Teknik sipil adalah cabang ilmu teknik yang mempelajari bagaimana merancang, membangun, merenovasi tidak hanya bangunan dan infrastruktur, tetapi juga lingkungan untuk kepentingan kehidupan manusia. Teknik Sipil memiliki ruang lingkup yang luas, dimana pengetahuan matematika, fisika, kimia, biologi, geologi, lingkungan dan komputer pribadi memiliki peranannya masing-masing. Makanya ia memiliki beberapa cabang Teknik Sipil.

Teknik sipil berkembang sejalan dengan tingkat kebutuhan manusia dan pergerakannya, sehingga dapat dikatakan bahwa ilmu ini dapat mengubah hutan menjadi kota besar. Yuk, kita simak apa saja cabangnya!

Baca juga: Kamu Berminat dan Penasaran Teknik Sipil Belajar Apa Saja? Ini Penjelasannya!

5 Cabang Ilmu Teknik Sipil

1. Struktur Bangunan

Cabang yang mempelajari masalah struktural dari bahan yang digunakan untuk konstruksi. Suatu bentuk bangunan dapat dirancang dari beberapa pilihan bahan seperti baja, beton, kayu, kaca atau bahan lainnya. Masing-masing bahan tersebut memiliki karakteristiknya masing-masing. Ilmu struktur mengkaji sifat-sifat material tersebut sehingga pada akhirnya dapat memilih material mana yang cocok untuk jenis bangunan tersebut. 

Dalam bidang ini hal-hal yang berkaitan dengan perencanaan struktur bangunan, jalan, jembatan, terowongan akan dipelajari secara mendalam, mulai dari pembangunan pondasi hingga bangunan siap dipakai.

2. Manajemen Konstruksi

Cabang yang mempelajari seluk beluk proses dalam proyek konstruksi yang berkaitan dengan ekonomi, penjadwalan pekerjaan, pengembalian modal, biaya proyek, segala hal yang berkaitan dengan peraturan bangunan dan perizinan hingga penyelenggaraan pekerjaan di lapangan sehingga diharapkan bangunan tersebut dapat selesai tepat waktu.

3. Hidrologi

Hidrologi atau yang dikenal dengan Rekayasa Pengairan merupakan cabang yang mempelajari air, pendistribusiannya, pengendaliannya dan permasalahannya. Bidang ini meliputi antara lain cabang hidrologi air (berkaitan dengan cuaca, curah hujan, debit air sungai, dll), hidrolika (sifat bahan air, tekanan air, tenaga penggerak air, dll) dan bangunan air seperti pelabuhan, irigasi, waduk/bendungan. bendungan), kanal.

4. Geoteknik

Cabang yang mempelajari struktur dan sifat berbagai jenis tanah dalam menopang suatu bangunan yang akan berdiri di atasnya. Ruang lingkupnya dapat berupa pemeriksaan lapangan yang merupakan pemeriksaan kondisi tanah di suatu daerah dan diperkuat dengan pemeriksaan laboratorium.

5. Teknik Transportasi

Cabang Ilmu Teknik Sipil yang mengkaji sistem transportasi dalam perencanaan dan pelaksanaannya. meliputi bidang ini meliputi pembangunan dan pengaturan jalan raya, pembangunan bandar udara, terminal, stasiun dan pengelolaannya. 

Kuliah Teknik Sipil di Universitas Bakrie

Prodi Teknik Sipil Universitas Bakrie telah terakreditasi Unggul oleh BAN-PT dan didukung dengan hadirnya Laboratorium Terpadu Teknik Sipil. Yaps, dari ke-6 cabang ilmu tersebut, kamu juga bisa mempelajarinya lebih dalam di Teknik Sipil Universitas Bakrie lho.

Hal ini dikarenakan Prodi Teknik Sipil Universitas Bakrie hadir dengan 3 peminatan, yakni: Mekanika Bahan Konstruksi, Mekanika Tanah, dan Jalan Raya. Nah, wujudkan mimpimu menjadi ahli sipil terkemuka di masa depan bersama Teknik Sipil Universitas Bakrie. Tunggu apalagi daftar sekarang!