Apakah kalian adalah orang yang tertarik dengan web design? Wah, tapi pernahkah terbesit di benakmu siapa ya orang di balik layar yang merancang web design tersebut sehingga nyaman untuk kita sebagai User? Yaps, mereka adalah tugas dari para UI dan UX Designer kawan-kawan.

Tentunya kalian sudah sering mendengar ya dengan istilah UI (User Interface) dan UX (User Experience) ini. Baik UI maupun UX memiliki fungsi yang sama yakni untuk mengembangkan desain produk dalam suatu website atau aplikasi.

Namun, walaupun keduanya merupakan istilah yang sering digunakan dan mirip, bukan berarti keduanya memiliki fungsi yang sama loh! Keduanya memiliki perbedaan secara teknis dalam urusan tugas. 

Yuk,  simak artikel ini terus dan tahu perbedaan lebih jauh dari keduanya!

Apa itu UI dan UX Designer?

Nah, mari kita cari tahu apa itu UI dan UX designer terlebih dahulu. UI designer adalah sebuah profesi yang memastikan sebuah tampilan aplikasi atau website sudah dengan tujuan proyek yang dikembangkan kepada pengguna atau user. Secara sederhana, UI designer dapat dikatakan sebagai orang yang mendesain tampilan antarmuka (interface layout) sebuah aplikasi atau website. Otomatis UI designer akan berkaitan erat dengan grafis, tata letak, dan aspek desain fisik lainnya.

Sementara, UX designer adalah sebuah profesi yang bertugas untuk memastikan sebuah aplikasi berjalan dengan logika yang jelas dan relevan sesuai kebutuhan user atau pengguna. Secara sederhana, UX designer adalah orang yang mendesain dari sudut pandang pengalaman pengguna. Yaps, sudah pasti indikator para UX designer adalah melalui tingkat kerumitan atau kemudahan dalam penggunaan sebuah aplikasi atau website.

Keahlian Apa yang Harus Dipunya untuk Menjadi UI dan UX Designer?

Setelah mengetahui pengertian dan perbedaan antara UI/UX designer. Sekarang saatnya kita cari tahu bersama skill-skill apa saja ya yang harus dikuasai oleh mereka. Secara umum ruang lingkup antara UI dan UX dapat dikatakan mirip, sehingga dari sisi skill memiliki kemiripan! Nah, beberapa keterampilan tersebut, antara lain: 

  1. Seorang UI/UX designer harus mampu menguasai kemampuan teknis dalam aplikasi proyek desain seperti Wireframe atau InVision dan juga kemampuan teknis mendesain aplikasi;
  2. Seorang UI/UX designer juga harus memiliki selera dan kemampuan dalam desain grafis seperti menggunakan Adobe Photoshop, Illustrator, ataupun Figma;
  3. Seorang UI/UX designer juga harus memiliki keterampilan komunikasi dan presentasi yang sama baiknya, karena mereka akan banyak bersinggungan dengan para client dan user;
  4. Seorang UI/UX designer juga harus memiliki semangat dan mengedepankan pola kerja kolaboratif, karena pekerjaan mengembangkan suatu aplikasi atau website adalah pekerjaan tim serta memerlukan kemampuan manajemen waktu yang ciamik.

Tugas UI dan UX Designer

Selanjutnya ini tentu yang kalian tunggu-tunggu ya kawan! Pastinya kalian penasaran sebenarnya seperti apa sih pekerjaan atau tugas yang dilakukan oleh seorang UI/UX designer. Berikut ini beberapa deskripsi pekerjaan dari dua profesi yang dianggap menjadi salah satu pekerjaan dengan penghasilan terbesar ini.

1. UX Designer

Tugas utama UX designer adalah merancang sebuah tampilan pada aplikasi ataupun website di mana produk atau layanannya dapat berfungsi dengan baik dan memiliki kemudahan akses oleh para penggunanya. Seorang UX designer juga akan akrab dengan riset pengguna. Hal ini dilakukan untuk menciptakan evaluasi dan pengembangan terhadap  user flows dan wireframe. Ohh satu hal lagi! Membuat prototipe dan melakukan sejumlah tes pengguna adalah salah satu kegiatan yang pasti dilakukan oleh seorang UX designer ketika sedang mengembangkan suatu produk.

2. UI Designer

Tugas utama UI designer adalah menghidupkan rancangan yang sudah dibuat oleh para UX designer dan mengaplikasikannya pada layouting interface dari sudut pandang pengguna dengan harapan akan menghasilkan desain yang menarik mata pengguna secara visual dan tetap mudah untuk diakses. Seorang UI designer akan sering melakukan analisa pada tampilan dan nuansa produk untuk menentukan tipografi, tombol/simbol, dan color palette. Mereka juga harus dapat membuat desain yang interaktif seperti dengan adanya permainan animasi. 

Bagaimana semakin tertarik untuk menjadi seorang UI/UX Designer? Dengan bergabung ke Prodi Sistem Informasi Universitas Bakrie, kamu bisa loh mewujudkan mimpimu menjadi seorang UI/UX designer di masa yang akan datang. Yuk, kunjungi www.bakrie.ac.id  untuk dapatkan informasi dan berita mengenai Prodi Sistem Informasi Universitas Bakrie!