Hai teman! Software Akuntansi atau Accounting Software adalah perangkat lunak yang biasa digunakan untuk mengelola pencatatan transaksi usaha. Dalam praktiknya, saat ini terdapat banyak sekali Software Akuntansi yang bisa dijalankan secara online dan offline tentunya dengan keunggulan masing-masing fitur yang dimilikinya. Pada artikel ini, yuk kita simak sejumlah penjelasan tentang software-software akuntansi dengan fitur terbaik yang layak untuk kamu coba. Let’s find it out!

Baca juga: Inilah 5 Jenis-jenis Investasi yang Wajib Diketahui. Tertarik Coba?

Kenapa Butuh Software Akuntansi?

Software Akuntansi atau Accounting Software memang sangat diperlukan, khususnya untuk orang-orang yang berkutat dengan dunia keluar masuknya kas uang, seperti pemilik bisnis, pengusaha, akuntan, bahkan mahasiswa. 

Software Akuntansi pada dasarnya memang dirancang untuk mempermudah pembuatan laporan keuangan, seperti neraca, laporan laba rugi, serta laporan arus kas. Selain itu, Software Akuntansi dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas karena penyusunan laporan keuangan menjadi otomatis, jadi user tak perlu melakukannya secara manual dan membuang banyak waktu mereka. 

Data-data transaksi jual beli akan tersimpan secara otomatis dengan aman di dalam software. Dengan demikian, riwayat transaksi perusahaan dapat terekam dengan baik. Jika dahulu para akuntan harus menulis laporan keuangan di dalam buku secara manual, kini tidak perlu lagi seperti itu. 

Berbagai fitur tambahan pelengkap yang tersedia di dalamnya juga sangat berguna untuk kebutuhan dan menawarkan kemudahan. Berbagai fitur itu seperti pembuatan invoice, penagihan invoice, dan pendataan inventaris. Dengan kehadiran Software Akuntansi ini, secara langsung juga memperkecil risiko human error.

5 Rekomendasi Software Akuntansi

1. Accurate

Software Accounting Accurate telah berdiri sejak tahun 1998 dan telah cukup lama hadir di Indonesia. Accurate sudah banyak dipercaya oleh berbagai kalangan masyarakat Indonesia, mulai dari praktisi, pebisnis, tak terkecuali kaum mahasiswa. Fitur standar yang ada di Accurate antara lain, seperti Pembelian, Penjualan, Buku Besar, Persediaan, Aktiva Tetap, Kas/Bank, Pembiayaan Pesanan (Job Costing), dan RMA (Return Merchandise Authorization)

2. SAP Business One

Software Accounting SAP Business One bertujuan untuk mengotomasi bisnis secara keseluruhan, terutama di bagian keuangan, penjualan, manajemen proyek, perencanaan produksi & persediaan, pembelian & supply chain, serta analisa hingga intelijen bisnis.

Yang menjadi keuntungan Software Akuntansi ini adalah segala sisa persediaan dapat dicek secara online.

3. Xero

Software Akuntansi Xero adalah salah satu software yang banyak diminati juga karena berbasis cloud, sehingga pengguna tidak perlu repot meng-install di komputer atau laptop. Hal itu pula yang menjadikannya banyak peminat, karena kamu dapat mengaksesnya di mana saja dan kapan saja. 

Salah satu keunggulannya, Xero memiliki fitur multi currency lebih dari 160 mata uang. Dashboard performa bisnis di Xero menampilkan grafik laba kotor, laba bersih dan penjualan bersih untuk memudahkan mengetahui kinerja bisnis dalam waktu tertentu dan juga mampu memberikan pricing plans untuk tiap tahapan pertumbuhan bisnis. 

4. Jurnal

Jurnal adalah pelopor Software Akuntansi online di Indonesia yang didirikan oleh Anthony Kosasih pada tahun 2015. Sistem keamanan Jurnal sudah memiliki standar ISO 27001 dan memiliki level otorisasi yang berbeda-beda untuk tiap user

Setelah kurang lebih 5 tahun berdiri, Software Accounting ini kian terkenal dan telah menjadi satu dengan aplikasi lain yakni Mekari. Hal ini tidak mengherankan,  jika Jurnal menjadi pilihan banyak bisnis di Indonesia, mulai dari start up, perusahaan menengah, hingga para pengusaha UKM. 

5. Microsoft Dynamics AX

Microsoft Dynamics Ax adalah sebuah software bisnis enterprise yang sudah sangat dikenal di kalangan para pebisnis. Sistemnya sendiri dipercaya mampu memenuhi kebutuhan pemilik bisnis secara lengkap, karena kemampuan modul-modul di dalamnya, seperti SCM, Inventory, Keuangan, Produksi sampai dengan Analisa Data.

Sama dengan Software Akuntansi lainnya, Microsoft Dynamic AX juga dapat mengintegrasikan berbagai modul yang diperlukan, sehingga dapat mempercepat pengguna dalam mendapatkan informasi serta pengambilan keputusan. 

Microsoft Dynamics Ax ini sangat cocok bila digunakan pada jenis bisnis yang memiliki kegiatan produksi dan terletak di banyak lokasi. Software ini secara umum terdiri dalam beberapa kategori utama, yaitu: Keuangan (buku besar, piutang, dan hutang), Project (RAB, serta manajemen proyek secara keseluruhan), dan Distribusi (PO/Purchase Order, Inventory, dan pembelian bahan baku).

Itulah penjelasan lengkap mengenai seberapa penting penggunaan Software Akuntansi dan beberapa Software Akuntansi dengan fitur terbaik yang kerap digunakan oleh berbagai kalangan. Wa, semoga artikel ini dapat membantu kamu untuk menentukan software akuntansi yang dapat membantu jalannya bisnis atau usahamu ya. Yuk, Cari tahu seputar tips n trick lainnya hanya di kanal artikel Universitas Bakrie!