Halo! Apakah kamu bercita-cita di masa depan ingin menjadi seorang pengusaha? Hmm, menjadi seorang pengusaha mungkin hal yang cukup umum saat ini. Tapi apakah kamu pernah mendengar istilah Technopreneur? Namanya mirip dengan entrepreneur sih, memangnya ada hubungannya? Kira-kira apa ya arti Technopreneur?

Eitss, tenang saja kawan! Nih, kita kasih jawabannya untuk kamu. Secara sederhana, technopreneur dikatakan sebuah ilmu bisnis yang digabungkan dan kembangkan dengan memanfaatkan teknologi.  Masih bingung ya? Sudah ikuti artikel ini terus ya, kawan! Let’s Go!

Ini Dia Pengertian dari Technopreneur!

Mari kita mulai dengan mengetahui dulu pengertian Technopreneur. Istilah Technopreneur hadir karena adanya penggabungan dua kata yaitu technology dan entrepreneur. Artinya apa bang Messi? artinya technopreneur adalah seseorang yang membuat sebuah peluang usaha dengan memanfaatkan teknologi yang sedang berkembang pesat saat ini. Dalam dunia entrepreneurship, teknologi dianggap sebagai sebuah “peluang” yang dapat diidentifikasi dan digunakan untuk membuat, mengelola, dan mengembangkan suatu usaha yang tujuan utamanya adalah memperoleh keuntungan.

Dari karakteristik di atas, dapat dikatakan bisnis ini sangat cocok untuk diterapkan para generasi millenial bahkan Gen-Z. Mengapa demikian? Yaps, para generasi ini dianggap memiliki peluang yang lebih besar, karena memiliki pengetahuan yang lebih baik teknologi serta penerapannya, sehingga jauh lebih inovatif.

Terobosan ini menciptakan sebuah dunia baru dalam berbisnis, karena fokus dari Technopreneur adalah mengembangkan bisnisnya berbasis dan terintegrasi dengan teknologi. Sedangkan, Entrepreneur fokusnya adalah bagaimana menciptakan inovasi bisnis dan menciptakan peluang usaha yang ujung-ujungnya adalah meningkatkan revenue.  Contoh dari Entrepreneur adalah mengedepankan pada mutu produk yang tidak dibarengi dengan pemanfaatan teknologi, misalnya adalah bisnis toko baju. Sebaliknya, seorang Technopreneur akan menjadikan toko baju ini dapat dijangkau dengan mudah oleh pelanggan dalam pemesanan misalnya dengan membuat aplikasi.

Apa sih Tujuan dari Technopreneur ini?

Secara umum, tujuan utama menjadi Technopreneurship adalah memaksimalkan potensi bisnis dengan mengintegrasikan kecanggihan teknologi. Adanya pemanfaatan teknologi dapat meringankan beban pekerjaan manusia. Adapun rincian tujuannya sebagai berikut:

1. Menyelesaikan masalah sehari-hari

Sebuah bisnis yang berbasis pada integrasi teknologi sudah jelas membantu menyelesaikan berbagai masalah di sekitar dan menjadi solusi yang dicari oleh masyarakat karena dianggap memudahkan. Contohnya adalah menggunakan aplikasi untuk memesan makanan karena kita tidak perlu keluar rumah untuk membelinya. 

2. Mendorong kemajuan teknologi

Kehadiran bisnis ini juga mendorong pesatnya kemajuan teknologi. Tentunya, bukan tidak mungkin di masa yang akan datang akan memicu hadirnya teknologi baru yang bermunculan untuk menggantikan yang terdahulu. Contohnya adalah forum jual beli online yang sangat marak muncul seperti Tokopedia dan Shopee, jika dahulu kita mengenal adanya Kaskus. 

4. Mendongkrak perekonomian

Munculnya berbagai bisnis berbasis teknologi ini selain bisa menyerap ribuan tenaga kerja baru, tentunya secara langsung akan berdampak pada peningkatan pendapatan negara yakni dengan adanya penerapan pajak.

Skill Apa Saja yang Harus Dimiliki Seorang Technopreneur?

1. Memiliki minat dan pengetahuan yang baik di teknologi

Pertama, kamu harus mulai membangun minat dan kesadaran akan perkembangan teknologi yang terus berkembang setiap waktu.  Sehingga, bisnis kamu nantinya akan terus relevan dengan perkembangan zaman dan adaptif.

2. Mengedepankan teamwork dan kemampuan problem solving yang baik

Kedua, dalam bisnis sangat jarang kamu dapat merintis usahamu sendiri. Tentunya kamu akan berjejaring dengan banyak rekanan nantinya untuk membuat bisnismu dapat terwujud dan bertahan. Hal ini karena dalam bisnis kamu pasti memerlukan bantuan, keahlian, dan ide dari berbagai pihak. Ketiga hal ini nantinya akan berimplikasi pada proses penyelesaian masalah yang ada di bisnis kamu nantinya. Sehingga, kamu akan mendapatkan solusi yang terbaik agar bisnismu tidak sampai gulung tikar atau shut down.

Kuliah Sistem Informasi di Universitas Bakrie

Nah, setelah mengetahui sejumlah informasi mengenai Technopreneur kamu pasti semakin tertarik ya, kawan? Tentu saja dong, karena dengan perkembangan teknologi saat ini yang sangat pesat menjadi seorang technopreneur bisa menjadi solusi yang baik untuk kamu yang ingin memiliki usaha sendiri dan mempunyai minat pada bidang teknologi. Dengan bergabung ke Prodi Sistem Informasi Universitas Bakrie, kamu bisa loh mewujudkan mimpimu menjadi seorang technopreneur di masa yang akan datang. Yuk, kunjungi www.bakrie.ac.id  untuk dapatkan informasi dan berita mengenai Prodi Sistem Informasi Universitas Bakrie!