Era digital telah mengubah berbagai aspek kehidupan salah satunya yaitu pekerjaan. Dalam beberapa tahun terakhir, teknologi berkembang dengan sangat pesat yang turut menghadirkan demand yang besar khususnya pekerjaan di era digital. Hal ini memberikan dampak positif bagi ekonomi global, salah satunya industri komunikasi.

 5 Deretan Pekerjaan di Era Digital untuk Anak Ilkom

Penasaran pekerjaan apa saja yang relate dengan lulusan Ilmu Komunikasi? Berikut penjelasannya!

1. Brand Strategist

Kegiatan branding tidak akan pernah terlepas dari bagian marketing sebuah perusahaan. Maka dari itu, peran brand strategist selalu dibutuhkan. Brand strategist merupakan salah satu pekerjaan yang bertanggunggung jawab untuk menentukan strategi branding dari suatu produk ataupun jasa sebuah perusahaan. Brand strategist akan menentukan semua tujuan, nilai dan audiens perusahaan untuk menciptakan perusahaan yang sesuai dengan kebutuhan publik. 

Pekerjaan ini semakin dibutuhkan setelah adanya pandemi, karena perusahaan akan terus membutuhkan brand strategist untuk mempertahankan penjualan produk maupun jasa. Terlebih lagi, untuk meninggalkan kesan yang baik terhadap publik bukan hal yang mudah. Tak heran jika posisi brand strategist selalu menjadi incaran para lulusan Ilmu Komunikasi.

2. KOL Specialist

KOL specialist merupakan profesional yang bertugas untuk mengelola kinerja para influencer atau disebut juga dengan Key Opinion Leader. Opini para influencer dianggap sangat mempengaruhi kredibilitas sebuah perusahaan, maka KOL specialist harus menjalankan berbagai project bersama para influencer melalui alur resmi perusahaan. 

Tidak hanya melalui sosial media, KOL specialist juga harus mengelola kinerja para influencer di platform konvensional seperti TV. KOL specialist merupakan pekerjaan yang sangat cocok untuk lulusan Ilmu Komunikasi. Komunikasi, social media, campaign, content, hingga kolaborasi merupakan kemampuan yang telah dipelajari sejak kuliah dan akan diimplementasikan ketika menjadi seorang KOL specialist.

3. Digital Content Specialist

Seperti namanya, seorang Digital Content Specialist merupakan pekerjaan yang tidak akan terlepas dari konten secara digital. Pekerjaan ini bertugas untuk membuat strategi konten, memantau trend digital serta menulis brief konten. Digital content specialist akan terus dibutuhkan karena kebutuhan konten digital saat ini sangat membantu peningkatan merek yang dapat mendorong feedback positif dari calon konsumen. 

Nama sebuah perusahaan juga akan dengan mudah menjadi ‘top of mind’ oleh publik ketika menghasilkan konten yang berkualitas. Jika kamu memiliki minat dalam membuat konten dan kamu adalah mahasiswa Ilmu Komunikasi, jangan ragu untuk bekerja menjadi digital content specialist, ya!

4. Event Planner

Di era digital saat ini, sebuah acara harus dirancang dan dikemas dengan sangat menarik agar dapat menarik audiens. Peran event planner akan sangat dibutuhkan untuk merencanakan konsep keseluruhan suatu acara serta menyiapkan segala kebutuhan utamanya. 

Event planner tentu akan berhubungan langsung dengan klien. Maka dalam hal ini kemampuan berkomunikasi secara internal maupun eksternal akan sangat berperan. Selain itu, keterampilan dalam perencanaan konsep serta strategi promosi dalam Ilmu Komunikasi dapat diimplementasikan.

5. Creative Production

Tidak dapat dipungkiri bahwa era digital saat ini menghasilkan banyak media baik dalam eksistensi industri TV maupun dalam platform lain seperti media dalam berbagai platform Youtube, Instagram maupun TikTok. Kehadiran media tersebut tentu membutuhkan tim kreatif dalam merancang, menyusun serta menjalankan setiap programnya. 

Pekerjaan creative production akan menjadi prospek yang sangat menjanjikan bagi lulusan Ilmu Komunikasi. Terlebih ketika berkuliah mengambil peminatan Multimedia Communication atau Jurnalistik yang fokus mempelajari bagaimana proses produksi sebuah program kreatif. Ide-ide kreatif dan up-to-date Ilmu Komunikasi tentu akan sangat relevan!

Kuliah di Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie

Ilmu Komunikasi menjadi disiplin ilmu yang sangat luas jangkauannya, sehingga prospek kerja yang dihasilkan juga sangat terbuka lebar. Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie menjadi pilihan yang tepat untuk berkuliah.

Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie terus mengikuti perkembangan komunikasi masa kini dengan menerapkan metode pembelajaran Experiential Learning. Proses belajar mahasiswa tidak hanya teori tetapi juga terjun langsung untuk meningkatkan keahlian secara praktik. Dengan 3 peminatan yaitu Marketing Communication, Corporate Communication, dan Multimedia Communication yang dapat dipilih sesuai dengan minat dan bakat mahasiswa.

Didukung oleh Laboratorium Ilmu Komunikasi lengkap sesuai dengan standar industri komunikasi yang menunjang dan pembelajaran praktik juga dilakukan melalui field visit program dan keterlibatan project di bidang komunikasi membuat lulusannya siap menghadapi pekerjaan di era digital. Daftar sekarang!