Dalam era yang semakin modern ini, tampaknya kesadaran akan healthy lifestyle telah mengalami peningkatan yang signifikan. Semakin banyak orang yang kini mulai memahami pentingnya menjaga kesehatan baik melalui pola makan yang seimbang, aktivitas fisik rutin, hingga pengelolaan stres yang lebih baik. Healthy lifestyle tidak hanya dipicu oleh semakin banyaknya informasi tentang dampak positif yang didapatkan ketika menjalankannya, tetapi juga masyarakat yang lebih memprioritaskan kualitas hidup.

 Menerapkan healthy lifestyle menjadi suatu hal yang esensial, bukan hanya untuk meminimalisir tubuh dari resiko penyakit, melainkan juga untuk merawat aspek kehidupan jangka panjang. Lalu, apakah ada langkah yang dapat dilakukan untuk memulai healthy lifestyle?

Baca selengkapnya!

Kenalan dengan Healthy Lifestyle

Dilansir dari World Health Organization (WHO), gaya hidup yang sehat atau yang sering dikenal dengan istilah healthy lifestyle merujuk pada cara seseorang menjalani kehidupan yang dapat mengurangi potensi risiko terkena penyakit serius atau kemungkinan kematian dini. Gaya hidup yang sehat tidak sekadar mengenai konsumsi makanan yang mengandung nutrisi dan pelaksanaan aktivitas fisik, melainkan mencakup segala aspek kehidupan yang terkait dengan kondisi fisik, kesejahteraan mental, dan interaksi sosial. 

Healthy lifestyle telah menjadi highlight dalam era modern ini, di mana semakin banyak individu yang menyadari pentingnya menjaga keseimbangan antara kesehatan fisik dan mental. Gaya hidup sehat merangkul serangkaian keputusan dan kebiasaan positif yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan. Gaya hidup sehat bukan sekadar tren sementara, melainkan konsep yang melibatkan perubahan positif dalam berbagai aspek kehidupan. 

Menerapkan gaya hidup sehat akan sangat bermanfaat bagi tubuh dan pikiran untuk jangka panjang. Sebagai contoh pola makan yang tepat dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis, seperti diabetes, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi. Selain itu, aktivitas fisik teratur dapat meningkatkan pelepasan endorfin, hormon bahagia dalam tubuh, yang dapat meningkatkan suasana hati dan mengurangi stres. Gaya hidup sehat juga dapat berdampak positif pada tidur yang lebih berkualitas, memungkinkan tubuh untuk pulih secara optimal setelah aktivitas sehari-hari.

Baca juga: 4 Langkah Sederhana yang Bisa Mencegah Risiko Heat Stroke Symptoms

5 Langkah Sederhana Memulai Healthy Lifestyle

Sebenarnya memulai healthy lifestyle tak sesusah yang dibayangkan kok! Cukup dengan langkah awal yang sederhana namun konsisten kamu sudah bisa melakukannya. Ini dia beberapa di antaranya!

1. Rutin lakukan aktivitas fisik

Langkah pertama yang dapat dilakukan untuk memulai healthy lifestyle adalah dengan melakukan aktivitas fisik yang tepat dan rutin, seperti berolahraga. Aktivitas fisik yang teratur dapat memperkuat otot, meningkatkan pasokan oksigen dan nutrisi sehingga sistem kardiovaskular bekerja lebih efisien. Rutin berolahraga sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh, membantu pencegahan sekaligus pengobatan penyakit. Apalagi saat ini sudah banyak sekali pilihan untuk berolahraga. 

Jauhkan mindset olahraga itu berat! Tidak harus ke gym, kok! Kamu bisa pilih berbagai olahraga menarik yang dapat dilakukan di rumah seperti cardio dance, zumba, yoga, pilates, dan angkat beban. Jika kamu lebih tertarik melakukannya diluar rumah, kamu bisa ke ruang terbuka hijau atau sekedar berjalan kaki dan berlari di sekitar secara rutin. 

2. Eat well balanced

Pastikan untuk memilih asupan makanan yang mengandung nutrisi yang seimbang karena hal sederhana tersebut memiliki peranan yang sangat penting dalam menjaga kesehatan. Selain memilih makanan yang mengenyangkan, perhatian juga nilai gizi dalam makanan dan minuman yang kamu konsumsi. Tidak hanya karbohidrat, lemak, dan protein, tubuh juga membutuhkan vitamin, mineral, serta serat yang seimbang. Oleh karena itu, jangan sampai lupa mengkonsumsi berbagai jenis sayuran dan buah-buahan untuk memastikan asupan nutrisi yang optimal bagi tubuh. 

Last but not least, jangan mudah tergiur dengan beragam jenis jajanan diluar sana ya! Selalu bijak dalam memilih makanan dan kurangi konsumsi gula berlebihan!

3. Minum air putih!

Hal sederhana selanjutnya yang dengan mudah dapat dilakukan untuk memulai healthy lifestyle adalah minum air putih yang cukup. Sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air, maka agar organ tubuh dapat bekerja dengan maksimal maka sangat membutuhkan asupan air putih. Jika kekurangan air putih, dapat mengakibatkan tubuh mengalami kekurangan cairan atau dehidrasi. Pastikan untuk minum air putih minimal 8 gelas air atau sekitar 2 liter perhari-nya ya!

4. Mengelola stress

Stres berkepanjangan rentan menurunkan daya tahan tubuh yang dapat membuat tubuh rentan terserang penyakit. Maka dari itu, selalu ingat untuk berpikir positif dan usaha untuk dapat mengelola stres. Pahami penyebab stres yang seringkali terjadi dan maksimalkan untuk tidak berlarut di dalamnya. Jangan pernah ragu untuk meluangkan me time atau mengisi waktu untuk melakukan hobi dan kesenangan agar kesehatan mental tetap terjaga dan diri kamu bisa tetap bahagia.

5. Mulai tinggalkan kebiasaan buruk

Terakhir, coba ingat apakah kebiasaan kamu setiap hari sudah termasuk sehat atau malah kamu lebih banyak melakukan kebiasaan buruk yang membahayakan tubuh. Jika kamu masih sering mengkonsumsi alkohol, rokok, dan junk food maka mulai sekarang coba untuk mengurangi dan perlahan-lahan coba untuk tinggalkan hal tersebut. Selain itu, hindari untuk begadang dan terjaga hingga larut malam serta kurang aktif bergerak. 

Menerapkan healthy lifestyle tidak harus dilakukan dalam satu kali perubahan drastis. Melalui langkah sederhana di atas, kamu bisa melakukannya secara konsisten untuk memberikan dampak besar dalam jangka panjang. Healthy lifestyle tidak hanya menjadi pilihan bijak, tetapi juga menjadi investasi jangka panjang untuk kesehatan dan kualitas hidup yang jauh lebih baik. Yuk, mulai sekarang!