Pernah lihat suatu produk dari sebuah perusahaan dipasarkan melalui iklan media sosial atau bahkan dipasarkan secara langsung di tempat umum yang ramai pengunjung? Hal tersebut merupakan salah satu bentuk dari Marketing Communication Jobs, lho! Marketing Communication merupakan profesi yang memiliki pengaruh besar terhadap jalannya suatu perusahaan.

 Kenalan dengan Marketing Communication Yuk!

Marketing Communication adalah upaya untuk mengkomunikasikan sebuah pesan dari produk atau jasa suatu perusahaan kepada konsumen maupun calon konsumen. Tujuan utama dari Marketing Communication adalah membangun awareness dan mempengaruhi persepsi konsumen terhadap produk atau jasa yang ditawarkan. 

Hal ini dilakukan tidak hanya untuk meningkatkan penjualan, tetapi juga untuk mempertahankan kepercayaan konsumen. Bentuk dari Marketing Communications beragam, mulai dari pemasaran secara langsung, iklan, branding, sales presenting, sponsor, bahkan aktivitas online sekalipun. 

Apa Saja Tugas Marketing Communication?

Tugas utama dari Marketing Communication tentunya berkaitan dengan pengembangan, perencanaan dan pelaksanaan informasi mengenai suatu produk atau jasa perusahaan. 

1. Menentukan strategi pemasaran

Marketing Communication perlu merancang dan memutuskan untuk menggunakan strategi pemasaran yang efektif dalam memilih saluran komunikasi yang tepat untuk mencapai calon konsumen. Dengan melakukan strategi pemasaran yang tepat, keuntungan perusahaan dari produk dan jasa yang dijual dapat meningkat. Selain itu, konsumen juga akan lebih percaya dengan perusahaan tersebut.

2. Melakukan riset konsumen

Tentunya Marketing Communication harus melalui tahap ‘pdkt’ dengan calon konsumen yang ingin dituju.  Marketing Communication memiliki tugas untuk menganalisis perilaku konsumen. Dengan begitu, perusahaan dapat menentukan cara yang tepat untuk melakukan komunikasi kepada target konsumen.

3. Mengembangkan konten dan campaign

Tanggung jawab Marketing Communication yang harus mengkomunikasikan sebuah produk atau jasa kepada konsumen maupun calon konsumen, membuatnya harus membuat konten yang selalu menarik baik dalam iklan, brosur maupun media sosial. Materi promosi harus dibuat secara jelas dengan membuat pesan dan informasi yang menarik. Selanjutnya, Marketing Communication juga harus melakukan campaign tertentu untuk mempromosikan perusahaan baik secara soft sell maupun hard sell.

4. Melakukan manajemen jangka panjang

Ketika produk atau jasa sebuah perusahaan sudah melebihi target penjualan, bukan berarti tugas Marketing Communication selesai. Namun, diperlukan manajemen yang tepat untuk tetap selalu menjaga konsistensi produk atau jasa sehingga konsumen tidak berpindah ke lain hati. Kembali ke nomor 1, strategi pemasaran adalah kuncinya!

Memangnya Marketing Communication Sepenting itu?

Question! Pernah nggak kamu mencoba fitur langganan platform streaming musik yang ditawarkan secara gratis dalam jangka waktu tertentu? Atau kamu punya satu coffee shop yang selalu kamu datangi ketika ingin ngopi, work from cafe, meeting, atau bahkan me time? Kedua hal tersebut merupakan pengaruh besar dari bekerjanya Marketing Communication

Salah satu strategi yang digunakan dalam Marketing Communication adalah memberikan kenyamanan kepada calon konsumen untuk mencoba produk atau jasa sehingga calon konsumen kemudian mengenal produk tersebut terlebih dahulu, seperti masa pdkt sebelum memulai hubungan aja ya? Selanjutnya, jika konsumen sudah mengenal dan merasa nyaman, konsumen akan kembali terus menerus dan menggunakan produk itu. 

Marketing Communication sangat penting untuk menumbuhkan awareness dan kepercayaan. Dengan penerapan Marketing Communication yang tepat, konsumen akan mempercayai kualitas suatu perusahaan yang kemudian akan mempengaruhi citra baik perusahaan tersebut. 

Advance Your Career Bersama Magister Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie

Strategi Marketing Communication sebaiknya dipelajari lebih lanjut karena cakupan salah satu bidang komunikasi ini akan terus bertahan dan akan sangat relevan dengan perkembangan industri komunikasi dan bisnis. Advance your career with Magister Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie

Pilih peminatan yang sesuai yaitu Marketing and Branding Communication, lulusan diarahkan untuk selalu memiliki kompetensi dalam membangun strategi dan branding, menjalankan riset insight customer, culture dan lifestyle, mempelajari product marketing dan management hingga melakukan audit komunikasi. Daftar sekarang!