Komunikasi merupakan aspek esensial agar pesan yang disampaikan dapat dipahami oleh penerima pesan. Salah satu bentuk komunikasi dapat dilihat ketika seseorang melakukan public speaking, terkhusus mahasiswa. Sebagai mahasiswa, public speaking harus dilatih agar dapat menyampaikan gagasan secara jelas di depan khalayak banyak. Sudah tidak diragukan banyak sekali manfaat public speaking bagi mahasiswa. Untuk itu, kemampuan public speaking harus dilatih sedini mungkin.

Public speaking merupakan keterampilan komunikasi secara lisan yang melibatkan seseorang dalam berbicara secara langsung dan tatap muka di hadapan publik. Public speaking bertujuan untuk menyampaikan informasi, mempengaruhi dan membujuk orang lain, serta memotivasi. Public speaking sangat relevan dengan kehidupan mahasiswa sehari-hari. Tanpa sadar, hal seperti berinteraksi dengan teman, menyampaikan pendapat saat diskusi, atau bahkan melakukan presentasi di depan kelas merupakan bentuk aplikasi public speaking

5 Manfaat Public Speaking bagi Mahasiswa

1. Meningkatkan kepercayaan diri

Public speaking memiliki kaitan erat dengan peningkatan kepercayaan diri, terutama sebagai mahasiswa. Ketika seseorang memiliki kepercayaan diri yang kuat, hal yang dilakukan juga akan terasa lebih optimal. Public speaking membantu mahasiswa untuk menjadi lebih percaya diri ketika berhadapan dengan banyak orang dan keterampilan ini sangat bermanfaat dalam berbagai situasi di dunia kerja, seperti presentasi project, negosiasi bisnis, atau diskusi ide.

2. Meningkatkan value diri

Mahasiswa yang memiliki keterampilan public speaking memiliki potensi untuk meningkatkan kualitas atau value dalam dirinya secara signifikan. Value diri juga berasal dari personal experience seperti kedisiplinan diri, konsistensi, serta pemahaman akan suatu hal. Selain itu, value dalam diri seorang mahasiswa akan memberikan dorongan semangat yang lebih tinggi dan meningkatkan motivasi secara keseluruhan dan hal tersebut menjadi salah satu manfaat dari public speaking.

Baca juga: Mahasiswa Wajib Tahu! Ini Tips Public Speaking untuk Pemula

3. Membuat dirimu jadi lebih stand out

Keterampilan public speaking bagi mahasiswa juga memiliki manfaat besar dalam melatih diri untuk tampil lebih stand out. Dengan kepercayaan diri yang baik, kemampuan untuk memposisikan diri dan berekspresi dengan baik juga akan ikut terbangun. Penting untuk terus melatih diri agar dapat berekspresi secara positif dan mampu melakukannya dengan baik. Kemampuan public speaking akan sangat berguna bagi mahasiswa untuk terus aktif berpartisipasi baik di dunia perkuliahan maupun kegiatan diluar kampus. 

4. Menjadi komunikator yang baik

Ketika mahasiswa melakukan public speaking, secara tidak langsung beberapa teknis seperti memiliki kosakata yang baik, menata nada, dan memperhatikan pemilihan kata menjadi pembelajaran baru. Maka secara tidak langsung, hal tersebut melatih seseorang untuk menjadi komunikator yang baik. 

Public speaking memberikan lebih banyak kesempatan bagi mahasiswa untuk menunjukkan integritas. Hal tersebut juga dapat menciptakan kesan kuat sebagai pemimpin atau pembicara yang berpengaruh di waktu tertentu.

5. Membangun koneksi lebih luas

Kemampuan public speaking yang baik dapat membuka peluang yang lebih luas, terutama dalam koneksi serta jenjang karir. Kemampuan public speaking yang telah diasah sejak menjadi mahasiswa akan memberikan potensi untuk membangun koneksi. Terbiasa di depan orang banyak, artinya banyak kesempatan belajar untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi. Terlebih untuk mahasiswa yang aktif dalam berbagai kegiatan serta organisasi.

Public Speaking Dilatih di Ilmu Komunikasi 

Public speaking adalah kemampuan untuk mengkomunikasikan ide atau gagasan secara efektif. Public speaking merupakan salah satu aspek dalam Ilmu Komunikasi yang luas. Sebagai mahasiswa Ilmu Komunikasi, mahasiswa akan mempelajari bagaimana manfaat dan pentingnya kemampuan public speaking.

Dengan mempelajari keterampilan public speaking dalam Ilmu Komunikasi, mahasiswa diarahkan untuk berbicara dengan jelas dan lugas, yang pada akhirnya dapat meningkatkan rasa percaya diri. Selain itu, saat berbicara di depan umum, pesan yang disampaikan harus jelas dan efektif agar dapat diterima dengan baik. Hal ini akan membantu meningkatkan kemampuan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari. Program studi Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie melatih mahasiswa dalam keterampilan public speaking. Selama kuliah, mahasiswa akan diajarkan berbagai teknik dan strategi untuk berbicara di depan umum secara efektif. Mahasiswa akan dilibatkan dalam kegiatan praktikum, presentasi, diskusi, dan berbagai tugas yang melibatkan berbicara di depan orang banyak. 

Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie menerapkan metode pembelajaran Experiential Learning, di mana mahasiswa tidak hanya belajar secara teori tetapi juga melalui praktik. Salah satu praktik yang wajib dilakukan adalah komunikasi serta public speaking. Mahasiswa akan mendapatkan kesempatan untuk terus melatih dan meningkatkan keterampilan public speaking mereka, yang sangat berharga dalam dunia profesional maupun kehidupan sehari-hari. Yuk, bagi kamu yang mau kuliah di jurusan Ilmu Komunikasi daftar sekarang di Universitas Bakrie!