Tak bisa dipungkiri, melakukan dua hal yang bersamaan tak jarang melelahkan. Misalnya berkuliah sambil bekerja seperti mahasiswa program Kelas Karyawan.  Kedua peran yang dijalani bersamaan dan memiliki tugas yang sama-sama berat tersebut tak jarang membuat kita jenuh, lelah, bahkan bisa menyebabkan kondisi procrastination. Nah, kamu salah satunya? Yuk, cari tahu arti procrastination selengkapnya!

Apa Arti Procrastination?

Melansir dari Procrastination.com, arti procrastination adalah keadaan di mana kamu merasakan kesulitan membuat diri kamu sendiri untuk melakukan hal-hal yang harus dilakukan. Dalam kondisi ini, bukannya kamu menyelesaikan tugas-tugas yang penting, kamu malah melakukan hal-hal sepele guna mengalihkan perhatianmu pada tugas utamamu. Dan pada akhirnya kamu malah tidak mengerjakan tugas dengan semestinya.

Lantas, ciri-ciri apa yang dirasakan jika kita terjebak di procrastination

1. Suka mepet deadline

Sebagai mahasiswa tentu kita memiliki beberapa tugas yang harus diselesaikan dan dikumpulkan kepada dosen. Sebagai mahasiswa dan pekerja tak jarang kita mengalami kelelahan dan menunda tugas tersebut dan beranggapan kalau tugas yang dikerjakan mepet deadline akan lebih mudah diselesaikan.

2. Menunda satu tugas demi tugas yang lain

Sebagai pekerja yang juga berkuliah, biasanya mereka akan menyelesaikan tugas kuliah di waktu malam. Hayo, siapa yang di sini suka mengalihkan pikiran dengan beres-beres rumah padahal sedang ada tugas kuliah yang menumpuk? Yaps, itulah salah satu ciri procrastination, lho!

Baca juga: 3 Tips Time Management Buat Kamu yang Kuliah Sambil Kerja

3 Langkah yang Perlu Mahasiswa Kelas Karyawan Lakukan untuk Hindari Procrastinating!

Tentu kebiasaan procrastinating tidak bisa dibiarkan terlalu lama dan mengganggu produktivitas kita. Salah-salah nanti kamu malah bisa tidak fokus di pekerjaan dan mendapatkan nilai buruk di perkuliahan kamu. 

Berikut 3 langkah kecil yang bisa membuatmu terhindari dari procrastinating!

1. Listing tugas dan buat skala prioritas

Memulai hari dengan segudang tugas yang harus diselesaikan di kantor maupun kampus suka membuatmu bingung harus memulai yang mana? Kamu bisa mulai dengan langkah membuat listing tugas-tugas di kantor dan kampus pada pagi harinya. 

Setelah itu atur yang mana yang harus kamu kerjakan terlebih dahulu. Pastikan tidak ada yang terlewat, ya! Kamu bisa menulisnya di notes kecil dan coret list apabila sudah diselesaikan. Supaya bisa teringat dengan baik, kamu juga bisa menuliskannya di Google Calendar, lho!

2. Fokus!

Satu yang paling penting ketika menyelesaikan tugas-tugas dan menghindari procrastinating adalah fokus! Tak perlu khawatir dengan hasil akhirnya. Tak perlu juga kamu mengkhawatirkan tugas-tugas lain yang belum dikerjakan.

“Mulai, fokus, kerjakan, dan selesaikan” adalah rangkaian yang wajib kamu lakukan ketika menyelesaikan tugas kantor, maupun tugas kuliah.

3. Hilangkan gangguannya

Gangguan kecil bisa datang dari mana saja. Ada hal yang mengganggumu ketika mengerjakan tugas kuliah? Kamu bisa mematikan notification Whatsapp mu untuk sejenak agar tidak terganggu. 

Itulah penjelasan lengkap mengenai arti procrastination, ciri-ciri, beserta cara menghindarinya. Pada akhirnya kamu harus ingat apa yang menjadi tujuanmu ketika berkuliah sambil bekerja. Temukan tips and trick lainnya hanya di bakrie.ac.id/articles!