Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi S1 Teknik Sipil

Disusun Dalam 4 Aspek, Yaitu:

Aspek Sikap, Aspek Keterampilan Umum, Aspek Pengetahuan, Aspek Keterampilan Khusus Berdasarkan Standar Nasional Dikti, Asosiasi Program Studi Dan Visi Misi Keilmuan Program Studi, dijelaskan sebagai berikut : 

 

Sikap

S1 - Ability to communicate effectively with a range of audiences (Kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif dengan berbagai audiens)

S2 - Ability to recognize ethical and professional responsibilities in engineering (Kemampuan untuk mengenali etika, tanggung jawab, dan profesional dalam bidang Teknik)

S3 - Ability to function effectively on a team whose members together provide leadership (Kemampuan untuk berfungsi secara efektif dalam tim yang anggotanya bersama-sama menyediakan kepemimpinan)

 

Keterampilan Umum

KU1 - Ability to create a collaborative and inclusive environment, establish goals, plan tasks, and meet objectives (Kemampuan untuk menciptakan lingkungan yang kolaboratif dan inklusif, menetapkan tujuan, merencanakan tugas, dan mencapai tujuan)

KU2 - Ability to respond and make informed judgments, which must consider the impact of engineering solutions (Kemampuan untuk menanggapi dan membuat penilaian berdasarkan informasi, yang harus mempertimbangkan dampak dari solusi rekayasa)

 

Pengetahuan

P1 - Ability to perform lifelong learning, acquire and apply methods, skills, tools and new knowledge as needed, using appropriate learning strategies (Kemampuan untuk memperoleh dan menerapkan pengetahuan baru sesuai kebutuhan)

P2 - Ability to apply knowledge of mathematics, natural sciences and/or materials, information technology and engineering to gain a comprehensive understanding of engineering principles (Kemampuan untuk mengidentifikasi, merumuskan, dan memecahkan masalah teknik yang kompleks dengan menerapkan prinsip-prinsip teknik, sains, dan matematika)

 

Keterampilan Khusus

KK1 - Ability to develop and conduct appropriate experimentation, analyze, and interpret data, and use engineering judgment to draw conclusions (Kemampuan untuk mengembangkan dan melakukan percobaan yang tepat, menganalisis, dan menginterpretasikan data, dan menggunakan penilaian teknik untuk menarik kesimpulan) 

KK2 - An ability to design and apply engineering design to produce solutions and solve complex engineering problem that meet specified needs with consideration of public health, safety and welfare, as well as global, cultural, social, environmental and economic factors (Kemampuan menerapkan desain teknik untuk menghasilkan solusi yang memenuhi kebutuhan tertentu dengan pertimbangan kesehatan, keselamatan, dan kesejahteraan masyarakat, seperti faktor global, budaya, sosial, lingkungan, dan ekonomi)

KK3 - An ability to recognize responsibilities in engineering situations which must consider the impact of engineering solutions in global, economic, environmental, and societal contexts (Kemampuan untuk mengenali tanggung jawab dalam situasi rekayasa yang harus mempertimbangkan dampak solusi teknik di bidang global, ekonomi, lingkungan, dan konteks sosial) 

 

Keterkaitan Profil Profesional Mandiri dengan Capaian Pembelajaran Program (CPP)