Di era digital yang terus berkembang, perilaku konsumen telah mengalami perubahan yang cukup signifikan. Konsumen kini lebih aktif dan memiliki kecenderungan untuk lebih banyak berinteraksi dengan bisnis atau merek yang mendengarkan dan memahami kebutuhannya. Di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat, memahami consumer insight menjadi kunci utama bagi perusahaan untuk berhasil menarik dan mempertahankan konsumen.
Lalu, apakah consumer insight sangat penting di era digital saat ini? Simak artikel ini selengkapnya!
Kenalan dengan Consumer Insight, Yuk!
Consumer insight adalah proses dalam memahami bagaimana perilaku, minat, dan juga pola pikir pelanggan ketika membeli produk maupun layanan yang ditawarkan. Dengan menggunakan proses ini, maka suatu brand akan mendapat feedback secara tidak langsung dari pelanggan. Insight konsumen merupakan salah satu strategi utama untuk memahami kebutuhan audiens yang menyesuaikan dengan target spesifik dari sebuah brand.
Dalam bisnis, consumer insight merupakan pilar yang sangat penting. Consumer insight bisa membantu perusahaan untuk lebih memahami pelanggan mereka. Dengan insight ini, mereka bisa mengetahui apa yang mendorong perilaku pelanggan dan merencanakan strategi yang tepat. Consumer insight juga berperan dalam memahami apa yang diinginkan pelanggan dan bagaimana mereka merespons berbagai strategi pemasaran.
Untuk mengumpulkan insight tersebut, sebuah brand bisa menggunakan berbagai cara seperti wawancara secara langsung maupun survey. Apalagi seiring berjalannya waktu, profesi Consumer Insight Specialist akan terus dibutuhkan perusahaan untuk menjalankan brand.
Manfaat Consumer Insight dalam Digital Marketing
1. Sebagai acuan untuk keputusan strategis bisnis
Consumer insight dipergunakan untuk menentukan strategi pemasaran yang tepat. Hasil analisis pasar mampu membuat perusahaan mengetahui strategi pemasaran seperti apa yang baik untuk dijalankan. Dengan strategi pemasaran yang tepat, dapat membantu perusahaan bergerak secara efektif dan efisien. Keputusan strategi bisnis yang berdasarkan data memiliki kecenderungan untuk lebih berhasil dibandingkan dengan keputusan berdasarkan asumsi semata. Consumer insight dapat meningkatkan strategi pemasaran, pengembangan produk, dan layanan pelanggan.
2. Meningkatkan loyalitas pelanggan
Loyalitas konsumen yang personal dan relevan merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam bisnis saat ini. Consumer insight memungkinkan perusahaan untuk mengidentifikasi segmen pasar yang berbeda dan menyampaikan pesan yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing segmen.
Dengan personalisasi, brand dapat membangun hubungan yang lebih erat dengan konsumen dan meningkatkan loyalitas mereka karena pelanggan merasa didengarkan dan merasa diistimewakan oleh perusahaan. Consumer insight membantu perusahaan untuk tetap responsif dan adaptif terhadap perubahan dengan memahami bagaimana konsumen berinteraksi.
3. Promosi yang tepat sasaran
Persaingan brand di era digital sangat cepat. Tidak jarang, banyak perusahaan berlomba-lomba mencari cara promosi yang tepat. Perilaku konsumen, trend digital, dan dinamika pasar juga dapat berubah dalam waktu singkat. Pada akhirnya, consumer insight jika diterapkan dengan baik akan membuat metode promosi tepat sasaran dan membantu perusahaan untuk meningkatkan penjualan produk dan layanan yang ditawarkan.
Teori Consumer Insight Dipelajari di Ilmu Komunikasi!
Konsumen menjadi prioritas tertinggi dalam menjalankan bisnis. Maka dari itu, elemen tersebut memegang peran penting dalam industri komunikasi. Program studi Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie memiliki peminatan Komunikasi Pemasaran dengan salah satu mata kuliahnya yang mempelajari consumer insight. Mahasiswa dibimbing untuk terus memiliki kemampuan dalam mengembangkan merek atau lebih familiar dikenal dengan branding melalui strategi komunikasi yang kreatif.
Dengan memahami consumer insight, mahasiswa diharapkan mampu beradaptasi di era digital, memahami tren dan, perilaku konsumen serta merancang strategi pemasaran yang sesuai dengan target yang dapat diimplementasikan di dunia kerja nantinya. Daftarkan dirimu sekarang!