Yoww! Apakah kamu hobi makan? Mungkin kamu bisa menjadi seorang ahli gizi.  Kamu suka nonton film? Film maker, produser atau sutradara bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun, bagaimana kalau hobinya main game? Apa ada profesi yang berhubungan dengan main game? Tentu saja ada! Pekerjaan game developer namanya.

Game kini sudah tidak dianggap sebagai salah satu kegiatan yang buang-buang waktu dan tidak berfaedah. Saat ini, game menyediakan banyak sekali peluang untuk mendatangkan uang. Kini, bukan hanya bekerja di kantor konvensional saja yang bisa mendapatkan gaji besar, tetapi di industri video game pun menjanjikan. 

Yuk, kita tambah wawasan bersama tentang apa itu game developer sampai ke skill-skill apa saja yang harus dikuasai jika ingin menjadi seorang pembuat game. Let’s Go, guys!

Emang Ada Pekerjaan yang Berhubungan dengan Game?

Game developer adalah seorang software developer. Eitts, tapi yang satu ini bukan di bidang pembuatan sistem website atau sejenisnya, melainkan memiliki keahlian di bidang pembuatan video game. Para game developer menciptakan software untuk berbagai jenis permainan yang dapat diakses melalui berbagai device, mulai dari device permainan video game seperti Playstation atau Nintendo, device berbasis PC atau laptop, serta berbasis smartphone yang marak saat ini.  

Seorang game developer akan mengurusi segala hal tentang pembuatan sebuah aplikasi game. Mulai dari detail kode program coding/programming, pembuatan audio yang tepat, desain grafis, seni visual, dan produksi aplikasi. 

Tugas Game Developer

Tugas utama dari seorang game developer seperti bagaimana diuraikan dalam pengertian di atas secara sederhana tentu saja merancang konsep sebuah game. Rancangan ini kemudian memiliki banyak proses panjang di dalamnya, dimulai dari draft konsep game yang ingin dikembangkan (plot hingga tingkat kesulitannya). 

Dalam proses ini juga, game developer juga bertugas menciptakan karakter, alur cerita, menyusun mekanisme mapping dan juga desain audio visual. 

Selain itu, hal yang tidak kalah penting, mereka juga bertugas mendokumentasikan proses sampai testing terhadap game yang sedang dikembangkan sampai pada tahap game tersebut release di pasaran mereka juga harus tetap melakukan pengembangan dan evaluasi terhadap permainan tersebut.

Kemampuan yang Harus Dimiliki Seorang Game Developer

Setelah mengetahui pengertian dan tugas pokoknya dari seorang game developer. Kini, waktunya kita cari tahu bersama skill-skill apa saja yang harus dimiliki, jika kamu tertarik untuk menjadi seorang game developer di masa depan, antara lain:

1. Kolaborasi

Skill kolaborasi adalah salah satu skill awal yang dibutuhkan oleh para game developer. Hal ini dikarenakan seorang game developer memerlukan kolaborasi dari banyak pihak seperti dengan animators, software developers, writers, game tester, dan lainnya. 

2. Manajemen waktu

Kemampuan umum kedua yang harus dimiliki oleh seorang game developer adalah manajemen waktu. Yaps, skill untuk bagaimana mengelola waktu dan mampu untuk memprioritaskan pekerjaan seefektif dan seefisien mungkin. Skill ini juga bermanfaat untuk menciptakan alur kerja, di mana menjadi seorang game developer akan terbiasa dengan alur yang dinamis dan selalu berubah.

3. Kreativitas & storytelling

Skill yang berikutnya adalah tentang kreativitas dan juga kemampuan bercerita (storytelling). Kedua skill ini merupakan skill dasar game developer yang ternyata penting dan menjadi pusat dari imajinasi. Kedua hal ini penting untuk dapat menghadapi berbagai macam permasalahan yang nantinya muncul ketika men-develop sebuah  game

Sementara itu, kemampuan storytelling juga perlu dimiliki oleh seorang game developer, karena kesuksesan sebuah game juga dapat dilihat dari pengembangan karakter sampai plot cerita. 

4. Programming

Nah, kini kita masuk ke kemampuan khusus yang harus dimiliki oleh seorang game developer tentu saja programming. Yaps, basis permainan video game adalah teknologi, programmer berperan sebagai tulang punggung dalam proses pembuatan game. Karena dalam proses pembuatan video game, umumnya aspek jaringan dan database untuk mendukung kelancaran dari sebuah game.

5. Game design

Skill mendesain sebuah game juga perlu dikuasai oleh seorang game developer. Jika dapat diibaratkan, programmer adalah insinyur dalam sebuah game, sedangkan game designer adalah arsitek dari game tersebut. Game designer juga menjadi salah satu pekerjaan yang paling sulit, karena sangat memerlukan kreativitas yang berbasis pada tiga pilar dasarnya, yakni  gameplay, mekanika dari game itu sendiri, dan player experience

Apakah kamu tertarik untuk menjadi seorang game developer? Wah, jika iya, maka Prodi Sistem Informasi adalah jurusan yang tepat untuk kamu pilih. Di dalam Prodi Sistem Informasi kamu akan belajar menjadi seorang programmer dan banyak loh game developer terkenal yang memulai karirnya sebagai seorang programmer terlebih dahulu. Prodi Sistem Informasi Universitas Bakrie bisa menjadi pilihan kamu untuk mewujudkan mimpi menjadi seorang game developer yang sukses. Tunggu apalagi, Daftarkan dirimu sekarang juga!