Kini pilihan jurusan di berbagai bidang ilmu untuk melanjutkan ke jenjang Universitas di sudah sangat beragam dan sangat menjanjikan untuk prospek di masa depan. Namun, di antara banyaknya jurusan ini, sejumlah jurusan kerap memiliki korelasi dan irisan dengan jurusan sejenis. Tidak terkecuali dari rumpun teknik yang satu ini teman! Yaps, mereka adalah jurusan Teknik Sipil dan Jurusan Arsitektur. 

Jurusan Teknik SIpil dan Arsitektur dapat dikatakan menjadi dua jurusan yang memiliki peminat tinggi di Indonesia. Kedua jurusan ini menjadi bidang ilmu yang selalu relevan atau dekat dengan perkembangan kehidupan manusia, khususnya dalam hal pembangunan atau infrastruktur penunjang kehidupan. Namun, apakah kamu sudah mengetahui perbedaan kedua jurusan ini? 

Yuk, kita cari tahu bersama lewat artikel berikut ini. 

Mari Berkenalan dengan Teknik Sipil

Civil engineering atau Teknik SIpil adalah salah satu rumpun jurusan Teknik yang mana merupakan cabang ilmu rancang bangunan untuk memenuhi kebutuhan bangunan dan infrastruktur masyarakat atau publik. 

Teknik sipil juga dianggap sebagai salah satu ilmu tertua yang sudah lama dipelajari dan dipraktikkan dalam kehidupan manusia. Bangunan-bangunan bersejarah di dunia, seperti Tembok Besar Cina, Piramida Mesir, Colosseum di Italia, dan lainnya lahir dari penerapan cabang ilmu ini. Ilmu ini juga merupakan perpaduan antara ilmu fisika, matematika, geologi, biologi, dan lingkungan lho. 

Nantinya, kamu akan mempelajari penerapan dan perkembangan di lingkup teknik sipil, seperti mempelajari struktur bangunan, fondasi, bahan baku atau material yang cocok, sumber daya air. Sehingga, infrastruktur-infrastruktur yang  dibangun seperti gedung perkantoran, jembatan, jalan raya, perumahan, dan fasilitas-fasilitas lainnya dapat bermanfaat bagi publik.

Baca juga: Kamu Berminat dan Penasaran Teknik Sipil Belajar Apa Saja Ini Penjelasannya

Nah, Kalau Jurusan Arsitektur?

Jurusan Arsitektur merupakan salah satu cabang ilmu teknik juga yang lingkup pekerjaannya adalah perancangan dan perencanaan bangunan. Sama saja dong kalau begitu dengan Teknik Sipil? Tidak salah juga, tetapi Arsitektur merupakan ilmu terapan dari perpaduan ilmu teknik dengan seni

Di sinilah letak perbedaannya, Ilmu Arsitektur merupakan disiplin ilmu teknik yang berdekatan dengan antar disiplin ilmu lain. Hal ini disebabkan karena Arsitektur berkaitan dengan desain, perencanaan konstruksi, pengoperasian bangunan, hingga sistem lingkungan.

Ilmu Arsitektur mengedepankan perpaduan antara nilai estetika dan nilai fungsional. Maksudnya bagaimana? Yaps, tujuannya adalah mampu menghasilkan bangunan yang fungsional, tetapi memiliki penampilan yang estetik atau indah. Hal ini juga yang menjadikan karya arsitektur dianggap juga sebagai karya seni, misalnya seperti Menara Eiffel di Perancis. 

Persamaan dan Perbedaan Teknik Sipil dengan Arsitektur

Setelah mengetahui pengertian dari dua jurusan ini teman. Tentunya, kalian pasti penasaran ya dengan persamaan dan perbedaannya. Dengan mengetahui persamaan dan perbedaan ini, tentunya kalian bisa semakin yakin nih untuk memilih sesuai dengan minat kalian. Let’s Go!

1. Persamaan

Jurusan Teknik Sipil dan Arsitektur sama-sama merupakan rumpun bidang ilmu teknik. Sehingga, nantinya mahasiswa akan akrab dengan sejumlah mata kuliah yang berbasis matematika, fisika, dan teknologi terapa  ya teman!

Kedua jurusan ini akan menuntut mahasiswanya memiliki kemampuan untuk menganalisis dan ketelitian. Hal ini akan sangat berguna untuk memperhitungkan faktor-faktor resiko, keamanan konstruksi, hingga perhitungan anggaran. 

Selain itu, keterampilan pengelolaan proyek dan kemampuan memimpin juga dibutuhkan oleh kedua jurusan ini. Faktor ini nantinya akan berhubungan dengan pengelolaan dan pemantauan proyek hingga proses negosiasi kontrak (team pitching) dengan klien.

2. Perbedaan

Perbedaan mendasar antara Teknik Sipil dengan Arsitektur sudah jelas terletak pada dasar-dasar dari setiap disiplin ilmu dan peran keduanya dalam pembangunan fisik infrastruktur. Perbedaan-perbedaannya, antara lain:

  • Dari sisi keterlibatan proyek, Teknik Sipil akan lebih luas, karena bisa dilibatkan mulai dari bangunan, transportasi hingga sistem pengelolaan air. Sedangkan, Arsitektur akan lebih tersegmentasi pada proyek-proyek yang berkaitan dengan bangunan atau perancangan konstruksi estetik seperti rumah hingga monumen.
  • Dari sisi timeline keterlibatan pekerjaan, Arsitektur memiliki keterlibatan di bagian awal proyek/perancangan/pra-konstruksi. Sedangkan, Teknik Sipil bekerja tepat setelah proses perancangan selesai dan mewujudkan konstruksi fisiknya. Walaupun dalam praktiknya, keduanya kerap bekerja bersama dalam tahap perancangan di situasi dan kondisi tertentu. 
  • Dari sisi hubungan pekerjaan, Teknik Sipil umumnya lebih banyak keterlibatan dalam pekerjaan konstruksi dan melibatkan banyak orang, karena mengelola pekerja hingga para insinyur dari beragam latar belakang keilmuan seperti teknik mesin atau teknik lingkungan. Sedangkan, Arsitektur minim keterlibatan dalam pekerjaan konstruksi karena lebih banyak bekerja dalam ruangan/studio untuk merancang serta memungkinkan bekerja sendiri atau hanya tim kecil. 

Kuliah Teknik Sipil di Universitas Bakrie!

Bagaimana? Setelah membaca tulisan ini kamu menjadi lebih terbuka ya tentang perbedaan Teknik Sipil dan Arsitektur. Program Studi Teknik SIpil di Universitas Bakrie dapat menjadi pilihanmu untuk mewujudkan mimpi menjadi seorang ahli sipil terkemuka. Program Studi Teknik Sipil Universitas Bakrie telah menjadi salah satu jurusan unggulan dan terfavorit karena telah terakreditasi Unggul oleh BAN-PT. Selain itu, dengan dukungan fasilitas laboratorium terpadu dan tenaga pendidik unggulan.

Yuk, kunjungi www.bakrie.ac.id  untuk dapatkan informasi dan berita mengenai Prodi Teknik Sipil Universitas Bakrie!