Di zaman digitalisasi saat ini, kita semua sadar bahwa media sosial hadir dengan peranannya yang sangat powerful. Semua hal bisa dilakukan secara online dan semua orang memiliki caranya masing-masing dalam bermedia sosial. Media sosial dapat digunakan untuk membangun personal branding, menyebarkan informasi bahkan sampai berjualan dan bertransaksi. Keberadaan sosial media membuat para penggunanya tentu harus melakukan ‘treatment’ spesial untuk mengoptimalkannya atau Social Media Optimization.

Kenalan dengan Social Media Optimization, Yuk!

Sebagai pemilik akun media sosial, kamu tentunya akan membuat konten untuk diunggah kan? Social Media Optimization merupakan salah satu strategi social media marketing yang dapat digunakan untuk menjangkau audience secara efektif untuk konten yang kamu buat. Singkatnya, Social Media Optimization atau SMO merupakan teknik pengoptimalan sosial media untuk meningkatkan traffic, mengelola dan meningkatkan media sosial. 

Social Media Optimization akan memberikan keuntungan untuk konten yang kamu buat dan dapat digunakan untuk akun personal maupun akun bisnis dan perusahaan. Dengan melakukan SMO, konten yang kamu buat bisa menghasilkan engagement yang lebih besar karena metode yang digunakan akan mempengaruhi visibilitas konten. 

Dengan begitu, audience akan lebih mudah menemukan konten tersebut dan traffic konten akan jauh lebih meningkat. Selain itu, SMO juga akan sangat cocok digunakan sebagai brand awareness maupun strategi penjualan suatu brand. Kembali lagi, sosial media di zaman sekarang sangat berpengaruh!

Pahami 4 Langkah ini untuk Social Media Optimization Akunmu!

1. Analisis 

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk menjalankan Social Media Optimization adalah melakukan analisis terhadap target audience yang akan kamu tuju. Analisis ini mencakup beberapa hal seperti menentukan platform sosial media yang sesuai dengan audience dan memperhatikan segmentasi audience

Selain itu, jangan lupa untuk melakukan analisis terhadap kompetitor. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui jenis konten yang seperti apa yang menjadi ciri khas kamu dibanding kompetitor.

2. Optimalisasi Akun

Tampilan akun bisa menjadi cerminan diri, lho! Pastikan kamu melakukan optimalisasi akun terlebih dahulu. Bangun first impression yang baik dengan membuat username yang sesuai, memaksimalkan pemilihan foto profil akun, menulis bio yang menarik, dan merancang welcoming content yang eye catching. Pastikan juga optimalisasi akun kamu tetap informatif yaa!

3. Memaksimalkan Strategi Konten

Social Media Optimization tentunya memerlukan strategi konten yang benar. Dari awal, tentukan content pillar yang akan dieksekusi. Perhatikan juga originalitas konten yang kamu buat. Bangun ciri khas terhadap konten yang dihasilkan yang bisa menjadi keunikan yang hanya ada di media sosial kamu. 

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan tools tambahan seperti hastag dalam setiap postingan dan memperhatikan jadwal posting. Selalu ingat, consistency is a must!

4. Monitoring

Setelah ketiga langkah tersebut dilakukan dan konten sudah di posting, jangan pernah lupa untuk melakukan monitoring secara berkala. Langkah terakhir ini sangat penting agar kamu dapat mengetahui seberapa banyak konten kamu di-reach oleh audience

Kamu juga bisa menilai bagaimana traffic dan engagement konten, apakah konten yang dibuat menarik dan memungkinkan untuk dilanjutkan, atau apakah audiens tertarik dan melakukan interaksi di konten tersebut. Monitoring dapat dilakukan dengan membaca data dari fitur sosial media tertentu secara langsung. 

Pastikan kamu melakukan Social Media Optimization dengan 4 langkah diatas. Lakukan secara berulang dan tentunya secara konsisten. Tertarik untuk mendalami Social Media Optimization lebih lanjut? Atau mau mendalami dunia komunikasi beserta srateginya lebih mendalam? Kuliah di Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie!