Hai kawan! Tentunya kamu sudah tidak asing lagi ya dengan istilah branding. Yaps, branding merupakan konsep penting dalam dunia bisnis, terutama dalam membangun citra dan reputasi perusahaan. Saat ini, persaingan di pasar semakin ketat dan perusahaan perlu memiliki citra merek yang unik dan dapat dikenali untuk memenangkan persaingan. Hal itulah yang menuntut seluruh perusahaan harus memiliki brand image yang kuat.
Nah, melalui artikel berikut ini. Yuk, kita simak bersama lebih dalam tentang apa itu brand image dan apa fungsinya dalam dunia bisnis. Let’s go!
Apa itu Brand Image?
Brand image atau citra merek adalah persepsi konsumen terhadap sebuah merek yang penerapannya dapat dikatakan secara holistik atau menyeluruh, yakni meliputi aspek produk dan juga jasa/pelayanan.
Philip Kotler mendefinisikan brand image sebagai pandangan, ide, dan kesan yang diberikan seseorang kepada audiens. Saat kesadaran audiens tumbuh, itu akan mewakili keseluruhan merek.
Sehingga, perusahaan harus benar-benar mengetahui target audiensnya agar pesan yang diharapkan dari penciptaan brand image dapat tersampaikan dengan benar. Membangun brand image juga menjadi salah satu langkah penting dalam tahap awal pengembangan bisnis. Yaps, tanpa adanya citra merek, bisnis akan semakin sulit untuk berjuang mempertahankan pelanggan dan sangat berisiko tersingkir dari persaingan bisnis yang terjadi.
Brand image yang kuat juga dapat membantu bisnis mendapatkan kepercayaan konsumen, karena merek dengan citra positif dan reputasi yang baik cenderung mendapatkan kepercayaan konsumen yang lebih tinggi. Dengan berfokus pada membangun citra merek yang kuat, kalian dapat meningkatkan kepercayaan konsumen, mengalahkan persaingan di pasar, dan menciptakan nilai yang bertahan lama pastinya.
Baca juga: Ketahui Beda Brand Image dan Brand Reputation Hanya di Sini
Apa Fungsi Brand Image?
1. Memperkuat misi bisnis
Brand image sangat berfungsi untuk memperkuat positioning dari misi bisnis yang ingin dicapai. Tentu saja, apa tujuan bisnis dan mengapa bisnis ini dihadirkan akan menjadi dasar mengapa orang harus tertarik dengan merek bisnis kalian lewat produk atau jasa yang ditawarkan.
Saat kalian mempercayai merek yang mencerminkan kepribadian dan identitas bisnis kalian, maka citra merek yang dihadirkan akan tetap berada pada misi bisnis yang dicanangkan. Sehingga, tujuan yang jelas dapat dikomunikasikan dengan efektif kepada orang lain.
2. Menghadirkan representatif bisnis
Kedua, tentu saja citra merek adalah citra keseluruhan bisnis kalian. Hal ini dapat diwujudkan melalui kemasan produk, situs website, toko/outlet, media sosial, dan tentu saja saat berinteraksi dengan pelanggan dan konsumen. Merek kalian lewat brand image akan menceritakan sebuah kisah. Sehingga, perlu dilakukan riset audiens dan waktu untuk mengembangkan citra merek ini.
3. Menciptakan loyalitas konsumen
Terakhir, ini adalah fungsi yang sangat diharapkan dari diciptakannya brand image. Dengan misi, tujuan, keunggulan, dan tampilan representatif bisnis yang ditawarkan melalui citra merek, maka audiens diharapkan dapat memberikan kepercayaan penuh terhadap merek kalian.
Yaps, ketika audiens telah percaya dengan citra merek yang kuat, dapat memancing orang lain untuk bersedia bergabung. Dengan memiliki brand image yang kuat, secara tidak langsung konsumen kalian akan menjadi duta bagi bisnis kalian. Mereka dengan senang hati akan melakukan transaksi berulang (repurchase) bahkan merekomendasikan bisnis kalian kepada orang lain! Dengan cara ini, kalian tidak hanya mempertahankan pelanggan, tetapi juga menarik pelanggan baru.
Wah, ternyata brand image menjadi salah satu faktor penting yang akan menunjang kelangsungan bisnis kamu, ya! Dengan memahami apa itu brand image dan fungsinya dalam bisnis, maka bisnis kamu dapat lebih berkembang lagi dan juga lebih dapat bersaing dengan kompetitor sejenis. Yuk, kunjungi www.bakrie.ac.id untuk dapatkan informasi dan berita menarik lainnya!