Hai sobat! Di zaman yang serba memudahkan ini, tentunya kamu sudah mengenal apa itu yang disebut dengan istilah investasi ya? Yaps, investasi beberapa tahun terakhir memang menjadi buah bibir sebab dirasa solusi untuk mengelola uang atau aset yang kita miliki dibandingkan hanya disimpan di bank saja. Tapi, pernahkah kamu mendengar istilah investasi leher ke atas?

Umumnya, orang-orang hanya mengetahui investasi dalam bentuk modal (uang atau aset berharga lainnya) yang disalurkan ke berbagai macam instrumen, seperti: pasar saham, emas, obligasi, bahkan krypto. Namun, tahukah kamu ada investasi lain yang hampir tidak memerlukan uang di dalam pelaksanaannya, lho? Ya! Investasi jenis ini biasa dikenal dengan  investasi leher ke atas.

Hmm, daripada makin penasaran. Yuk, kita kenal lebih dalam tentang investasi leher ke atas ini. Let’s find out!

Apa Itu Investasi Leher Ke Atas?

Investasi leher ke atas adalah investasi kepada sesuatu yang berada di atas leher kita, yaitu kepala. Maksudnya bagaimana sih? Apakah dengan memakai skincare? Atau dengan memiliki gaya rambut yang selalu trendy?

Tentu saja bukan investasi yang seperti itu! Investasi leher ke atas adalah bagaimana kita berinvestasi dari segi ilmu, keterampilan, sosial, dan spiritual kepada isi kepala kita yaitu otak agar dapat memiliki kemampuan berpikir dan bertindak yang lebih maksimal.

Sebenarnya, tanpa kita sadari, jenis investasi ini telah kita lakukan semenjak duduk di bangku pendidikan formal mulai dari SD, SMP, SMA, hingga perguruan tinggi. Namun, tidak sedikit pula yang memutuskan untuk memperdalam investasi ini setelah mereka menyelesaikan pendidikan formal.

Ada hal menarik yang harus kamu ketahui tentang investasi ini, kawan. Yaps, berbeda dengan investasi biasa yang kita kenal dapat menyebabkan kerugian. Investasi ini bersifat sebaliknya yaitu tidak memiliki resiko kerugian, justru penuh akan manfaat selama ilmu yang kita pelajari adalah yang benar-benar berbobot dan tidak bertujuan buruk.

Sebenarnya, investasi leher ke atas ini hanyalah sebuah istilah. Hal ini disebabkan, karena kepala adalah pusat seseorang untuk berpikir, melakukan kreativitas, melakukan kebaikan, dan seterusnya. Harapannya investasi ini bisa membuat seseorang untuk berkembang, tumbuh dalam kehidupan yang lebih baik, sampai akhirnya mencapai kesuksesan lewat pola pikir, keterampilan, serta jiwa yang baik.

Baca juga: Inilah 5 Jenis-jenis Investasi yang Wajib Diketahui. Tertarik Coba?

Kenapa Harus Investasi Leher Ke Atas?

Prinsipnya sama dengan investasi yang sudah kita kenal, yakni sama-sama menanamkan modal. Segala tindakan yang kita lakukan, terutama dalam dunia bisnis maupun bermain investasi pasti memiliki faktor resiko di dalamnya. Resiko tersebut dapat bersifat menguntungkan atau bahkan sangat merugikan untuk kita dan umumnya bersifat materiil. 

Namun, faktor-faktor resiko itu dapat diminimalisir dengan melakukan analisa jika kita sebagai pelaku sudah memiliki dasar. Apa saja dasarnya? Tentu saja pola pikir dari sisi keilmuan, keterampilan atau skill dan pengalaman, serta jiwa atau spiritual yang telah matang atau baik. 

Beberapa manfaat yang dapat kamu peroleh, jika kamu memulai untuk melakukan investasi leher ke atas terlebih lagi sedari muda, antara lain:

  1. Meningkatkan wawasan, pengetahuan, dan keterampilan lebih
  2. Sosial, keterampilan, dan spiritual yang baik akan menghasilkan kebahagiaan dan ketentraman hidup
  3. Membentuk individu sosial yang baik di masyarakat
  4. Berpeluang untuk mendapatkan peluang karir yang lebih baik
  5. Menjadi pribadi yang lebih percaya dengan Tuhan dan menjalankan nilai spiritual.

Jenis-jenis Investasi Leher Ke Atas

1. Investasi Keterampilan

Investasi leher ke atas yang pertama adalah investasi keterampilan. Investasi ini akan melatihmu tentang mengasah berbagai keterampilan yang kamu miliki dan sukai di mana itu merupakan bentuk investasi di masa depan. 

Tentu saja, manfaatnya baru bisa kamu rasakan di masa depan atau bersifat jangka panjang, seperti halnya kamu menanam investasi saham, tetapi ini dalam bentuk keterampilan. Dalam tempo beberapa tahun kemudian, keterampilan kamu akan lebih baik hari demi hari dan juga bermanfaat, serta yang terpenting dapat kamu andalkan.

Beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan sebagai investasi ketrampilan adalah membaca buku, mengikuti sertifikasi keahlian tertentu, belajar skill baru. 

2. Investasi Sosial

Investasi jenis yang kedua adalah investasi sosial. Investasi ini adalah tentang membangun relasi, menanamkan, dan mempraktikkan hal-hal baik di lingkungan atau masyarakat. Kebaikan-kebaikan yang kamu lakukan di lingkup lingkungan masyarakat entah itu keluarga, pertemanan, atau pekerjaan tidak akan sia-sia, sebab yang kamu lakukan itu adalah bentuk investasi jangka panjang untuk diri kamu sendiri.

Pada prinsipnya, manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan manusia lain. Dalam interaksi tersebut, kamu perlu melakukan hal-hal baik dan bermanfaat sebagai bentuk investasi jangka panjang. 

3. Investasi Spiritual

Investasi spiritual adalah jenis investasi leher ke atas yang ketiga. Investasi ini adalah tentang bagaimana kamu beribadah, menjalankan perintah Tuhan, melakukan kebaikan sesuai dengan nilai spiritual yang kamu yakini. 

Investasi ini sulit diartikan ke dalam penjelasan yang ilmiah, tetapi yang perlu dipahami adalah investasi ini bukan hanya tentang duniawi tetapi juga setelah kematian datang.

Investasi Leher Ke Atas Terbaik dengan Berkuliah di Universitas Bakrie!

Pada akhirnya, investasi ke atas adalah hal yang penting untuk dilakukan sedari muda. Apalagi bagi kamu yang sedang berkuliah. Pastikan kamu memilih kampus dengan atmosfir yang positif, dukungan pengajar hingga akreditasi universitas yang baik. Universitas Bakrie, kampus Ramah Prestasi dengan #ExperientialLearning siap meluluskan mahasiswa yang berkompeten dan mampu bersaing di dunia industri. 

Daftarkan dirimu sekarang!