Di industri saat ini, menciptakan brand image serta brand reputation yang baik merupakan hal penting yang mempertahankan perusahaan untuk jangka pendek hingga panjang. Namun, ternyata masih banyak orang yang belum mengetahui mengenai apa itu brand image maupun brand reputation. Meskipun keduanya berhubungan erat, keduanya memiliki arti yang berbeda.
Penasaran? Simak artikel ini sampai akhir!
Apa itu Brand Image dan Brand Reputation?
Brand image adalah gambaran yang dibentuk di dalam pikiran konsumen ketika melakukan ‘interaksi’ dengan brand. Brand image merupakan perspektif secara subjektif mengenai merek yang terbentuk melalui beberapa hal seperti logo, desain, dan pengalaman konsumen secara pribadi. Sedangkan, brand reputation merupakan pandangan yang diterima secara umum mengenai suatu brand. Brand reputation mencakup opini yang terbentuk berdasarkan informasi yang tersebar luas.
Brand image didasarkan pada persepsi individu yang dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti iklan, branding, dan pengalaman pribadi. Sementara itu, brand reputation dibangun secara kolaboratif melalui interaksi merek dengan pelanggan, mitra bisnis, dan masyarakat umum.
Apa Bedanya Brand Image dan Brand Reputation?
1. Berdasarkan pengertiannya secara luas
Dari pengertian yang telah dijelaskan di atas. Sudah sangat jelas bahwa brand image mencakup pemikiran subjektif dari masing-masing orang. Artinya, setiap orang bisa memiliki brand image-nya sendiri kepada brand tertentu. Misalnya, si A melihat brand salah satu makeup sebagai brand yang classy karena desainnya yang simple. Tapi berbanding terbalik, si B melihat brand makeup tersebut sebagai brand yang kurang menarik karena desainnya yang terlalu simple. Maka ada pandangan yang berbeda, dari pandangan yang bersifat subjektif.
2. Brand image dibangun dalam waktu singkat, brand reputation dibangun dalam jangka panjang
Perbedaan yang kedua adalah brand image mencerminkan nilai-nilai, kepribadian, dan atribut yang dihubungkan dengan brand tersebut. Brand image mencerminkan persepsi konsumen dan dapat berubah seiring waktu. Sedangkan brand reputation mencerminkan kredibilitas, kepercayaan, dan kualitas brand yang bersifat long-term.
Singkatnya, brand image dapat dibentuk dan diubah dalam waktu singkat. Tetapi, brand reputation membutuhkan konsistensi untuk dapat dibangun dengan waktu yang lama.
3. Berdasarkan cara membangunnya
Perbedaan yang ketiga, dapat dilihat dari cara membangun brand image dan brand reputation. Brand image dapat dibangun tentu dengan melakukan “branding” sejak dini dengan cara menentukan karakter brand. Seringkali, karakter brand yang unik akan lebih mudah melekat pada brand sehingga dapat membangun brand image yang baik. Aspek lain dari brand image adalah menerapkan brand message delivery dengan baik. Brand harus dikemas untuk dapat menyampaikan karakter tersebut kepada pembeli.
Dari sisi brand reputation, identitas brand merupakan langkah pertama yang harus diperhatikan. Brand harus memperkenalkan identitas ke masyarakat dengan sebaik dan seluas mungkin. Setelah identitas dikenal oleh masyarakat, brand reputation harus ‘bekerja’ secara extra untuk menjaga konsistensi identitas tersebut.
Brand reputation sangat penting karena dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen, hubungan dengan mitra bisnis, serta membentuk persepsi publik secara umum. Sebuah brand dengan reputasi yang baik cenderung lebih dipercaya, sementara brand dengan reputasi buruk bisa saja tidak bisa membangun hubungan jangka panjang dengan masyarakat yang mempengaruhi keseluruhan perusahaan.
Brand image dan brand reputation tidak bersifat statis. Keduanya harus terus beradaptasi dengan perubahan trend dan kebutuhan konsumen. Selain itu menjaga komunikasi secara konsisten, memberikan user experience yang baik, serta terus menjaga integritas brand.
Terkhusus di era digitalisasi saat ini, brand image dan brand reputation memiliki peranan penting. Maka dari itu, pemahaman mengenai brand image dan brand reputation harus bisa diterapkan dan diimplementasikan. Bergabung dengan Magister Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie sekarang!