krisis yang berpotensi mempengaruhi jalannya perusahaan. 

Umumnya Corporate Public Relation lebih dekat dengan media massa dalam penyampaian materi informasi dan publikasi, pelaksanaan konferensi pers, penyedia informasi yang ingin ditujukan ke publik, sampai ke pengembangan dan pelaksanaan kampanye promosi dan iklan. Karena tujuan utama dari Corporate Public Relations tentunya untuk tetap menjaga reputasi perusahaan juga mempromosikan hubungan yang sehat dan produktif suatu perusahaan. 

Bagaimana Fungsi dan Ruang Lingkup Corporate Public Relations dalam Bekerja?

Sebagai salah satu profesi yang menjadi kebutuhan perusahaan, tentunya Corporate Public Relations memiliki fungsi yang sangat krusial serta ruang lingkup kerja yang bervariasi. 

1. Membangun citra perusahaan

Sebagai Corporate Public Relations, tanggung jawab untuk membentuk citra positif perusahaan merupakan fungsi utama yang harus dijalankan. Corporate Public Relations harus memastikan bahwa perusahaan memiliki pesan yang konsisten dan mudah dipahami untuk disampaikan kepada publik.

2. Menangani krisis

Corporate Public Relations harus siap untuk menghadapi serta menangani krisis yang bisa saja terjadi di suatu perusahaan sewaktu-waktu. Krisis tersebut bisa berupa kecelakaan kerja, kegagalan produk, maupun masalah lainnya. Profesi ini harus melakukan koordinasi dengan berbagai pihak baik secara internal maupun eksternal untuk menyelesaikan krisis dan memastikan agar citra perusahaan tetap terjaga.

3. Membangun hubungan dengan media

Corporate Public Relations memiliki ruang lingkup yang harus dekat dan selalu membangun hubungan yang baik dengan media. Suatu perusahaan tentunya akan selalu berkaitan dengan media dalam menginformasikan sesuatu, maka disini Corporate Public Relations akan berperan dalam menyediakan informasi, mengorganisir kegiatan publikasi perusahaan bahkan hingga menjawab pertanyaan dari media secara langsung.

4. Menyusun strategi komunikasi untuk meningkatkan engagement publik

Corporate Public Relations akan mengembangkan strategi komunikasi yang efektif dengan menentukan sistem komunikasi yang tepat agar engagement publik terhadap perusahaan juga dapat berkembang.

5. Memantau opini publik

Last but not least, Corporate Public Relations harus selalu melakukan pengecekan dan survey secara terbuka maupun tertutup agar dapat memastikan opini publik tidak berdampak ke perusahaan.

Skill Apa yang Harus Dimiliki Corporate Public Relations?

1. Public Speaking

Sebagai profesi yang dekat dengan publik serta media dan pemangku kebijakan lainnya, Corporate Public Relations harus memiliki kemampuan public speaking agar bisa menyusun strategi komunikasi, melakukan komunikasi secara langsung bahkan menjadi ‘juru bicara’ perusahaan.

2. Communication

Skill komunikasi sangat dibutuhkan dalam membangun hubungan baik dengan eksternal yaitu publik dan media maupun hubungan baik dengan internal. Koordinasi antar divisi dalam perusahaan juga menjadi salah satu tanggung jawab Corporate Public Relations.

3. Writing

Tidak hanya menjadi juru bicara perusahaan, Corporate Public Relations juga memiliki tugas untuk membuat press release dan menyiapkan informasi untuk media. Bahkan, merancang program iklan dan promosi perusahaan juga bisa dilakukan oleh Corporate Public Relations, lho!

Advance Your Career with Magister Manajemen Universitas Bakrie!

Cabang dari Ilmu Komunikasi ini terus berkembang dengan peluang karir level yang luas. Profesi Corporate Public Relations menjadi kebutuhan utama suatu perusahaan. Jika kamu memiliki ketertarikan dengan Corporate Public Relations, pastikan kamu menyiapkan bekal ilmu yang terfokus pada bidang Corporate Communication

Magister Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie hadir untuk memadukan teori dan praktik secara profesional untuk menjawab tantangan perkembangan komunikasi dan dinamika lingkungan bisnis media. Pilih konsentrasi Corporate Communication and Public Affairs untuk fokus pada minat kamu dalam Corporate Public Relations. Daftarkan dirimu segera!