Corporate Social Responsibility atau Program CSR adalah suatu konsep dimana perusahaan bertanggung jawab atas dampak sosial dan lingkungan yang dihasilkan oleh kegiatan bisnisnya seperti masalah polusi, limbah, sampai masalah keamanan. Dalam hal ini, perusahaan wajib bertanggung jawab terhadap seluruh stakeholders meliputi karyawan, konsumen, pemegang saham, pemerintah, masyarakat serta lingkungan. 

Program CSR Wajib, Tujuannya Untuk Apa?

Adapun peraturan yang mewajibkan perusahaan melakukan CSR tertulis pada Peraturan Pemerintah atau PP Nomor 47 Tahun 2012 Tentang Tanggung Jawab Social dan Perseroan Terbatas. Disebutkan pada Pasal 2 dan 3 PP tersebut "setiap perseroan selaku subjek hukum mempunyai tanggung jawab sosial dan lingkungan.

Secara general, program CSR bertujuan sebagai bentuk kontribusi nyata untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan lingkungan. Program CSR memiliki konsep utama untuk menciptakan sustainability atau keberlanjutan dalam seluruh kegiatan bisnis dengan tetap menyimbangkan kepentingan ekonomi, sosial, serta lingkungan. Sehingga dengan melakukan program CSR, perusahaan dapat memberikan dampak positif pada masyarakat serta lingkungan sekitar. 

Dengan program CSR, perusahaan juga dapat meningkatkan kinerja keuangan perusahaan dengan menarik investor yang peduli dengan dampak sosial dan lingkungan. 

Dengan program Corporate Social Responsibility, terdapat beberapa bentuk implementasi secara langsung yaitu,

1. Konsumen

Dalam hal ini, konsumen menggunakan material yang ramah lingkungan dan tidak berbahaya.

2. Karyawan

Terdapat persamaan dan persatuan hak maupun kewajiban seluruh karyawan tanpa membedakan suku, agama, ras, budaya serta golongan tertentu.

3. Komunitas dan Lingkungan

Dapat diimplementasikan dalam bentuk kegiatan kemanusiaan maupun kegiatan yang berdampak positif terhadap lingkungan hidup.

4. Kesehatan dan Keamanan

Bentuk penjagaan dan pemeliharaan secara rutin terhadap fasilitas dan seluruh lingkungan perusahaan.

Kenapa CSR itu Penting?

Perusahaan sebagai entitas bisnis dapat memberikan dampak positif maupun negatif terhadap masyarakat dan lingkungan dan hal tersebut ditentukan dari setiap kebijakan serta tindakan yang dilakukan. Maka, kehadiran CSR akan mempengaruhi tanggung jawab perusahaan dalam memberikan dampak positif terhadap sekitar. 

1. Brand awareness

Masyarakat dapat mengenali suatu perusahaan dengan program CSR promotion. Program ini pada dasarnya bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat sekaligus promosi perusahaan. Penerapannya bisa dilakukan dengan cara perusahaan memberikan sumbangan dana yang dapat mendukung kegiatan sosial masyarakat. Dengan begitu, nama perusahaan bisa dikenal lebih luas.

2. Meningkatkan kesejahteraan sekitar

Sesuai nama dari program CSR yang berarti tanggung jawab sosial, program CSR dapat meningkatkan kesejahteraan sekitar dengan aktivitas yang dilakukan. Program CSR dapat diterapkan dengan menyalurkan bantuan langsung kepada masyarakat yang membutuhkan atau dengan perusahaan yang memberikan edukasi terhadap aktivitas yang dilakukan mengenai isu pelestarian lingkungan.

3. Menjalin hubungan baik dengan relasi

Konsep CSR yang melibatkan berbagai pihak baik konsumen, karyawan, investor, komunitas dan segala aspek perusahaan membuat kegiatan yang dilakukan memiliki orientasi untuk jangka panjang. Komitmen CSR membangun kualitas hidup dengan pihak terkait yang akhirnya berdampak baik terhadap hubungan perusahaan. 

Pada akhirnya program CSR adalah hal yang penting untuk dilakukan oleh perusahaan. Tak melulu soal membangun branding ataupun hubungan baik dengan relasi, program CSR hadir untuk memberikan kualitas hidup yang sehat dan aman untuk semua pihak dan lingkungan. 

Kuliah di Magister Manajemen Universitas Bakrie, Program Magister yang memiliki pilihan elektif Corporate Social Responsibility yang berguna bagi kamu yang bekerja di bidang tersebut! Perdalam konsentrasi Corporate Social Responsibility mulai dari managing hingga strategy-nya sekarang!