Sebagai kampus swasta yang selalu berupaya memberikan pengalaman sesungguhnya kepada mahasiswanya, Universitas Bakrie terus berupaya menghadirkan kolaborasi dengan semua pihak. Salah satunya, kolaborasi antara Ilmu Politik Universitas Bakrie bersama stasiun televisi terbesar di Indonesia, tvOne. Berkat kerja sama yang terjalin di antara keduanya, mahasiswa bisa magang dan rasakan #ExperienceTheRealThings melalui scope of works yang dikerjakan sehari-hari.

Langsung saja kepoin cerita Nisya, salah satu mahasiswi Ilmu Politik yang magang di tvOne!

Kenalan dengan Nisya Dulu Yuk!

Secara spesial kami berkesempatan langsung untuk melakukan interview singkat bersama Nisya. Nah, di awal interview, Nisya memperkenalkan dirinya. 

Hi BKS Team of UBakrie! Perkenalkan aku Anisyahirah Kalyana, my friends used to call me Nisyi, Nisya, Anisya, or u can call me whatever you like. Aku merupakan salah satu awardee atau penerima Beasiswa Bakrie Leader yang sedang menempuh kegiatan magang di tvOne dan sebentar lagi akan menjadi mahasiswa semester 7 Ilmu Politik UBakrie per September ini.”

Selayaknya mahasiswa yang mulai menapaki tahun akhir, Nisya tentu punya segudang kesibukan. Nggak cuma menjalani magang, Nisya juga bertanggung jawab pada berbagai kegiatan di kampus, seperti Ketua Departemen SDM HMILPOL-UBakrie, Director of Diplomacy and Policy Club UBakrie, dan aktif mengikuti kompetisi mewakili Unit Kegiatan Mahasiswa English Debate Society. 

Program Magang Apa yang Sedang Dijalani?

Seperti yang sudah disebutkan di awal, magang ini merupakan hasil kerja sama antara Ilmu Politik UBakrie bersama tvOne. Program ini bisa dikonversi dengan sks, dan tentu ini menjadi nilai lebih bagi mahasiswa semester 7 yang sudah berencana mengambil sks Skripsi, karena, yes, program ini bisa menjadi acuan dalam proses penentuan topik maupun judul Skripsi Nisya nantinya.

Nah, durasi magang sendiri akan dijalankan selama 2 bulan, mulai dari 7 Agustus hingga 6 Oktober 2023. 

Bagi Nisya, persiapan yang dilakukan sebelumnya pun sangat terorganisir. “Mulai dari persiapan kita untuk menjalani magang, sharing session dengan Pak Adit selaku kaprodi untuk terlebih dahulu menyatukan visi antara mahasiswa dan prodi, sampai diberikan kesempatan untuk berkunjung ke kantor tvOne sebelum magang dimulai agar kami bisa berkenalan terlebih dahulu dengan para stakeholders yang akan mengampu kami nantinya” ungkap Nisya.

Walaupun melalui proses yang panjang dan bersaing dengan puluhan mahasiswa Ilmu Politik lainnya, Nisya akhirnya berhasil terpilih menjadi salah satu dari 8 mahasiswi yang mengikuti program Magang ini. 

Kepoin Job Desk Harian Nisya, Yuk!

Jam kerja yang Nisya lalui dimulai dari pukul 10.00 pagi hingga 5 sore, dengan jadwal Senin dan Rabu untuk on-site shift dan Selasa dan Kamis untuk remote shift. 

Nisya sendiri masuk ke dalam tim yang bertanggung jawab untuk program Kabar Petang dan Kabar Pemilu. Setiap hari ia mengerjakan materi penelitian yang diarahkan oleh Supervisor-nya. Yaps, tentu semua materi yang diminta harus diselesaikan secara tepat dan cepat, mengingat materi akan ditayangkan pada hari yang sama. 

“Seringkali untuk tugasnya pun beragam sesuai dengan tema berita dan kebutuhan Divisi Penelitian & Pengembangan, bisa berupa mempelajari dan mengolah data hasil survei, menganalisa perilaku politikus dan jajarannya, memonitor perkembangan isu terkini yang baru saja terjadi, hingga melaporkan informasi yang didapatkan untuk kemudian diolah lebih lanjut” tambah Nisya.

News Anchor Jadi Alasan Nisya Magang di Stasiun Televisi

Memang Ilmu Politik, khususnya konsentrasi Hubungan Internasional  sendiri tak bisa dilepaskan dengan citra diplomat dan sebagainya. Namun, menurut Nisya magang di stasiun TV pastinya memungkinkan ia untuk berinteraksi secara lebih dekat dengan dinamika sosial dan politik di masyarakat. And yaps, dengan terjun langsung dalam proses produksi berita yang informatif dan politis justru bisa menjadi sarana terseru bagi Nisya untuk terus belajar dan berkembang dalam memahami dunia politik

Selain itu, Nisya juga menyebutkan kalau dirinya bercita-cita sebagai news anchor. Kesempatan magang di stasiun TV ini tentu menjadi langkah awal yang cermat untuk mendapatkan peluang baru dan juga mendapatkan perspektif yang lebih dalam di bidang politik.

“Aku sangat berterima kasih dengan UBakrie, khususnya pada program studi Ilmu Politik untuk merealisasikan program ini dan membuat aku Experience the Real Things sesuai dengan tagline UBakrie. Melalui kesempatan ini, UBakrie membuat aku sadar bahwa apa yang diperlukan oleh mahasiswa bukan hanya sekedar memahami teori, namun terjun langsung merasakan pengalaman nyata untuk berkontribusi pada bidang yang kami minati” tutup Nisya.