Industri komunikasi menjadi sektor yang sangat menjanjikan untuk jangka panjang. Ruang lingkup dan dinamika yang sangat luas dan mencakup berbagai aspek mulai dari penyiaran, periklanan, media massa, sampai ke teknologi informasi dan komunikasi. Selain itu, industri komunikasi juga berperan penting dalam memfasilitasi pertukaran informasi baik antar individu, antar kelompok masyarakat maupun secara global. Penting bagi seorang mahasiswa untuk mengambil peminatan Ilmu Komunikasi yang sesuai agar ilmu yang dipelajari lebih terarah dan spesifik khususnya dalam implementasi dunia kerja setelah lulus.
3 Peminatan Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie
1. Corporate Communication
Praktik Corporate Communication memiliki peranan penting dalam sebuah perusahaan. Salah satunya yaitu dengan membangun citra perusahaan. Peminatan Komunikasi Korporat Universitas Bakrie membimbing mahasiswa dengan fokus memiliki kemampuan dasar mengelola komunikasi perusahaan secara terpadu mulai dari pengelolaan hubungan masyarakat yang strategis dengan memanfaatkan berbagai platform baik secara online maupun offline.
Peminatan Komunikasi Korporat Universitas Bakrie selalu mendorong mahasiswa untuk terjun langsung dengan relasi investor, media, komunitas, stakeholders dan shareholders serta mempelajari mempelajari tata kelola perusahaan. Selain itu, peminatan Komunikasi Korporat tentu mendorong mahasiswa untuk aktif dalam membuat kampanye perusahaan, corporate event, pengelolaan media internal, dan Corporate Social Responsibility yang akan sangat relevan dengan dunia kerja nantinya. Masih dalam ruang lingkup komunikasi, peminatan Komunikasi Korporat juga akan membekali mahasiswa dengan bekal ilmu mengenai komunikasi merek.
2. Marketing Communication
Sebuah perusahaan tentunya selalu memiliki informasi dan pesan untuk disampaikan kepada publik, baik dalam bentuk iklan, pemasaran langsung, kegiatan sponsor, dan lain-lain. Dalam hal inilah konsep Komunikasi Pemasaran diterapkan. Peminatan Komunikasi Pemasaran Universitas Bakrie fokus membimbing mahasiswa untuk memiliki kemampuan mengelola komunikasi dengan arah memasarkan produk, layanan, perusahaan, maupun personal secara terpadu.
Kegiatan Komunikasi Pemasaran harus selalu mengikuti perkembangan zaman dan di Universitas Bakrie mahasiswa diarahkan untuk memanfaatkan lini media baik online maupun offline. Tentunya mahasiswa akan beradaptasi untuk mampu mengembangkan merek melalui kegiatan branding dan strategi komunikasi yang kreatif, penggalian consumer insights, pembuatan iklan cetak, online serta elektronik.
Baca juga: Ilmu Komunikasi Adalah Jurusan Paling Favorit Cari Tahu Alasannya di Sini
3. Multimedia Communication
Di era digital saat ini, informasi beredar sangat cepat khususnya dalam media online. Lapangan kerja multimedia yang dulunya dikenal hanya sebatas jurnalis kini lebih dari itu. Cakupan kerja komunikasi sangat luas untuk kamu yang tertarik kerja di TV atau bahkan bekerja secara mandiri menjadi content creator.
Peminatan Komunikasi Multimedia Universitas Bakrie membimbing mahasiswa untuk memiliki kemampuan mengelola komunikasi media massa mulai dari fokus ke bidang jurnalistik dan berita, produksi media cetak, online dan elektronik, redaksional, broadcasting atau produksi siaran televisi maupun radio bahkan produksi film. Komunikasi Multimedia juga mendorong mahasiswa untuk dapat memiliki kemampuan menulis dan memproduksi konten secara kreatif serta menguasai metode riset dan kajian media.
Kenapa Harus Kuliah di Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie?
1. Akreditasi Unggul
Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie telah meraih Akreditasi Unggul. Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie selalu beradaptasi dengan perkembangan teknologi komunikasi serta menjalankan peninjauan kurikulum secara berkala. Tenaga pengajar berasal dari akademisi dan praktisi yang expert di bidangnya, membuat mahasiswa dapat berinteraksi langsung dengan pengalaman secara nyata yang akan meningkatkan prestasi mahasiswa.
2. Fasilitas laboratorium komunikasi multimedia yang lengkap
Di Universitas Bakrie, terdapat fasilitas Laboratorium Komunikasi Terpadu yang disesuaikan dengan penyesuaian industri komunikasi. Fasilitas ini mendukung mahasiswa untuk melakukan praktikum di saat jam mata kuliah berlangsung. Laboratorium Komunikasi terdiri dari Lab Studio TV, Lab Studio Radio, Lab Fotografi, dan Ruang Redaksi yang akan sangat menunjang mahasiswa Ilmu Komunikasi baik untuk peminatan Corporate Communication, Marketing Communication dan Multimedia Communication.
3. Project Based Learning
Universitas Bakrie menerapkan metode pembelajaran experiential learning dimana mahasiswa tidak hanya mempelajari teori, tetapi juga turut melakukan praktik langsung. Mahasiswa akan termotivasi untuk selalu meningkatkan keahlian melalui project di bidang komunikasi, seperti TV production, audio production, corporate social responsibility, brand activation, social campaign, dan masih banyak lainnya. Mahasiswa didorong untuk selalu mengikuti perkembangan industri komunikasi sehingga sudah memiliki pengalaman bahkan sebelum lulus kuliah.
Yuk, kembangkan diri kamu dengan kuliah Ilmu Komunikasi. Komunikasi tidak hanya sekedar bagaimana bisa menyampaikan pesan dengan baik, cakupan industri komunikasi yang luas bisa membuat kamu siap untuk menghadapi dunia kerja nantinya. Daftar sekarang!