Revolusi Industri 4.0 melahirkan banyaknya teknologi baru yang bermunculan, sehingga menjadikan Sains Data (Data Science) sebagai salah satu ilmu yang banyak dipelajari. Hal ini semakin selaras dengan banyaknya perusahaan besar yang mulai melirik menggunakan Big Data untuk keberlangsungan bisnis ataupun perusahaan mereka. Tren ini tentunya membuat kebutuhan perusahaan akan pekerjaan data scientist jadi meningkat.

Wah, jadi penasaran kan apa itu profesi data scientist? Untuk menjawab rasa ingin tahu kalian. Ayo simak penjelasan dalam artikel berikut ini!

Baca juga: Ini Dia Arti Technopreneur Beserta Penjelasannya Secara Lengkap

Apa itu Data Scientist?

Seorang data scientist atau ilmuwan data adalah seorang yang bertanggung jawab dalam hal mengumpulkan, menganalisis, dan menafsirkan data untuk membantu pengambilan keputusan dalam suatu organisasi. Pekerjaan ini menggabungkan unsur-unsur keilmuan matematika, statistik, dan pemrogram komputer. 

Beberapa lingkup pekerjaan data scientist adalah pengembangan dan pengujian hipotesis, pembuatan kesimpulan. Selain itu juga menganalisis hal-hal seperti tren, pasar, risiko keuangan, ancaman keamanan dunia maya, perdagangan saham, dan kondisi medis.

Dalam dunia bisnis, data scientist biasanya mengumpulkan data yang dapat digunakan untuk memprediksi perilaku konsumen, mengidentifikasi peluang pendapatan baru, dan memenuhi kebutuhan lainnya. Ini semua dilakukan agar perusahaan dapat menemukan informasi yang memungkinkan kampanye pemasaran yang lebih efektif, layanan pelanggan yang lebih baik, manajemen rantai pasokan yang lebih kuat, serta keputusan dan strategi bisnis yang lebih baik secara keseluruhan.

Dalam dunia sosial atau organisasi, ilmuwan data juga memainkan peranan utama untuk melakukan pekerjaan analitik untuk penyedia layanan kesehatan, lembaga akademik, lembaga pemerintah, tim olahraga, dan lainnya. Intinya adalah data scientist akan memahami data dengan cukup baik untuk merumuskan pertanyaan, melakukan pekerjaan analisis, dan memungkinkan perubahan pada operasi bisnis, produk, atau layanan.

Data Scientist Jurusan Apa?

Jurusan data scientist di sejumlah perguruan tinggi sudah berdiri sebagai satu jurusan sendiri. Namun, jurusan ini termasuk dalam jurusan Sistem Informasi. 

Data scientist masuk ke dalam ranah Sistem Informasi karena memang di Program Studi ini dari awal kita sudah mengenal data.” ungkap Dr. Siti Rohajawati, S.Kom., M.Kom Kepala pada Instagram Live segmen Podcastudy beberapa waktu lalu. 

Nantinya, mahasiswa yang mengambil jurusan ini umumnya akan belajar hal-hal seperti analisis data dan pemrograman komputer, pemodelan prediktif, statistik, kalkulus, dan ekonomi. Selain itu, mereka akan mempelajari pula bagaimana menyajikan hasil temuan mereka dan memberikan rekomendasi dalam format yang mudah dimengerti.

Jurusan ini juga dirancang untuk memberikan pemahaman mendasar mengenai AI (artificial intelligence/kecerdasan buatan), pembelajaran mesin (machine learning), dan pembelajaran dalam (deep learning).

Kuliah Sistem Informasi di Universitas Bakrie

Prodi Sistem Informasi Universitas Bakrie dapat menjadi salah satu pilihan kamu jika ingin mempelajari data scientist lebih mendalam. Hal ini didukung dengan kurikulum yang selalu disesuaikan dengan perkembangan ICT serta tenaga pengajar yang merupakan profesional di bidang sistem informasi. 

Program Studi Sistem Informasi Universitas Bakrie juga telah menerapkan pembelajaran melalui program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Mahasiswa didorong untuk aktif dan diberikan kesempatan guna mengikuti kegiatan-kegiatan, seperti: pertukaran pelajar, magang, kuliah Bersama, penelitian dan sebagainya telah dilakukan di beberapa perusahaan baik yang bekerja sama dengan Universitas Bakrie maupun program MBKM DIKTI. Oleh karenanya, profil lulusan Prodi Sistem Informasi Universitas Bakrie diterima baik dan dipercaya oleh berbagai perusahaan.

Nah, setelah mengetahui sejumlah informasi mengenai data scientist kamu pasti semakin tertarik ya, kawan? Dengan bergabung ke Prodi Sistem Informasi Universitas Bakrie, kamu bisa lho mewujudkan mimpimu menjadi seorang data scientist di masa yang akan datang. Yuk, kunjungi www.bakrie.ac.id untuk dapatkan informasi dan berita mengenai Prodi Sistem Informasi Universitas Bakrie!