Etika kerja yang baik dapat membantu karirmu berkembang lebih cepat dari kandidat lainnya. Bagi kandidat yang memperlihatkan etika kerja yang positif, sopan, tepat waktu, dan bertanggung jawab, memberikan kesan yang lebih positif dan memorable dari kandidat lainnya. Apalagi rekruter juga melihat lho etika para kandidat dari awal melamar kerja hingga tahapan akhir wawancara.  Rekruter sering kali menggali etika kerja seorang kandidat saat wawancara dengan menanyakan pertanyaan bertopik manajemen konflik, bekerja dalam tim, dan kemampuan memimpin untuk mencari kandidat yang bisa diandalkan dan termotivasi saat kerja. 

Kolaborasi konten Universitas Bakrie bersama RevoU

Mari kita simak 10 etika kerja yang baik agar lebih dilirik rekruter dan meningkatkan soft skill kamu. 

10 Etika Kerja yang Wajib Kamu Tahu

1. Tepat waktu

Tepat waktu merupakan suatu hal yang terlihat sederhana tapi memberikan dampak yang besar pada diri kita sendiri dan kesan pada orang lain. Tepat waktu saat datang ke kantor dan memenuhi deadline, memperlihatkan bagaimana kamu bisa menghormati waktu orang lain dan disiplin terhadap tanggung jawab kerja. 

2. Menghargai dan menghormati sesama

Menghargai dan menghormati sesama rekan kerja tanpa melihat posisi atau jabatannya. Menghargai juga bisa dalam bentuk ucapan terima kasih, memuji hasil kerja, atau memberikan selamat bagi rekan kerja yang naik jabatan. Sedangkan menghormati, bisa dalam bentuk tata bicara yang sopan ke sesama rekan kerja, tidak mengganggu saat waktu istirahat atau akhir pekan, dan tidak menuntut saat rekan kerja sedang sibuk. 

3. Kerja sama dan saling mendukung

Kerja sama dengan rekan kerja dapat membuat hasil kerja jadi lebih maksimal dan beban kerja terasa lebih ringan. Jangan lupa untuk saling mendukung agar tetap semangat dan menghidupkan suasana yang positif saat kerja.  

4. Menjaga profesionalisme

Saat sudah berteman dekat dengan rekan kerja, terkadang cerita pribadi bisa mengalir dan mengganggu profesionalisme kerja. Coba untuk tidak mencampuradukkan masalah pribadi saat bekerja dan berbagi masalah kantor berlebihan dengan rekan kerja maupun keluarga. Menjadi individu yang profesional dapat membagi dan memberikan batasan yang jelas antara kehidupan pribadi dengan kehidupan kerja.

5. Bertanggung jawab

Bertanggung jawab di sini bisa dalam bentuk menghasilkan project atau pekerjaan yang kita sedang kerjakan dengan maksimal. Dalam hal lain, bertanggung jawab juga bisa dalam bentuk mengakui kesalahan atau kekurangan. 

6. Antusias dan Bersemangat

Antusias dan bersemangat memperlihatkan bahwa kamu siap menghadapi rintangan dengan sikap yang positif. Selain itu, antusiasme dan semangat menularkan energi positif ke sesama rekan kerja maupun tim agar terus bersemangat. Jangan lupa untuk memperlihatkan antusiasme dan semangat saat wawancara kerja untuk memberikan kesan yang positif bagi rekruter. 

7. Mengambil Tantangan 

Mengambil tantangan baru bisa dalam bentuk mengambil tanggung jawab lebih atau memberikan ide baru. Etika ini memperlihatkan bahwa kamu adalah individu yang mempunyai keinginan yang tinggi untuk menambah ilmu dan keterampilan baru. 

8. Peduli dengan Sesama 

Berikanlah dukungan moral bagi sesama rekan kerja maupun atasan sangat mengalami masa-masa sulit. Dengarkan cerita mereka dengan menutup laptop dan tidak bermain handphone. 

9. Menjaga Penampilan

Jagalah penampilan sesuai dengan peraturan kantor. Pastikan baju tetap sopan walaupun dresscode kantor tergolong kasual dan tidak formal. Jangan lupa untuk menjaga self grooming agar terlihat profesional. 

10. Jangan Memotong Pembicaraan

Saat bertukar pikiran maupun meeting, cobalah untuk tidak memotong pembicaraan orang lain. Dengarkan dengan baik, setelah itu kasih masukkan sesuai dengan ide pemikiranmu. Karena memotong pembicaraan memberikan kesan bahwa kamu tidak mendengarkan dan idemu lebih baik dari ide orang lain. 

Artikel di atas merupakan bentuk kolaborasi RevoU bersama Universitas Bakrie, kampus ramah prestasi dengan world class quality education, yang memungkinkan para lulusannya siap terjun langsung ke dunia industri. 

Yuk, cari tahu informasi selengkapnya di Instagram @ubakriekampus atau kunjungi laman https://www.bakrie.ac.id/