Iklan menjadi salah satu kegiatan promosi yang sangat dekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Bagaimana tidak, ketika kita membuka smartphone di pagi hari saja, kita sudah bisa terpapar iklan. Ya, iklan memang hadir sebagai sarana promosi utama sebuah brand, makanya kita bisa menemukannya dengan mudah.

Namun, sebenarnya apa sih itu iklan? Dan apa saja tujuan dari hadirnya iklan? Mari kita bahas satu per satu!

Apa itu Iklan? 

Sebelumnya mari kita bahas apa pengertian iklan. Menurut Tjiptono dan Chandra dalam buku Pemasaran Strategik Edisi II, iklan diartikan sebagai bentuk komunikasi tidak langsung yang di dalamnya terdapat informasi tentang keunggulan suatu produk, yang disusun sedemikian rupa sehingga menimbulkan rasa menyenangkan dan akan mengubah pikiran seseorang untuk melakukan pembelian. 

Tujuan Iklan Menurut Kotler dan Keller

Sedangkan tujuan iklan itu sendiri hadir berbagai macam. Menurut Kotler dan Keller dalam buku Manajemen Pemasaran, iklan setidaknya memiliki 4 tujuan, yang diantaranya:

  1. Iklan informasi, yaitu iklan yang menjelaskan produk dengan panjang lebar. Biasanya iklan dengan tujuan ini hadir untuk suatu produk dengan kategori tertentu. 
  2. Iklan persuasif hadir sebagai iklan yang berusaha untuk mempengaruhi konsumen sasaran dalam melakukan pemilihan dan tindakan terhadap pembelian suatu produk dan jasa.
  3. Iklan untuk mengingatkan konsumen, iklan ini hadir dengan tujuan untuk mengingatkan konsumen bahwa produk atau jasa ini mungkin bisa dibutuhkan dalam waktu dekat saja. Iklan ini juga bertujuan meningkatkan konsumen di mana bisa memperoleh produk, barang atau jasa tersebut.
  4. Terakhir ada  iklan penambah nilai yang bertujuan menambah nilai merek pada persepsi konsumen dengan melakukan inovasi perbaikan kualitas dan penguatan persepsi.

Media Iklan yang Terus Berkembang

Tak bisa dipungkiri, perkembangan teknologi informasi tentu mempengaruhi medium tempat di mana iklan itu disiarkan. Dulu kita menemukan iklan sebatas di baliho jalanan, siaran elektronik seperti televisi dan radio, atau hanya di media cetak. 

Kini, semua itu sudah mulai tergeserkan dengan adanya internet of things. Iklan bisa sangat mudah kita temukan melalui gawai pribadi. Mulai dari scrolling halaman media sosial, hingga iklan digital pada aplikasi selalu ada iklannya. 

Media iklan yang terus berkembang ini tak hanya memudahkan kita sebagai konsumen dalam menemukan barang, namun juga memudahkan brand dalam mengiklankan produk atau jasanya.

Kuliah di Manajemen Universitas Bakrie

Itulah penjelasan lengkap mengenai pengertian, tujuan, dan media iklan. Kamu tertarik mengetahui dan mempelajari dunia marketing lebih dalam melalui pendidikan akademis? Yuk, kuliah di Manajemen Universitas Bakrie! Daftarkan dirimu sekarang!